Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Apa Yang dimaksud dengan Penegak Laksana
KakaKiky - Pada postingan singkat kali ini, KakaKiky akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan Penegak Laksana, arti detail dari Laksana, Syarat untuk menjadi Penegak Laksana, serta arti dari Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Laksana. Postingan ini sangat penting sekali untuk diketahui oleh anggota-anggota yang akan naik ke tingkat Penegak Laksana, berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. PENGERTIAN PENEGAK LAKSANA
            Kata Laksana berasal dari Bahasa Indonesia yang bermakna, kita harus dapat melaksanakan apa yang harus dan perlu dilaksanakan dan dapat menjadi teladan anggota lain yang berada di bawah binaan penegak Laksana. Seorang Penegak Laksana juga dituntut untuk memiliki keterampilan yang dapat berguna bagi masyarakat luas, memiliki keahlian olahraga serta fisik yang kuat.

2. SYARAT UNTUK MENJADI PENEGAK LAKSANA
            Syarat untuk menjadi seorang penegak laksana, anggota Pramuka tersebut harus melewati tingkatan Penegak Bantara terlebih dahulu. Kemudian seorang Penegak Bantara tersebut harus memenuhi syarat-syarat yang sudah tertera dalam SKU (Syarat Kecakapan Umum) yang menjadi acuan utamanya.

3. ARTI TANDA KECAKAPAN UMUM (TKU) PENEGAK LAKSANA
· Warna Hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Warna hijau juga melambangkan diri yang berkembang dan selalu tumbuh untuk mencari tahu tentang banyak hal yang akan membuat dirinya dan negaranya maju.
·  Dua buah Tunas Kelapa melambangkan keseimbangan dari Pramuka Putra dan Pramuka Putri. Yang dimaksud bukanlah seimbang dalam ukuran jumlahnya, akan tetapi seimbang dalam kemampuan  dan bakatnya, sehingga masing-masing Tunas itu tumbuh subur dan tegak di Bumi Pertiwi.
·   Bintang melambangkan bahwa seorang penegak Bantara harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena takwa adalah salah satu jalan menuju kebahagiaan.
·      Warna kuning melambangkan keluhuran serta kejayaan Pramuka.

Nah, itulah postingan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Penegak Laksana, arti detail dari Laksana, Syarat untuk menjadi Penegak Laksana, serta arti dari Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Laksana. Semoga postingan ini dapat bermanfaat terutama bagi kakak-kakak yang akan naik ke tingkat Penegak Laksana. Cukup sekian artikel kali ini, Wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)