Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Cara Membuat Simpul Pangkal [+Video]

cara membuat simpul pangkal termudah
Cara membuat simpul pangkal

KakaKiky - Membuat simpul pangkal (Clove Hitch) merupakan salah satu teknik kepramukaan dalam bidang tali temali yang mendasar. Sama halnya dengan simpul hidup, simpul mati, simpul pangkal, simpul anyam dan simpul lainnya, simpul pangkal juga sering digunakan dalam kegiatan tali temali di Pramuka. Nah pada kesempatan kali ini Kiky akan mencoba untuk membahas tentang pengertian dan bagaimana cara membuat simpul pangkal dengan baik dan benar.

Pengertian Simpul Pangkal

Yang dimaksud dengan Simpul Pangkal adalah salah satu simpul wajib dalam teknik kepramukaan yang digunakan untuk memulai dan mengakhiri sebuah ikatan, misalkan ikatan palang, ikatan silang, dan ikatan canggah.

Fungsi dan Kegunaan Simpul Pangkal

Dalam teknik kepramukaan, simpul pangkal sering digunakan untuk mengikat tali tenda pada pasak tenda, mengikat tali penegang pada tiang tenda, mengawali dan mengakhiri ikatan pada pembuatan pionering seperti tiang bendera, menara pandang, gapura tenda, dan lain sebagainya.

Simpul pangkal Vs Ikatan Pangkal

Sebagian pihak ada yang menyebut simpul pangkal ini sebagai ikatan pangkal. Hal tersebut didasari pada pemahaman arti kata “ikatan” sebagai persambungan antara tali dengan benda lain, misalkan tongkat atau kayu. Kalau melihat berdasarkan pemahaman tersebut maka harusnya simpul jangkar, simpul palang, dan simpul tambat pun harus dinamai sebagai ikatan karena tersambung dengan benda lain.

Padahal sebenarnya ikatan dimaknai sebagai rangkaian tali dengan susunan tertentu yang digunakan untuk menghubungkan atau menyatukan antara dua benda atau lebih. Maka oleh karena itu, penyebutan yang lebih tepat adalah simpul pangkal bukan ikatan pangkal.

Cara Mudah Membuat Simpul Pangkal (Clove Hitch)

Kemampuan untuk membuat simpul pangkal merupakan salah satu Syarat Kecakapan Umum yang harus dikuasai mulai dari tingkatan pramuka siaga, pramuka penggalang, bahkan pramuka penegak. Untuk membuat simpul pangkal adalah suatu perkara yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun, bagi kamu yang belum menguasainya, berikut adalah cara termudah untuk membuat simpul pangkal.

langkah-langkah pembuatan simpul pangkal
Langkah-langkah pembuatan simpul pangkal

  1. Lingkarkan tali pada tongkat pramuka atau kayu dari arah bawah sehingga membentuk sebuah ‘sosok’.
  2. Lingkarkan sekali lagi di bagian sebelah kiri ‘sosok’ yang pertama.
  3. Ujung sosok dimasukkan melalui celah yang terdapat seperti pada gambar
  4. Rapatkan kedua sosok dan tariklah ujung tali tersebut sehingga simpul menjadi kencang dan kuat
  5. Selamat kamu telah berhasil membuat simpul pangkal.

Video Cara Membuat Simpul Pangkal

Jika kamu sulit memahami cara membuat simpul pangkal berdasarkan langkah-langkah di atas, kamu bisa menonton video di bawah ini, dijamin membuat simpul pangkal akan kamu kuasai dengan mudah.

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian simpul pangkal, fungsi dan kegunaan simpul pangkal, serta video cara membuat simpul pangkal. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Cara Membuat Simpul Pangkal [+Video]"