10 Cara Menyampaikan Pendapat Dengan Baik Dalam Musyawarah

bagaimana cara menyampaikan pendapat yang baik dalam musyawarah

KakaKiky - Sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, kita sebagai rakyatnya diperbolehkan untuk mengungkapkan pendapat yang kita miliki, asalkan tetap sesuai dengan kaidah dan aturan yang telah ditetapkan.

Dalam mengemukakan sebuah pendapat ada beberapa hal yang harus sangat kita perhatikan. Mengungkapkan sebuah pendapat tidak boleh dilakukan secara semena-mena dan seenaknya saja, karena tanpa kita sadari pendapat kita nantinya dapat menyakiti dan melukai perasaan banyak orang.

Bagaimana Cara Menyampaikan Pendapat Yang Baik Dalam Musyawarah?

Agar kamu dapat mengemukakan pendapat dengan baik, Kiky telah merangkum 10 cara menyampaikan pendapat dengan baik dan benar yang bisa kamu terapkan dalam mengemukakan pendapat di dalam sebuah forum ataupun musyawarah yang tujuannya untuk mencapai kesepakatan bersama. Berikut caranya:

1. Pikirkan Terlebih Dahulu Apa yang Hendak Kamu Sampaikan

pikirkan terlebih dahulu apa yang akan kamu sampaikan

Ada sebuah pepatah yang mengatakan agar kita jangan menjadi orang yang “Tong kosong nyaring bunyinya” artinya apapun yang kita katakan itu tidak berbobot dan tidak ada nilainya, hanya sebuah kata-kata saja, bahkan dampak dari perkataan tersebut bisa saja merugikan diri sendiri dan orang lain.

Oleh karena itu untuk menyampaikan pendapat dengan baik dan benar kamu harus memikirkan terlebih dahulu apa yang akan kamu ungkapkan. Dengan memikirkannya terlebih dahulu perkataan kamu menjadi lebih terstruktur dan rapi, mudah dipahami oleh orang lain dan bisa meminimalisir adanya dampak negatif yang ditimbulkan.

2. Dasari Pendapatmu Dengan Akal yang Sehat

Memang apa yang dipikirkan oleh orang-orang itu berbeda, sesuai dengan kapasitas dan cara berpikir mereka masing-masing. Tapi cobalah untuk tetap mengemukakan pendapat yang dapat diterima oleh akal sehat (Logis). Jangan memberikan pendapat yang terlalu imajinatif dan sulit diterapkan dalam kehidupan nyata. Pendapatmu juga harus dapat diperkuat secara teori dan fakta agar menjadi semakin baik dan logis.

3. Menyampaikan Pendapat Dengan Sopan

cara menyampaikan pendapat dengan sopan

Semua pendapat yang kamu sampaikan akan menjadi sia-sia saja jika pendapat tersebut kamu sampaikan dengan cara yang kasar dan melukai perasaan orang lain. Menyampaikan pendapat dengan sopan adalah suatu hal yang sangat penting, pendapat yang disampaikan dengan cara yang sopan dapat meningkatkan kepercayaan dan juga kualitas dari apa yang kamu sampaikan. Penyampaian pendapat dengan sopan juga dapat menjaga agar suasana dalam suatu forum tetap baik, aman, dan tentram sehingga forum dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil yang terbaik.

4. Utamakan Kepentingan Umum

Pendapat yang baik adalah pendapat yang mengutamakan kepentingan umum. Hal ini memang tidak dapat dielakkan lagi. Ketika kita memberikan sebuah pendapat, pendapat itu jangan sampai hanya mementingkan kepentingan perorangan atau suatu kelompok saja, akan tetapi harus mencakup semua kepentingan umum. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari kehidupan berdemokrasi dan kebijakan-kebijakan yang ditujukan pada kepentingan umum dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

5. Jangan Menyinggung SARA

Ketika menyampaikan pendapat, cobalah sebisa mungkin untuk tidak menyinggung tentang SARA (Suku, Agama, Ras, dan  antargolongan). Jika suatu saat tanpa kamu sadari ketika memberikan pendapat kamu menyinggung tentang SARA, maka kamu harus berani dan bersiap untuk mempertanggung jawabkan tentang pendapat yang kamu sampaikan, karena di negara Indonesia bahasan tentang SARA ini sangatlah sensitif dan dapat berurusan dengan pihak hukum.

6. Jangan Memotong Pembicaraan dan Pendapat Orang Lain

Jangan Memotong Pembicaraan dan Pendapat Orang Lain

Ketika sesorang sedang menyampaikan pendapatnya cobalah untuk mendengarkannya terlebih dahulu, jangan memotong pembicaraanya, selain terkesan tidak sopan kamu juga akan kurang paham nantinya dengan apa yang telah disampaikannya, sehingga kamu pun juga akan bingung untuk menanggapi pendapat orang lain. Coba dengarkan dengan seksama ketika orang lain mengeluarkan pendapatnya dan hargailah dia, dengan begitu kamu juga akan dihargai ketika mengeluarkan pendapat.

7. Jangan Memaksakan Pendapatmu

Setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya, jangan sekali-kali kamu mencoba untuk memaksakan pendapat yang kamu berikan. Setiap orang pastilah memiliki pola pikir yang berbeda-beda sehingga pendapatpun pasti juga berbeda. Pemaksaan suatu pendapat di dalam suatu forum dapat mengundang terjadinya keributan, untuk itu cobalah untuk selalu sabar dalam mengikuti sebuah forum sehingga hal-hal yang negatif dapat dihindari.

8. Menerima Kritikan Dari Orang Lain

cara menerima kritikan dari orang lain

Dalam suatu forum pastilah pendapat yang kita ungkapkan juga akan dikritik oleh orang lain, dan bisa saja kritikan yang diberikan tidak mengenakkan hati, namun cobalah untuk tetap sabar dan berlapang dada, terima kritikan tersebut dengan sebaik mungkin jika memang apa yang dikritikkan itu benar adanya, namun bila yang dikritikkan itu tidak sesuai dan terkesan berusaha untuk menjelekkan pendapat yang kita berikan cobalah untuk membalas kritikkan tersebut akan tetapi tetap dengan cara yang baik dan sopan.

9. Berlapang Dada Jika Pendapatmu di Tolak

Pendapat yang ditolak dalam sebuah forum itu sebenarnya wajar-wajar saja, karena tidak mungkin semua pendapat dari setiap orang akan diambil. Cobalah untuk berlapang dada dan tetap berpikiran positif, anggap saja bahwa memang pendapat orang lain itu memang sudah menjadi yang terbaik untuk kepentingan bersama.

10. Ikut Melaksanakan Hasil Keputusan Bersama

Ketika sebuah keputusan telah ditetapkan bersama-sama, maka kita juga harus ikut melaksanakannya meskipun itu bukanlah pendapat kita. Cobalah untuk turut menghargai keputusan yang telah dihasilkan dalam forum tersebut, dengan begitu manfaat dari forum ataupun musyawarah yang telah dilakukan itu dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah sobat, itulah 10 Cara Menyampaikan Pendapat Dengan Baik dan Benar yang bisa kamu terapkan dalam forum ataupun musyawarah yang kamu ikuti, semoga dengan menerapkan cara-cara diatas, kualitas dari pendapatmu dapat menjadi lebih baik lagi. Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kamu yang sudah membaca. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!

16 komentar untuk "10 Cara Menyampaikan Pendapat Dengan Baik Dalam Musyawarah"

Comment Author Avatar
Menurut saya memang benar. Kita harus belajar bagaimana menjadi orang yang bijak dalam berpendapat. Artikel ini saya rasa sudah mewakili kisi-kisi adab dalam menyampaikan pendapat dlm suatu forum. Selain penggunaan kata2 yg sopan. Pengendalian sikap juga perlu di perhatikan mengingat sekarang makin menipis pengetahuan dan pengendalian sikap dalam menyampaikan pendapat dlm suatu musyawarah. Semoga blog kakakiky ini bisa selalu membagikan informasi yang relevan bagi generasi muda masa kini.
Comment Author Avatar
Iyaa benar sekali kak... :D hehehe semoga saja KakaKiky tetap selalu bisa memotivasi kaulah muda indonesia :)
Comment Author Avatar
Dalam mengutarakan sebuah pendapat memang tidak bisa dilontarkan begitu saja, sebaik apapun pendapat yang akan kita utarakan jika tidak disertai dengan adab berpendapat bukan tidak mungkin pendapat kita akan dianggap sebagai angin belaka atau tak bermakna.

Tips mengutarakan pendapat ini sangat bagus sekali untuk diterapkan saat musyawarah. Good job kak kiky.
Comment Author Avatar
iya, benar sekali kak udin. Semoga dengan adanya artikel ini bisa mencerahkan pemikiran setiap orang yang ingin pendapatnya didengarkan oleh orang lain :)
Comment Author Avatar
Wkwkwk kalau ada orang yang nyolot saat musyawarah kira-kira bakal gimana ya min?
Comment Author Avatar
pasti suasana musyawarahnya bakalan panas, dan hasil yang didapat pun tidak akan maksimal
Comment Author Avatar
Nahh bagus tuh kita harus ngalah demi keputusan bersama.
Comment Author Avatar
Sebagai negara demokrasi, sudah seharusnya masyarakat Indonesia menerapkan hal ini di dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan apa yang sudah tertuang pada Pancasila sila ke 4
Comment Author Avatar
Benar sekali kak firdaus, dengan diterapkannya kebiasaan musyawarah untuk mendapatkan sebuah keputusan, maka keputusan yang dihasilkan pun akan menjadi lebih baik.
Comment Author Avatar
Setuju banget. Tapi fakta di lapangan jauh berbeda loh, sering kita lihat musyawarah berujung debat bahkan ribut, padahal mereka orang-orang "gede" berdasi. Berarti pola pikirnya yang masih cilik. Sekolah tinggi tapi akhlak kurang, ya podo wae mas...

Harus dengan akhlak yang baik dan punya stock sabar yang banyak, biar musyawarah berlangsung tertib dan gak emosi.
Comment Author Avatar
Bener banget kak hendra, oleh karena itu kita juga harus belajar tentang bagaimana caranya mengendalikan emosi kita sendiri.
Comment Author Avatar
Belajar menyampaikan pendapat itu sangat penting, itu berguna agar kita bijak dalam menyampaikan pendapat, karena dimanapun kita berada pastinya akan ada yang namanya pendapat.
Comment Author Avatar
Berpendapatlah dengan menggunakan kata - kata yang baik, karena orang lain bisa menilai seberapa bijak diri kita melalui pendapat yg kita sampaikan, utarakan pendapat serelevan mungkin dengan topik yg sedang dibahas.. Pendapat yg to the poin dan masuk akal lebih cepat diterima oleh orang lain. Apalagi jika pendapat tersebut berisi sebuah solusi untuk menyelesaikan permasalahan.