CXR BRI Platform Perdagangan Karbon Indonesia Berbasis Blockchain

rekomendasi platform carbon trading berbasis blockchain

KakaKiky - Dalam upaya mengatasi perubahan iklim, banyak negara dan perusahaan telah beralih ke konsep perdagangan karbon sebagai solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, seperti. Namun, dalam era di mana teknologi semakin mendominasi, platform carbon trading berbasis blockchain muncul sebagai inovasi yang menjanjikan untuk meningkatkan transparansi, keamanan, dan efisiensi dalam perdagangan karbon Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas konsep dasar dari platform carbon trading berbasis blockchain, manfaatnya, serta rekomendasi salah satu platform carbon trading berbasis blockchain terbaik di Indonesia.

Konsep Dasar Platform Perdagangan Karbon Indonesia Berbasis Blockchain

1. Blockchain dalam Konteks Carbon Trading

Blockchain, teknologi dasar di balik mata uang digital seperti Bitcoin, telah membuka peluang baru dalam berbagai industri, termasuk perdagangan karbon. Dalam konteks ini, blockchain berfungsi sebagai buku besar terdistribusi yang mencatat semua transaksi karbon dengan cara yang aman dan transparan. Setiap transaksi dicatat dalam blok yang terkait erat dengan blok sebelumnya, menciptakan rantai blok yang tidak bisa diubah.

2. Token Karbon dan Smart Contracts

Platform carbon trading berbasis blockchain menggunakan token karbon untuk mewakili jumlah karbon yang diperdagangkan. Token ini dapat dibeli, dijual, atau dipindahtangankan di antara pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan. Selain itu, smart contracts (kontrak pintar) yang terkait dengan blockchain memastikan bahwa semua pihak memenuhi kewajiban mereka secara otomatis ketika kondisi yang telah ditentukan terpenuhi. Ini menghilangkan kebutuhan akan pihak ketiga, seperti lembaga keuangan, dan meningkatkan efisiensi transaksi.

Manfaat Platform Carbon Trading Berbasis Blockchain

1. Transparansi dan Keamanan Tinggi

Salah satu keunggulan utama dari platform carbon trading berbasis blockchain adalah tingkat transparansi yang tinggi. Setiap transaksi dicatat dalam blok terhubung, dan informasi ini dapat diakses oleh semua pihak yang berpartisipasi dalam jaringan. Keamanan juga menjadi fokus utama, karena data terdesentralisasi pada banyak nodus di seluruh jaringan, membuatnya sangat sulit untuk dimanipulasi atau diretas.

2. Efisiensi Operasional

Dengan menggunakan smart contracts, platform ini meningkatkan efisiensi operasional secara signifikan. Kewajiban dan pembayaran dapat diproses secara otomatis ketika parameter yang telah ditentukan terpenuhi. Hal ini akanmengurangi biaya administratif dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi.

3. Sebagai Pendorong Inovasi Keberlanjutan

Platform ini menciptakan peluang bagi perusahaan dan individu untuk berinovasi dalam mengurangi emisi karbon. Dengan memperdagangkan token karbon, entitas dapat mendapatkan insentif ekonomi untuk mengadopsi praktik berkelanjutan dan berinvestasi dalam teknologi ramah lingkungan.

4. Pengukuran Akurat dan Verifikasi

Blockchain menyediakan cara yang lebih akurat dan terukur untuk mengukur emisi karbon. Data yang dicatat dalam blockchain dapat dengan mudah diverifikasi, membantu mengatasi masalah kepercayaan dan mengurangi risiko penipuan.

Rekomendasi Platform Trading Carbon Berbasis Blockchain

meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim

Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim, PT Bringin Inti Teknologi (BIT) menghadirkan solusi inovatif berupa carbon exchange rakyat BRI (CXR). CXR bukan hanya sebuah platform perdagangan karbon, tetapi juga sebuah langkah konkret dalam mendemokratisasi dan memfasilitasi perdagangan karbon di Indonesia.

Industri karbon telah menjadi fokus utama di tengah keprihatinan global terhadap perubahan iklim. Perdagangan kredit karbon, terutama dalam konteks sukarela (voluntary carbon market), menjadi solusi yang semakin diakui oleh negara-negara dalam mencapai komitmen Paris Agreement untuk memperlambat laju perubahan iklim.

Indonesia, sebagai pemilik hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia dan penyimpan 17% cadangan blue carbon dunia, memiliki potensi besar untuk menyerap emisi karbon global. Namun, pasar karbon sukarela di Indonesia masih terbatas pada sejumlah komunitas tertentu dan menghadapi tantangan transparansi terkait harga, entitas penjual, dan pembelinya.

Dalam menjawab tantangan ini, BIT menghadirkan CXR BRI, sebuah platform yang berfokus pada voluntary market dan menggunakan teknologi blockchain. Tujuannya adalah memfasilitasi jual-beli kredit karbon secara aman, transparan, dan berkelanjutan.

Carbon eXchange Rakyat (CXR) Bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Carbon eXchange Rakyat (CXR) Bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Carbon eXchange Rakyat (CXR) tidak berdiri sendiri, namun menjalin kerjasama strategis dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) terkait layanan finansial dan market insight. BRI, sebagai institusi keuangan terbesar di Indonesia, secara aktif mendukung inisiatif yang memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan.

Nitia Rahmi, Team Leader Blockchain PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, menyampaikan, "BRI ini punya superapps, kita ingin membantu pemerintah untuk mencapai target emisi karbon, terutama karena BRI punya customer base yang banyak, hampir seratus juta customer, maka melalui ritelisasi CXR juga bisa mempercepat pencapaian emisi tadi."

Teknologi yang digunakan oleh CXR BRI ini adalah teknologi blockchain tinggi yang bersifat private dan memastikan keamanan data yang terjaga. Nitia menjelaskan, "Di sisi teknologi, CXR mengembangkan datanya menggunakan blockchain. Cuma blockchain di sini bukan seperti cryptocurrency atau blockchain publik. Kita menggunakan private blockchain sebagai tempat penyimpanan data, sehingga tidak ada super admin yang bisa memanipulasi data tersebut."

Keunggulan Carbon eXchange Rakyat (CXR)

Salah satu keunggulan utama dari CXR adalah kemampuannya untuk memperjualbelikan kredit karbon dari proyek-proyek asli Indonesia yang telah tervalidasi dan memenuhi sertifikasi baik nasional maupun global. CXR bukan hanya sebuah platform perdagangan, melainkan juga wadah kolaborasi yang terbuka bagi berbagai pihak di industri hijau dan karbon.

CXR telah menjalin kolaborasi dengan CarbonEthics untuk memastikan proyek-proyek di platform ini memiliki integritas dan dampak berkelanjutan untuk masyarakat dan lingkungan. Andhika Gannersha Gemilang, Executive Vice President Digital Platform Solution & Services PT Bringin Inti Teknologi, menjelaskan bahwa saat ini CXR sedang meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat yang produktif dan memiliki penghasilan lebih, yang sebelumnya juga aktif dalam kegiatan sosial dan sumbangan.

Mencapai Target Jangka Panjang

Carbon eXchange Rakyat menjadi platform marketplace jual-beli karbon yang mendorong pencapaian target jangka panjang, terutama komitmen Net Zero Carbon Indonesia pada tahun 2060. Langkah awal yang dilakukan oleh CXR dan BRI adalah membangun kesadaran individu akan pentingnya memperhatikan isu emisi karbon.

Nitia menyatakan, "Kita pasti akan lakukan bertahap. Kita akan posting di media sosial, lalu kita evaluasi setiap kampanye yang dilakukan. Meskipun target bisnisnya tidak terlalu agresif, kami akan terus meningkatkan kualitas dengan melihat umpan balik dari masyarakat."

Dengan demikian, CXR BRI tidak hanya berupaya menciptakan sebuah platform perdagangan karbon, tetapi juga menjalankan misi lebih besar untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Melalui kolaborasi dan teknologi inovatif, mereka membuka pintu menuju masa depan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Kesimpulan

Platform carbon trading berbasis blockchain adalah langkah inovatif menuju keberlanjutan global. Dengan meningkatkan transparansi, keamanan, dan efisiensi dalam perdagangan karbon, teknologi ini menjadi alat yang efektif dalam mengatasi tantangan perubahan iklim. Meskipun dihadapkan pada beberapa tantangan, dukungan global dan kemampuannya untuk mendorong inovasi keberlanjutan menunjukkan bahwa platform ini memiliki potensi besar untuk membentuk masa depan di mana upaya kolektif kita menuju keberlanjutan dapat lebih efektif dan efisien.

2 komentar untuk "CXR BRI Platform Perdagangan Karbon Indonesia Berbasis Blockchain"

Comment Author Avatar
Jadi ini langkah buat menangani perubahan iklim ya. Mantap. Makin inovasi saja Indonesia. Semoga makin mengglobal ya dan hasilnya memuaskan