Pengertian Penegak Bantara dan Arti TKU Penegak Bantara - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

11/07/2018

Pengertian Penegak Bantara dan Arti TKU Penegak Bantara

Pengertian lengkap tentang Penegak Bantara

KakaKiky - Pada postingan singkat kali ini, KakaKiky akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan Penegak Bantara, arti detail dari Bantara, serta arti dari Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. Postingan ini sangat penting sekali untuk diketahui oleh anggota-anggota yang akan naik ke tingkat Penegak Bantara, berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Pengertian Penegak Bantara
Penegak Bantara adalah tingkatan syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum tingkatan Penegak Laksana. Bagi golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara delum dapat dianggap sebagai Pramuka Penegak, akan tetapi disebut sebagai “Tamu Ambalan” atau “Tamu Penegak”.

Apabila dilihat dari segi Bahasa, Bantara berasal dari bahasa sanskerta yang berarti Pengawal atau Ajudan. Pengawal atau ajudan juga dapat diartikan sebagai :
1. Seseorang yang tugasnya mengawal serta menjaga tegaknya Pancasila, Tri Satya, dan Dasa Dharma
2. Seseorang yang bertugas layaknya seorang prajurit
3. Pengawal mulanya dalam satuan Penegak sebelum Laksana
4. Pengawal terhadap pembangunan yang telah, sedang, dan atau akan dilaksanakan.

2. Arti Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara
·           Warna Hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Warna hijau juga melambangkan diri yang berkembang dan selalu tumbuh untuk mencari tahu tentang banyak hal yang akan membuat dirinya dan negaranya maju.
·           Dua buah Tunas Kelapa melambangkan keseimbangan dari Pramuka Putra dan Pramuka Putri. Yang dimaksud bukanlah seimbang dalam ukuran jumlahnya, akan tetapi seimbang dalam kemampuan  dan bakatnya, sehingga masing-masing Tunas itu tumbuh subur dan tegak di Bumi Pertiwi.
·           Bintang melambangkan bahwa seorang penegak Bantara harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena takwa adalah salah satu jalan menuju kebahagiaan.
·           Warna kuning melambangkan keluhuran serta kejayaan Pramuka.

Nah, itulah postingan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Penegak Bantara, arti detail dari Bantara, serta arti dari Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. Semoga postingan ini dapat bermanfaat terutama bagi kakak-kakak yang akan naik ke tingkat Penegak Bantara. Cukup sekian artikel kali ini, Wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!
Loading...

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done