Pengertian Dan Cara Membuat Simpul Anyam Berganda [+Video] - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Senin, 06 Juli 2020

Pengertian Dan Cara Membuat Simpul Anyam Berganda [+Video]

Cara membuat simpul anyam berganda
KakaKiky - Jika sebelumnya kamu telah mengusai keterampilan dalam membuat simpul anyam, maka untuk membuat simpul anyam berganda (double sheet bend) akan terasa lebih mudah. Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang simpul anyam berganda dan belajar tentang cara membuat simpul anyam berganda, yuk simak penjelasan di bawah selengkapnya.

Pengertian simpul anyam berganda
Simpul anyam berganda atau dalam bahasa Inggris disebut dengan double sheet bend, merupakan pengembangan dari simpul anyam terutama untuk meningkatkan daya ikat (kekuatan) tali dalam menyimpul.

Fungsi dari simpul anyam berganda ini hampir sama dengan simpul anyam yaitu untuk menyambung dua buah utas tali kering yang ukurannya tidak sama besar. Namun, simpul anyam berganda ini digunakan jika perbedaan dari kedua buah tali yang akan disambung itu sangat besar.

Cara membuat simpul anyam berganda
Untuk membuat simpul anyam berganda tidak akan terlalu sulit jika kamu sudah menguasai cara membuat simpul anyam. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum menguasai cara membuat simpul anyam, silahkan belajar terlebih dahulu di sini, setelah itu baru lanjut ke proses membuat simpul anyam berganda.

Cara membuat simpul anyam berganda

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk dapat membuah simpul anyam berganda:

  1. Tekuk ujung tali yang besar
  2. Masukkanlah ujung tali yang kecil (dari atas ke bawah), kemudian lingkarkan di bawah kedua utas tali besar yang ditekuk tadi.
  3. Selipkan ujung tali kecil di sela-sela antara tali besar dan kecil.
  4. Lingkarkanlah ujung tali yang kecil pada kedua utas tali besar seperti pada langkah kedua.
  5. Selipkan ujung tali kecil di sela-sela antara tali besar dan tali kecil lagi seperti langkah ketiga.
  6. Tarik dan eratkan kedua utas tali hingga simpul menjadi erat.

Video cara membuat simpul anyam berganda
Tentu saja untuk membuat simpul anyam berganda ini akan lebih mudah bila kamu melihatnya langsung melalui video. Berikut adalah video lengkap tentang cara membuat simpul anyam berganda.


Nah sobat, itulah cara membuat simpul anyam berganda dengan mudah lengkap dengan video. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan skill kepramukaan yang kamu miliki. Cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done