Macam-macam Tanda Umum Dalam Gerakan Pramuka Dan Cara Pemakaiannya - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

3/19/2020

Macam-macam Tanda Umum Dalam Gerakan Pramuka Dan Cara Pemakaiannya

Tanda Umum Gerakan Pramuka
KakaKiky - Pada materi Pramuka sebelumnya sudah dijelaskan tentang Tanda Pengenal dalam Gerakan Pramuka. Nah, di postingan kali ini akan di bahas lebih spesifik lagi tentang Tanda umum dalam Gerakan Pramuka. Ingin tahu lebih dalam tentang tanda umum Gerakan Pramuka? Yuk cek pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Tanda Umum Gerakan Pramuka

Tanda Umum Gerakan Pramuka adalah tanda-tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka yang dikenakan secara umum oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka, baik itu anggota putra maupun putri, pada pakaian seragamnya. Tujuannya adalah untuk saling mengenalkan seorang Pramuka sebagai anggota Gerakan Pramuka nda anggota Gerakan Kepramukaan Sedunia.

Tanda-tanda umum dalam Gerakan Pramuka ini wajib untuk diketahui oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka terutama bagi Pramuka Penggalang, karena merupakan salah satu syarat dalam SKU Penggalang Ramu.

Macam-macam Tanda Umum dalam Gerakan Pramuka dan Cara Pemakaiannya

Tanda umum juga memiliki berbagai macam jenis dan bentuk, serta cara pemakaian yang berbeda-beda. Berikut adalah macam, bentuk, dan pemakaian tanda umum dalam Gerakan Pramuka:

1. Tanda Tutup Kepala

Tanda tutup kepala merupakan tanda yang digunakan pada penutup kepala seperti baret, topi boni, peci, dan lain sebagainya, yang dipakai oleh seorang anggota Gerakan Pramuka. Kita juga dapat melihat perbedaan tingkat Pramuka seseorang melalui warna tanda tutup kepala yang digunakan. Warna hijau untuk siaga, merah untuk penggalang, kuning untuk penegak, dan coklat untuk pandega.
Tanda Tutup Kepala Putra
Tanda Tutup Kepala Putri
Tanda Tutup Kepala Dewasa Putra dan Putri

2. Setangan Leher

Setangan leher merupakan kain berbentuk segitika sama kaki dengan salah satu sudutnya berukuran 90 derata dengan warna merah dan putih. Setangan leher ini dipakai dengan cara dilipat terlebih dahulu, kemudian dikalungkan melingkar di leher dengan kedua ujungnya menggantung di depan dada. Setangan leher ini direkatkan dengan sebuah benda yang dinamakan ring.
Setangan Leher Pramuka Putra dan Putri

3. Tanda Pelantikan

Tanda pelantikan adalah tanda yang diberikan kepada orang yang telah dilantik menjadi anggota Gerakan Pramuka. Tanda tersebut dikenakan di saku atau dada sebelah kanan baju Pramuka (putra) dan pada kerah baju sebelah kanan (putri). [Baca selengkapnya tentang Tanda Pelantikan Disini]
Tanda Pelantikan Putra dan Putri

4. Tanda Kepramukaan Sedunia (WOSM)

Tanda Kepramukaan Sedunia (WOSM) merupakan tanda seseorang yang menjadi anggota Gerakan Kepramukaan Sedunia. Tanda ini dikenakan pada dada sebelah kiri pada pakaian seragam Pramuka putra dan kerah baju sebelah kiri pada seragam Pramuka putri. [Baca Selengkapnya tentang WOSM Disini]
Tanda Pramuka Sedunia Putra dan Putri

5. Tanda Harian

Yang terakhir adalah tanda harian. Apa itu tanda harian? Tanda Harian adalah tanda yang dikenakan pada pakaian selain seragam harian yang menyatakan bahwasanya seseorang itu adalah anggota Gerakan Pramuka atau anggota Kepramukaan Sedunia. Misalkan tanda ini digunakan pada baju lapangan dan sebagainya.
Tanda Harian

Nah sobat, sekarang kalian sudah tahu kan tentang apa saja yang termasuk tanda umum dalam Gerakan Pramuka? Nah sekarang ayo bantu share artikel ini, agar kamu juga bisa menyebarkan pengetahuan tentang kepramukaan kepada orang lain. Terima kasih sudah membaca, cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done