Pengertian Penegak Bantara dan Arti TKU Penegak Bantara

materi tku bantara terlengkap

KakaKiky - Penegak Bantara merupakan salah satu tingkatan Pramuka Penegak. Pada postingan kali ini, kita akan membahas secara lengkap materi TKU Bantara tentang apa arti dan maksud penegak Bantara, pengertian Bantara, dan arti dari Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. Postingan ini sangat penting sekali untuk diketahui oleh anggota Pramuka yang akan naik ke tingkat Penegak Bantara, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pengertian Penegak Bantara

Penegak Bantara adalah tingkatan syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum tingkatan Penegak Laksana. Bagi golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dapat dianggap sebagai Pramuka Penegak, akan tetapi disebut sebagai “Tamu Ambalan” atau “Tamu Penegak”.

Arti dan Maksud Penegak Bantara

Apabila dilihat dari segi bahasa, Bantara berasal dari bahasa sanskerta yang berarti Pengawal atau Ajudan. Pengawal atau ajudan juga dapat diartikan sebagai:

  1. Seseorang yang tugasnya mengawal serta menjaga tegaknya Pancasila, Tri Satya, dan Dasa Dharma
  2. Seseorang yang bertugas layaknya seorang prajurit
  3. Pengawal mulanya dalam satuan Penegak sebelum Laksana
  4. Pengawal terhadap pembangunan yang telah, sedang, dan atau akan dilaksanakan.

Arti TKU Penegak Bantara

arti lambang bantara dan arti tku bantara

Berikut ini adalah arti dari Tanda Kecakapan Umum Penegak Bantara, atau biasa juga di sebut arti lambang Bantara:

  1. Warna Hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Warna hijau juga melambangkan diri yang berkembang dan selalu tumbuh untuk mencari tahu tentang banyak hal yang akan membuat dirinya dan negaranya maju.
  2. Dua buah Tunas Kelapa melambangkan keseimbangan dari Pramuka Putra dan Pramuka Putri. Yang dimaksud bukanlah seimbang dalam ukuran jumlahnya, akan tetapi seimbang dalam kemampuan dan bakatnya, sehingga masing-masing Tunas itu tumbuh subur dan tegak di Bumi Pertiwi.
  3. Bintang melambangkan bahwa seorang penegak Bantara harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena takwa adalah salah satu jalan menuju kebahagiaan.
  4. Warna kuning melambangkan keluhuran serta kejayaan Pramuka.

Menjadi Penegak Bantara yang Bijaksana

cara menjadi penegak bantara yang bijaksana
Pict From Instagram @prapujabaa

Melangkah ke tingkat Penegak Bantara bukan hanya tentang menyelesaikan syarat-syarat Kecakapan Umum, tetapi juga tentang bagaimana membentuk karakter seorang pemimpin. Pemahaman yang mendalam tentang makna Bantara dan Tanda Kecakapan Umum menjadi landasan penting untuk menghayati nilai-nilai kepramukaan penegak Bantara.

Sebagai Pramuka, kita diajak untuk menjadi pengawal yang setia terhadap nilai-nilai luhur, menjunjung tinggi keseimbangan dan ketaqwaan, serta menggapai kesuksesan dengan keluhuran hati. Mari terus mengembangkan diri, berusaha keras, dan menjadi pribadi yang berkontribusi positif untuk masyarakat.

Nah sobat, itulah postingan mengenai pengertian Bantara, arti dan maksud penegak Bantara, arti dari Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara, serta bagaimana menjadi seorang Penegak Bantara yang bijaksana. Semoga postingan ini dapat bermanfaat terutama bagi kakak-kakak yang akan naik ke tingkat Penegak Bantara. Cukup sekian artikel kali ini, Wassalamu’alaikum and be prepared!

4 komentar untuk "Pengertian Penegak Bantara dan Arti TKU Penegak Bantara"

Comment Author Avatar
dulu aku jarang ikut kegiatan pramuka hehehe, jadi agak lupa lupa ingat dengan beberapa istilah dikepramukaan. Semoga kakak kakak pramuka semakin mantap untuk naek golongan yah
Comment Author Avatar
Aku merasa asing sama istilah di Pramuka. Cuma memang sih, info-info begini bisa jadi ilmu juga. semacam pengetahuan lah..
Comment Author Avatar
Melihat tulisan ini membawa kembali ke masa-masa SD dan SMP saat masih aktif di Pramuka. Mengingat masa-masa menghapal Tri Satya, Dasa Darma, Belajar sandi Morse, dan kenangan-kenangan lain bersama Pramuka
Comment Author Avatar
jadi baru tau nih hehe.. ternyata komplek juga ya tingkatannya dalam pramuka