Jenis-Jenis Pertemuan dan Kegiatan Pramuka - Materi Pramuka - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

4/03/2019

Jenis-Jenis Pertemuan dan Kegiatan Pramuka - Materi Pramuka

Pict From Instagram - @pramukasmansamendobarat
KakaKiky - Seperti halnya organisasi yang lain, dalam organisai Gerakan Pramuka juga memiliki banyak sekali macam jenis pertemuan-pertemuan Pramuka. Dalam kegiatan pertemuan tersebut para anggota Gerakan Pramuka berkumpul untuk mengikuti kegiatan sesuai dengan Prinsip dasar kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK).

Nah, pada kesempatan kali ini iky akan mencoba menjelaskan berbagai macam pertemuan yang ada dalam organisasi Gerakan Pramuka. Mungkin beberapa diantaranya sudah pernah sobat ikuti. Pertemuan Pramuka sendiri terdiri atas berbagai macam kegiatan. Ada kegiatan yang melibatkan semua anggota Gerakan Pramuka dan adapula pertemuan khusus hanya untuk golongan-golongan Pramuka tertentu. Jenis-jenis pertemuan Pramuka ini dapat kita bedakan berdasarkan:
1.     Pertemuan untuk semua golongan Pramuka
2.     Pertemuan khusus untuk Pramuka Siaga
3.     Pertemuan khusus untuk Pramuka Penggalang
4.     Pertemuan Khusus untuk Pramuka Penegak serta Pandega
5.     Pertemuan Khusus untuk Pramuka Dewasa

JENIS-JENIS PERTEMUAN ATAU KEGIATAN PRAMUKA
1.    Pertemuan / Kegiatan untuk Semua Golongan Pramuka
Pict From Instagram - @srira09 
·         JOTA (Jamboree On The Air)
JOTA adalah pertemuan Pramuka melalui udara, artinya pertemuan Pramuka ini berbasis radio dimana dalam kegiatan ini ada kerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Setiap anggota Pramuka dari berbagai golongan dapat berkomunikasi, berdiskusi, bahkan berbagi pengalaman yang pernah mereka lalui hanya dengan memanfaatkan teknologi radio amatir. Pertemuan ini merupakan kegiatan yang diadakan secara tahunan serta berlangsung dalam skala Nasional, Regional, bahkan Internasional.
·         JOTI (Jamboree On The Internet)
JOTI dilaksanakan bersamaan dengna pelaksanaan JOTA. Jika JOTA menggunakan radio amatir berbeda halnya dengan JOTI. JOTI menggunakan media chating seperti media sosial facebook, skype, dan lain sebagainya. Sama seperti JOTA, JOTI merupkan kegiatan tahunan serta berlangsung dalam skala nasional, regional, dan internasional.

2.    Pertemuan / Kegiatan Khusus Pramuka Siaga
 
·         Pesta Siaga
Pesta siaga adalah pertemuan Pramuka Siaga dalam bentuk perkemahan besar selama satu hari (tanpa menginap). Pada pertemuan tersebut banyak terdapat kegiatan-kegiatan seperti permainan bersama, pameran siaga, pasar siaga, darmawisata, pentas seni budaya, karnaval, dan lain-lain. Pesta siaga itu sendiri bisa dilaksanakan pada tingkat desa, kwartir ranting, kwartir cabang, korwil (beberapa kwartir cabang yang berdekatan), serta kwartir daerah.

3.     Pertemuan / Kegiatan Khusus Pramuka Penggalang

·         Jambore
Siapa yang tidak tahu jambore, hampir semua anak Pramuka pasti tahu mengenai jambore. Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Kegiatan dalam jambore ini tidak bersifat perlombaan melainkan bersifat rekreatif, riang gembira, serta penuh dengan rasa persaudaraan. Jambore dilaksanakan secara berjenjang berdasarkan ruang lingkup penyelenggaraannya, yaitu Jambore Ranting (Jamran), Jambore Cabang (Jamcab), Jambore Daerah (Jamda), Jambore Nasional (Jamnas), serta Jambore Regional dan Jambore Dunia.
·         Lomba Tingkat (LT)
Lomba Tingkat (LT) adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan beregu ataupun perorangan atas nama regu yang mempertandingkan sejumlah keterampilan.  Lomba tingkat juga dilaksanakan dalam bentuk perkemahan, namun berbeda dengan jambore karena jambore bersifat rekreatif sedangkan Lomba Tingkat bersifat perlombaan. Lomba tingkat terdiri atas beberapa tingkatan diantaranya adalah:
1.    LT I (Gugus Depan)
2.    LT II (Kwartir Ranting)
3.    LT III (Kwartir Cabang)
4.    LT IV (Kwartir Daerah)
5.    LT V (Kwartir Nasional)
·         Forum Penggalang
Forum Penggalang merupakan pertemuan Pramuka Penggalang untuk mengkaji suatu permasalahan dan merumuskan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut secara bersama-sama.
·         Dian Pinru (Gladian Pemimpin Regu)
Gladian Pemimpin Regu (Dian Pinru) merupakan kegiatan Pramuka Penggalan bagi pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru), dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru), yang tujuan dari kegiatannya adalah untuk memberikan edukasi tentang Kepemimpinan. Dianpinru dapat diselenggarakan di tingkat gugus depan, Kwartir Ranting, ataupun Kwartir Cabang.
·         Perkemahan Bakti (PB)
Perkemahan Bakti adalah kegiatan Pramuka Penggalang dalam rangka bakti kepada masyarakat yang biasanya terwujud dalam peran serta dalam kegiatan pembangunan.
·         Perkemahan
Banyak pula jenis dan macam dari kegiatan Perkemahan yang dilakukan, untuk lebih jelasnya baca artikel berikut : Jenis-jenis Perkemahan dalam Gerakan Pramuka
·         Penjelajahan
Penjelajahan adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang berbentuk menjelajahi suatu tempat, dalam rangka mengaplikasikan ilmu tentang survival, maping, kompas, dan medan.

4.    Pertemuan / Kegiatan Pramuka khusus Penegak dan Pandega
 
·         Raimuna
Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk Perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Contoh dari Raimuna yaitu, Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, serta Raimuna Nasional.
·         Perkemahan Wirakarya (PW)
Perkemahan Wirakarya adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berbentuk perkemahan besar, dalam rangka untuk mengadakan integrasi dengan masyarakat serta ikut dalam kegiatan pembangunan masyarakat.
·         Gladian Pemimpin Satuan (Dianpinsat)
Dianpinsat adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega untuk para Pemimpin Sangga Utama (Pradana), Pemimpin Sangga (Pinsa), dan Wakil Pemimpin Sangga (Wapinsa). Tujuan dari Dianpinsat ini sama dengan Dianpinru yaitu untuk memberikan edukasi tentang kepemimpinan. Dianpinsat dapat diselenggarakan di tingkat gugus depan, kwartir ranting dan kwartir cabang.
·         Peran Saka (Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka)
Peran Saka adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota dari Satuan Karya Pramuka (SAKA). Pertemuan ini berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Peran SAKA itu sendiri diikuti minimal oleh dua Satuan Karya Pramuka, misalkan Saka Wirakartika dan Saka Bhayangkara.
·         Musppanitera
Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera atau biasa disingkat dengan Musppanitera adalah sebuah kegiatan pertemuan Pramuka penegak dan pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja serta akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya.
·         Ulang Janji
Ulang Janji adalah upacara pengucapan ulang janji Tri Satya bagi Pramuka Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa yang dilaksanakan pada malam tanggal 14 Agustus dalam rangka memperingati Hari Pramuka.

5.    Pertemuan / Kegiatan Khusus Pramuka Dewasa
 
·         Karang Pamitran
Karang Pamitran adalah pertemuan bagi para pembina Pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan serta kepemimpinannya. Karang Pamitran juga menjadi sebuah wadah bagi para Pembina Pramuka untuk saling bersilaturahmi serta berbagi pengalaman.
·         Kursus Pembina Pramuka
Kursus Pembina Pramuka itu terbagi atas dua tingkatan yaitu, Kursus Pembina Pramuka mahir Dasar (KMD) serta Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).
·         Kursus Pelatih Pembina Pramuka
Kursus ini terbagi atas 2 tingkatan juga diantaranya adalah, Kursus Pelatih Pembina Pramuka Dasar (KPD) dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Lanjutan (KPL).
·         Ulang Janji (Sama seperti yang diatas)
·         Musyawarah
Ada beberapa musyawarah diantaranya adalah, Musyawarah GugusDepan (Mugus), Musyawarag Ranting (Musran), Musyawarah Cabang (Muscab), Musyawarah Daerah (Musda) dan Musyawarah Nasional (Munas).

Nah sobat, itulah berbagai macam Kegiatan Pertemuan dalam Organisasi Gerakan Pramuka. Bagaimana dengan kamu yang sudah membaca artikel ini? Apakah kamu sudah pernah mengikuti kegiatan-kegiatan di atas? Kalau sudah pernah jangan lupa untuk komentar di bawah ya! Cukup sekian dulu artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kepramukaan yang kamu miliki. Salam Pramuka and Be Prepared!

Loading...

Share with your friends

1 komentar

  1. Setiap pertemuan pasti ada makna dan tujuannya masing masing ... nama pertemuan membedakan mana yg sekira nya diikuti dan tidak.. Pertemuan juga disesuaikan dengan tingkatannya..

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done