Lirik Hymne dan Mars Palang Merah Indonesia (PMI)

lirik lagu hymne dan mars palang merah indonesia

KakaKiky - Palang Merah Indonesia (PMI) merayakan Hari Ulang Tahunnya setiap tanggal 17 September. Tanggal ini dipilih karena secara simbolis bertepatan dengan satu bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno, secara resmi membentuk organisasi Palang Merah Indonesia pada 17 September 1945, sebagai wujud komitmen dalam menyelamatkan dan membantu sesama.

Sejak awal berdirinya, PMI telah aktif dalam membantu korban perang revolusi kemerdekaan Republik Indonesia, serta dalam upaya pengembalian tawanan perang, baik dari sekutu maupun Jepang. Kehadiran PMI telah memberikan bantuan yang berarti bagi masyarakat yang terdampak konflik dan bencana alam di Indonesia.

Lirik Hymne dan Mars Palang Merah Indonesia

Salah satu bagian penting dari perayaan Hari Ulang Tahun PMI adalah nyanyian lagu-lagu kebangsaan. Dua lagu wajib yang biasa dinyanyikan dalam perayaan tersebut adalah Mars dan Hymne PMI. Mars PMI pertama kali dikumandangkan pada tahun 1967, dan diciptakan oleh Mochtar H. S, seorang tokoh terkemuka di PMI saat itu. Sedangkan lagu Hymne PMI diciptakan oleh Asep Zurith Adjie, seorang seniman dari Subang, Jawa Barat. Berikut ini adalah lirik dari kedua lagu tersebut:

Lirik Mars Palang Merah Indonesia (PMI)

Palang Merah Indonesia

Sumber kasih umat manusia

Warisan luhur, nusa dan bangsa

Wujud nyata pengayom Pancasila

Gerak juangnya keseluruh nusa

Mendarmakan bhakti bagi ampera

Tunaikan tugas suci tujuan PMI

Di Persada Bunda Pertiwi

Untuk umat manusia

Di seluruh dunia

PMI menghantarkan jasa

Lirik Hymne PMI

Palang merah Indonesia

Wujud kepedulian nyata

Nurani yang suci

Untuk membantu menolong sesama

PMI

Siaga setiap waktu

Berbakti, dan mengabdi

Bagi hidup manusia

Agar sehat sejahtera di seluruh dunia

Pengakuan Internasional Terhadap Palang Merah Indonesia (PMI)

Melalui dedikasi dan kontribusinya yang berkelanjutan, PMI kemudian mendapatkan pengakuan secara internasional pada tahun 1950 dengan menjadi anggota Palang Merah Internasional. Pengakuan ini juga didukung secara nasional melalui berbagai peraturan, seperti Keputusan Presiden No. 25 tahun 1959 dan Keputusan Presiden No. 246 tahun 1963.

Sebagai anggota dari Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, PMI telah berperan aktif dalam upaya kemanusiaan di tingkat global.

Kesimpulan

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun PMI, lagu-lagu ini menjadi bagian penting dalam membangkitkan semangat kemanusiaan dan pengabdian bagi para relawan PMI serta memberikan penghormatan kepada mereka yang telah berjuang dalam misi kemanusiaan.

3 komentar untuk "Lirik Hymne dan Mars Palang Merah Indonesia (PMI)"

Comment Author Avatar
Dulu salah satu ekskul saat sekolah yang aku ikutin salah satunya PMI.
Meski hanya setahun, tapi terasa sekali manfaatnya karena dilatih berbagai keterampilan pemberian pertolongan pada sesama.
Comment Author Avatar
Memang ada tujuannya ya, lagu-lagu Palang Merah Indonesia selalu dikumandangkan saat upacara PMI. Supaya menjadi bagian penting dalam membangkitkan semangat bagi para relawan PMI serta memberikan penghormatan kepada mereka yang telah berjuang dalam misi kemanusiaan.
Comment Author Avatar
Saya malah tidak ngeh dengan hymne dan mars Palang Merah Indonesia ini, Mas. Saya pun belum pernah dengar, makanya tidak tahu bagaimana lagunya. saya harus segera meluncur nih cari lagunya.