Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page



Perbedaan Pramuka, Gerakan Pramuka, Dan Kepramukaan

Pict By Instagram - @dewanambalan_smada

KakaKiky –
Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan adalah tiga hal yang berbeda, masing-masing kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda. Namun, apakah kita sebagai anggota Pramuka telah benar-benar mengerti akan maksud dari ketiga kata tersebut? Saya yakin masih banyak anak Pramuka yang linglung dan kebingungan membedakan arti dari masing-masing kata tersebut. Oleh karena itu artikel kali ini akan membahas tentang pengertian dari Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan dengan lengkap dan jelas.

1| PENGERTIAN PRAMUKA DAN KEPRAMUKAAN MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA
KMBI telah memasukkan kata “Pramuka” dan “Kepramukaan” di dalamnya. Menurut kmbi pengertian dari pramuka dan kepramukaan adalah sebagai berikut :
·         Pramuka /pra-mu-ka/ n akr Praja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya di berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dsb anggota organisasi pramuka : -- membentuk anak (pemuda) yang masih berkembang menjadi warga negara yang berbudi luhur; pandu;
·         Kepramukaan /ke-pra-mu-ka-an/ n perihal (kegiatan dsb) yang berhubungan dengan pramuka

2| PENGERTIAN MENURUT UNDANG-UNDANG GERAKAN PRAMUKA
Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka menjadi dasar pokok penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Di dalam Undang-undang tersebut dinyatakan tentang pengertian ‘pramuka’, ‘Gerakan Pramuka’, ‘kepramukaan’, dan ‘pendidikan kepramukaan’.
Berikut pengertian masing-masing menurut Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka:
·         Gerakan  Pramuka  adalah  organisasi  yang  dibentuk  oleh  pramuka  untuk  menyelenggarakan  pendidikan kepramukaan.
·         Pramuka  adalah  warga  negara  Indonesia  yang  aktif dalam  pendidikan  kepramukaan  serta  mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka.
·         Kepramukaan  adalah  segala  aspek  yang  berkaitan dengan pramuka.
·         Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian,  kecakapan  hidup,    dan  akhlak  mulia pramuka melalui  penghayatan  dan  pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Nah, itulah pengertian dari masing-masing istilah pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan. Semoga dapat bermanfaat bagi kakak-kakak semua, cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)