Pengertian Dan Cara Membuat Ikatan Canggah [+Video]

cara membuat ikatan canggah lengkap dengan video
Cara membuat ikatan canggah

KakaKiky - Menguasai pembuatan ikatan canggah merupakan salah satu teknik kepramukaan dalam bidang tali temali yang mendasar dan wajib dipelajari oleh anggota Gerakan Pramuka. Sama halnya dengan ikatan palang, ikatan silang, dan ikatan kaki tiga, ikatan canggah juga sering digunakan dalam kegiatan tali temali di Pramuka.

Apa itu ikatan canggah?

Ikatan canggah adalah sebuah ikatan yang digunakan untuk menyambungkan dua buah kayu atau tongkat secara lurus. Ikatan ini biasanya digunakan untuk membuat tiang bendera dengan sambungan tongkat.

Cara membuat ikatan canggah

cara membuat ikatan canggah
Langkah-langkah membuat ikatan canggah

Untuk membuat ikatan canggah adalah suatu perkara yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun, bagi kamu yang belum menguasainya, berikut adalah cara termudah untuk membuat ikatan canggah yang bisa kamu praktekkan.

  1. Buatlah sosok atau mata tali di antara dua tongkat yang disambung
  2. Utas tali yang panjang dililitkan mengitari kedua tongkat. Lilitkan hingga bagian akhirnya bersambungan
  3. Masukkan utas tali ke dalam sosok yang dibuat pada langkah pertama tadi
  4. Kemudian tarik ujung tali hingga sosok atau mata talinya masuk ke dalam lilitan
  5. Utas tali pada bagian bawah disimpul dengan simpul pangkal.

Video cara membuat ikatan canggah

Jika kamu sulit memahami cara membuat ikatan canggah berdasarkan langkah-langkah di atas, kamu bisa menonton video di bawah ini, dijamin membuat ikatan canggah akan kamu kuasai dengan mudah.

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian ikatan canggah, fungsi dan kegunaan ikatan canggah, serta video cara membuat ikatan canggah. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!