Tujuan Dari Semboyan Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

5/13/2017

Tujuan Dari Semboyan Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita

Pict From Instagram Account - @gerakanpramuka

KakaKiky -
Setiap hal yang dilakukan pasti memiliki maksud dan tujuan tertentu, serta untuk mencapai tujuan tersebut pun diperlukan adanya upaya upaya yang dilakukan agar bisa tercapai. Sama halnya dengan semboyan “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita” dalam masa kepemimpinan kak Adhyaksa Dault. Semboyan ini memiliki beberapa target ataupun tujuan yang harus dicapai.

Nah, untuk itu dalam postingan kali ini iky akan membahas apa saja target yang ingin dicapai oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dari penerapan semboyan setiap pramuka adalah kantor berita, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk membumikan dan juga mempraktekkan budaya tersebut. Nah, ayo simak penjelasan iky berikut ini!
.
.

TUJUAN YANG INGIN DICAPAI DARI PENERAPAN SEMBOYAN SETIAP PRAMUKA ADALAH KANTOR BERITA

1| Setiap Pramuka mempunyai kesadaran sebagai pemilik, pemimpin redaksi, dan juga sekaligus sebagai wartawan bagi akun media sosialnya masing-masing. Oleh karena itu, setiap Pramuka mempunyai tanggung jawab sosial dengan akun media sosialnya.

2| Setiap Pramuka mempunyai kemampuan untuk memberitakan kegiatan Pramuka, produk lokal, pemuda yang berprestasi, pariwisata, kuliner, budaya, potensi-potensi daerah, program pemerintah, dan lain lain di akun media sosial.

3| Dan yang terakhir, anggota Gerakan Pramuka tidak menjadi penyebar konten karya orang lain semata, namun anggota Pramuka juga mampu untuk memproduksi konten, baik berupa tulisan, video, poster, infografis, motion grafis dan sebagainya.


Nah untuk membumikan semboyan “setiap pramuka adalah kantor berita” agar bisa di praktekkan dengan maksimal maka Kwarnas Gerakan Pramuka pun menghimbau agar setiap Kwarda dan Kwarcab melakukan hal-hal yang ada di bawah ini :
1.    Lebih mengaktifkan dan mengoptimalkan website, serta akun akun sosial media yang resmi, utamanya seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan juga YouTube.
2.    Membentuk tim media sosial, dengan sebelumnya mengadakan pelatihan-pelatihan media sosial untuk meningkatkan kemampuan dari anggota Gerakan Pramuka dalam mengelola berbagai macam informasi dan juga komunikasi di internet.
3.    Membuat spanduk, baliho ataupun poster yang bertuliskan “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita”
4.    Mengadakan lomba-lomba untuk membuat konten seperti, lomba foto, lomba video, lomba membuat poster, lomba menulis, dan lain sebagainya. Dan diharapkan pula dengan adanya lomba lomba seperti ini, Anggota Gerakan Pramuka akan termotivasi untuk berani memproduksi konten.
5.    Memberikan apresiasi ataupun penghargaan kepada setiap Anggota Gerakan Pramuka yang aktif mempromosikan Gerakan Pramuka dan potensi daerah di media sosial. Penghargaan juga dapat diberikan kepada Kwarran, Gudep, Saka, dan lain-lain.
6.    Mendorong setiap Anggota Gerakan Pramuka  membuat akun dan menulis di www.pramukapos.com
7.    Setiap Kwartir Daerah membuat video dengan durasi maksimal 2 menit, isi video berupa kegiatan kegiatan unggulan Kwartir Daerah. Video bisa berupa kumpulan foto kegiatan yang disertai keterangan nama kegiatan dibawahnya ataupun kumpulan video kegiatan yang disertai keterangan dibawahnya. Sebanyak 34 buah video dari seluruh Kwarda dan 1 video dari Kwarnas akan digabungkan dalam satu buah video yang utuh. Video itu kemudian dikirimkan ke email : videopramuka@gmail.com paling lambat tanggal 25 Mei tahun 2017.


Nah, itulah tujuan tujuan dan juga upaya untuk membumikan semboyan “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita” artikel ini merupakan himbauan yang resmi dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, karena diambil dari Surat edaran - Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita. Jika kakak kakak ingin melihat lebih lengkap tentang surat edaran tersebut kakak kakak bisa klik tombol download berwarna biru untuk mengunduhnya, tunggu beberapa saat dan file pun akan terunduh. Lebih disarankan untuk mendownload versi PDF karena lebih bagus filenya.

Download Surat Edaran - Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita (PDF)
Size (980 Kb)


Download Surat Edaran - Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita (Ms.Word)
Size (702 Kb)
Loading...

Share with your friends

2 komentar

  1. wahh rupanya banyak juga Tujuan Dari Semboyan Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita, sudah saatnya kita membuat konten buatan kita sendiri dan tidak menjadi reuploader dan mengakui setiap karya berupa foto,video,teks,animasi dan lain semacamnya yang berbaru pramuka sebagai milik sendiri padahal tidak #tepokjidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp mantap kak! karena seorang anak Pramuka itu harus mampu menghasilkan karya sendiri... bukannya jadi pencuri hak cipta orang lain dan mengakui sebagai milik sendiri :D

      Hapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done