Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Simpul Anyam (Sheet Bend)
KakaKiky - Hai sobat Pramuka! Pada materi pramuka kali ini, kita akan belajar tentang bagaimana caranya membuat simpul anyam (sheet bend). Sebelum melangkah kepada cara-cara membuat simpul anyam, terlebih dahulu harus kita pahami, apa sih itu simpul anyam? Dan apa kegunaan dari simpul anyam?

Yang menjadi salah satu teknik kepramukaan bidang tali temali yang paling mendasar adalah membuat simpul anyam (sheet bend). Sama seperti simpul mati, simpul hidup, simpul pangkal, simpul jangkar, dan beberapa simpul yang lainnya, simpul anyam sangat sering digunakan dalam kegiatan tali temali terutama di kegiatan kepramukaan.

1. Fungsi Simpul Anyam
Simpul anyam berfungsi untuk menyambung dua buah utas tali yang kering yang ukurannya tidak sama besar. Denga kata lain, jika ingin menyambung dua utas tali di mana yang satu berukuran besar dan satunya lagi berukuran kecil, maka digunakanlah simpul anyam.

2. Cara Membuat Simpul anyam (Sheet Bend)
setelah mengetahui pengertian serta manfaat ataupun kegunaan dari simpul anyam, maka barulah kita belajar cara membuat simpul anyam. Caranya sangat lah mudah, silahkan perhatikan gambar berikut ini, dan arahan berupa teks di bawahnya.
Cara Membuat Simpul Anyam
1.   Buatlah sosok pada ujung utas tali yang berukuran lebih besar (dalam gambar, tali       berwarna biru)
2.   Masukkanlah ujung tali yang lebih kecil (merah) ke dalam sosok tali besar (biru) dari     arah bawah
3.    Belitkan ujung tali yang kecil (merah) di bawah tali yang besar (biru)
4.    Sisipkan ujung tali merah ke bawah badan tali itu sendiri (gambar 3)

Apabila sobat masih kurang paham dengan cara yang di atas, sobat bisa langsung melihat cuplikan video tutorial membuat simpul anyam yang ada di bawah ini agar semakin memudahkan sobat untuk memahaminya.


Nah, itulah tutorial singkat tentang bagaimana caranya membuat simpul anyam atau sheet bend. Semoga artikel ini dapat membantu kakak-kakak semua untuk dapat lebih mendalami ilmu kepramukaan, dan semoga cara yang di atas tadi langsung bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oke cukup sampai disini dulu artikel kali ini,  wassalamu’alaikum dan salam pramuka!

Leave A Reply
  1. Oh ternyata kalau ingin menghubungkan 2 buah tali pakai simpul ini ya. Apa simpul ini kuat dan tidak mudah lepas?

    ReplyDelete

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)