10 Cara Menyampaikan Pendapat Dengan Baik dan Benar Dalam Forum dan Musyawarah - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

1/26/2019

10 Cara Menyampaikan Pendapat Dengan Baik dan Benar Dalam Forum dan Musyawarah

10 Cara Menyampaikan Pendapat Dengan Baik dan Benar Dalam Forum dan Musyawarah
Pict From Instagram - @mochamadagung18

KakaKiky - Sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, kita sebagai rakyatnya diperbolehkan untuk mengungkapkan pendapat yang kita miliki, asalkan tetap sesuai dengan kaidah dan aturan yang telah ditetapkan.

Dalam mengemukakan sebuah pendapat ada beberapa hal yang harus sangat kita perhatikan. Mengungkapkan sebuah pendapat tidak boleh dilakukan secara semena-mena dan seenaknya saja, karena tanpa kita sadari pendapat kita nantinya dapat menyakiti dan melukai perasaan banyak orang. Untuk itu Iky telah merangkum 10 cara menyampaikan pendapat dengan baik dan benar yang bisa kamu terapkan dalam mengemukakan pendapat di dalam sebuah forum ataupun musyawarah yang tujuannya untuk mencapai kesepakatan bersama. Berikut caranya:

1.    Pikirkan Terlebih Dahulu Apa yang Hendak Kamu Sampaikan
Ada sebuah pepatah yang mengatakan agar kita jangan menjadi orang yang “Tong kosong nyaring bunyinya” artinya apapun yang kita katakan itu tidak berbobot dan tidak ada nilainya, hanya sebuah kata-kata saja, bahkan dampak dari perkataan tersebut bisa saja merugikan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu untuk menyampaikan pendapat dengan baik dan benar kamu harus memikirkan terlebih dahulu apa yang akan kamu ungkapkan. Dengan memikirkannya terlebih dahulu perkataan kamu menjadi lebih terstruktur dan rapi, mudah dipahami oleh orang lain dan bisa meminimalisir adanya dampak negatif yang ditimbulkan.

2.    Dasari Pendapatmu Dengan Akal yang Sehat
Memang apa yang dipikirkan oleh orang-orang itu berbeda, sesuai dengan kapasitas dan cara berpikir mereka masing-masing. Tapi cobalah untuk tetap mengemukakan pendapat yang dapat diterima oleh akal sehat (Logis). Jangan memberikan pendapat yang terlalu imajinatif dan sulit diterapkan dalam kehidupan nyata. Pendapatmu juga harus dapat diperkuat secara teori dan fakta agar menjadi semakin baik dan logis.

3.    Menyampaikan Pendapat Dengan Sopan
Semua pendapat yang kamu sampaikan akan menjadi sia-sia saja jika pendapat tersebut kamu sampaikan dengan cara yang kasar dan melukai perasaan orang lain. Menyampaikan pendapat dengan sopan adalah suatu hal yang sangat penting, pendapat yang disampaikan dengan cara yang sopan dapat meningkatkan kepercayaan dan juga kualitas dari apa yang kamu sampaikan. Penyampaian pendapat dengan sopan juga dapat menjaga agar suasana dalam suatu forum tetap baik, aman, dan tentram sehingga forum dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil yang terbaik.

4.    Utamakanlah kepentingan Umum
Pendapat yang baik adalah pendapat yang mengutamakan kepentingan umum. Hal ini memang tidak dapat dielakkan lagi. Ketika kita memberikan sebuah pendapat, pendapat itu jangan sampai hanya mementingkan kepentingan perorangan atau suatu kelompok saja, akan tetapi harus mencakup semua kepentingan umum. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari kehidupan berdemokrasi dan kebijakan-kebijakan yang ditujukan pada kepentingan umum dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

5.    Jangan Menyinggung SARA
Ketika menyampaikan pendapat, cobalah sebisa mungkin untuk tidak menyinggung tentang SARA (Suku, Agama, Ras, dan  antargolongan). Jika suatu saat tanpa kamu sadari ketika memberikan pendapat kamu menyinggung tentang SARA, maka kamu harus berani dan bersiap untuk mempertanggung jawabkan tentang pendapat yang kamu sampaikan, karena di negara Indonesia bahasan tentang SARA ini sangatlah sensitif dan dapat berurusan dengan pihak hukum.

6.    Jangan Memotong Pembicaraan dan Pendapat Orang Lain
Ketika sesorang sedang menyampaikan pendapatnya cobalah untuk mendengarkannya terlebih dahulu, jangan memotong pembicaraanya, selain terkesan tidak sopan kamu juga akan kurang paham nantinya dengan apa yang telah disampaikannya, sehingga kamu pun juga akan bingung untuk menanggapi pendapat orang lain. Coba dengarkan dengan seksama ketika orang lain mengeluarkan pendapatnya dan hargailah dia, dengan begitu kamu juga akan dihargai ketika mengeluarkan pendapat.

7.    Jangan Memaksakan Pendapatmu
Setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya, jangan sekali-kali kamu mencoba untuk memaksakan pendapat yang kamu berikan. Setiap orang pastilah memiliki pola pikir yang berbeda-beda sehingga pendapatpun pasti juga berbeda. Pemaksaan suatu pendapat di dalam suatu forum dapat mengundang terjadinya keributan, untuk itu cobalah untuk selalu sabar dalam mengikuti sebuah forum sehingga hal-hal yang negatif dapat dihindari.

8.    Menerima Kritikan Dari Orang Lain
Dalam suatu forum pastilah pendapat yang kita ungkapkan juga akan dikritik oleh orang lain, dan bisa saja kritikan yang diberikan tidak mengenakkan hati, namun cobalah untuk tetap sabar dan berlapang dada, terima kritikan tersebut dengan sebaik mungkin jika memang apa yang dikritikkan itu benar adanya, namun bila yang dikritikkan itu tidak sesuai dan terkesan berusaha untuk menjelekkan pendapat yang kita berikan cobalah untuk membalas kritikkan tersebut akan tetapi tetap dengan cara yang baik dan sopan.

9.    Berlapang Dada Jika Pendapatmu di Tolak
Pendapat yang ditolak dalam sebuah forum itu sebenarnya wajar-wajar saja, karena tidak mungkin semua pendapat dari setiap orang akan diambil. Cobalah untuk berlapang dada dan tetap berpikiran positif, anggap saja bahwa memang pendapat orang lain itu memang sudah menjadi yang terbaik untuk kepentingan bersama.

10. Ikut Melaksanakan Hasil Keputusan Bersama
Ketika sebuah keputusan telah ditetapkan bersama-sama, maka kita juga harus ikut melaksanakannya meskipun itu bukanlah pendapat kita. Cobalah untuk turut menghargai keputusan yang telah dihasilkan dalam forum tersebut, dengan begitu manfaat dari forum ataupun musyawarah yang telah dilakukan itu dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah sobat Iky, itulah 10 Cara Menyampaikan Pendapat Dengan Baik dan Benar yang bisa kamu terapkan dalam forum ataupun musyawarah yang kamu ikuti, semoga dengan menerapkan cara-cara diatas, kualitas dari pendapatmu dapat menjadi lebih baik lagi. Cukup sekian artikel kali ini ya, jangan lupa untuk klik tombol reaksi yang ada di bawah dan tinggalkan juga komentar jika ada hal yang ingin kamu tanyakan, Wassalamu’alaikum and Be Prepared.

Share with your friends

6 komentar

  1. Menurut saya memang benar. Kita harus belajar bagaimana menjadi orang yang bijak dalam berpendapat. Artikel ini saya rasa sudah mewakili kisi-kisi adab dalam menyampaikan pendapat dlm suatu forum. Selain penggunaan kata2 yg sopan. Pengendalian sikap juga perlu di perhatikan mengingat sekarang makin menipis pengetahuan dan pengendalian sikap dalam menyampaikan pendapat dlm suatu musyawarah. Semoga blog kakakiky ini bisa selalu membagikan informasi yang relevan bagi generasi muda masa kini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa benar sekali kak... :D hehehe semoga saja KakaKiky tetap selalu bisa memotivasi kaulah muda indonesia :)

      Hapus
  2. Dalam mengutarakan sebuah pendapat memang tidak bisa dilontarkan begitu saja, sebaik apapun pendapat yang akan kita utarakan jika tidak disertai dengan adab berpendapat bukan tidak mungkin pendapat kita akan dianggap sebagai angin belaka atau tak bermakna.

    Tips mengutarakan pendapat ini sangat bagus sekali untuk diterapkan saat musyawarah. Good job kak kiky.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, benar sekali kak udin. Semoga dengan adanya artikel ini bisa mencerahkan pemikiran setiap orang yang ingin pendapatnya didengarkan oleh orang lain :)

      Hapus
  3. Wkwkwk kalau ada orang yang nyolot saat musyawarah kira-kira bakal gimana ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti suasana musyawarahnya bakalan panas, dan hasil yang didapat pun tidak akan maksimal

      Hapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done