Perbedaan Pramuka, Gerakan Pramuka, Dan Kepramukaan

Pict By Instagram - @dewanambalan_smada
KakaKiky – Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan adalah tiga hal yang berbeda, masing-masing kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda. Namun, apakah kita sebagai anggota Pramuka telah benar-benar mengerti akan maksud dari ketiga kata tersebut? Saya yakin masih banyak anak Pramuka yang linglung dan kebingungan membedakan arti dari masing-masing kata tersebut. Oleh karena itu artikel kali ini akan membahas tentang pengertian dari Pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan dengan lengkap dan jelas.

1| PENGERTIAN PRAMUKA DAN KEPRAMUKAAN MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA
KMBI telah memasukkan kata “Pramuka” dan “Kepramukaan” di dalamnya. Menurut kmbi pengertian dari pramuka dan kepramukaan adalah sebagai berikut :
·         Pramuka /pra-mu-ka/ n akr Praja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya di berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dsb anggota organisasi pramuka : -- membentuk anak (pemuda) yang masih berkembang menjadi warga negara yang berbudi luhur; pandu;
·         Kepramukaan /ke-pra-mu-ka-an/ n perihal (kegiatan dsb) yang berhubungan dengan pramuka

2| PENGERTIAN MENURUT UNDANG-UNDANG GERAKAN PRAMUKA
Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka menjadi dasar pokok penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Di dalam Undang-undang tersebut dinyatakan tentang pengertian ‘pramuka’, ‘Gerakan Pramuka’, ‘kepramukaan’, dan ‘pendidikan kepramukaan’.
Berikut pengertian masing-masing menurut Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka:
·         Gerakan  Pramuka  adalah  organisasi  yang  dibentuk  oleh  pramuka  untuk  menyelenggarakan  pendidikan kepramukaan.
·         Pramuka  adalah  warga  negara  Indonesia  yang  aktif dalam  pendidikan  kepramukaan  serta  mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka.
·         Kepramukaan  adalah  segala  aspek  yang  berkaitan dengan pramuka.
·         Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian,  kecakapan  hidup,    dan  akhlak  mulia pramuka melalui  penghayatan  dan  pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Nah, itulah pengertian dari masing-masing istilah pramuka, Gerakan Pramuka, dan Kepramukaan. Semoga dapat bermanfaat bagi kakak-kakak semua, cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!