Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Cara Membuat Simpul Tiang [+Video]

cara membuat simpul tiang dengan mudah
Materi Pramuka - Simpul Tiang

KakaKiky - Membuat simpul tiang (bowline knot) merupakan salah satu teknik kepramukaan dalam bidang tali temali yang mendasar dan wajib dikuasai oleh seorang Anggota Pramuka. Sama halnya dengan simpul hidup, simpul mati, simpul pangkal, simpul anyam dan simpul lainnya, simpul tiang juga sering digunakan dalam kegiatan tali temali di Pramuka. Nah pada kesempatan kali ini Kiky akan mencoba untuk membahas tentang pengertian dan bagaimana cara membuat simpul tiang dengan baik dan benar.

Pengertian Simpul Tiang

Simpul Tiang adalah salah satu simpul wajib dalam teknik kepramukaan yang digunakan untuk membuat sebuah sosok (mata tali) yang kedudukannya tidak bergeser, digunakan juga untuk mengikat sesuatu yang membutuhkan keleluasaan bergerak seperti ikatan simpul pada leher binatang.

Simpul tiang sendiri merupakan salah satu materi yang terdapat dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU). Keterampilan dalam membuat simpul tiang dijadikan sebagai salah satu syarat SKU Penggalang Ramu nomor 23.

Jika kita melihat sekilas, sebenarnya simpul tiang sama dengan simpul anyam. Namun, perbedaannya terletak pada posisi serta manfaat penggunaan simpul. Simpul anyam dibuat dengan dua ujung dari dua utas tali sedangkan simpul tiang dibuat dengan hanya menggunakan satu utas tali saja di mana simpul ini dihubungkan antara ujung tali dengan badan tali. Untuk bentuk ikatannya memang hampir sama antara simpul anyam dan simpul tiang.

Cara Membuat Simpul Tiang

Untuk bisa mahir dalam membuat simpul tiang bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Bagi kamu yang belum menguasainya, berikut adalah cara termudah untuk membuat simpul tiang:

cara membuat simpul tiang bowline knot
Cara Membuat Bownline Knot

  1. Buatlah sosok (mata tali) pada bagian tengah tali.
  2. Masukkan ujung tali ke dalam sosok dari arah bawah, selanjutnya ke atas tali di sisi lain sosok, kemudian lewatkan ke belakang (bawah) utas tali yang ada pada sebelah atas sosok.
  3. Lingkarkan tali pada utas tali tersebut, lalu masukkanlah ujung tali ke dalam sosok.
  4. Tarik kedua badan tali beserta ujung tali sehingga simpul menjadi kuat dan tidak mudah lepas.
  5. Selamat kamu telah berhasil membuat simpul tiang.

Video Cara Membuat Simpul Tiang

Jika kamu sulit memahami cara membuat simpul tiang berdasarkan langkah-langkah di atas, kamu bisa menonton video di bawah ini, dijamin membuat simpul tiang akan kamu kuasai dengan mudah.

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian simpul tiang, fungsi dan kegunaan simpul tiang, serta video cara membuat simpul tiang. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Cara Membuat Simpul Tiang [+Video]"