Pengertian Dan Cara Membuat Ikatan Palang [+Video]

cara membuat ikatan palang square lashing dengan mudah
Cara membuat ikatan palang

KakaKiky - Menguasai pembuatan ikatan palang (square lashing) merupakan salah satu teknik kepramukaan dalam bidang tali temali yang mendasar dan wajib dipelajari oleh anggota Gerakan Pramuka. Sama halnya dengan ikatan silang, ikatan canggah, dan ikatan kaki tiga, ikatan palang juga sering digunakan dalam kegiatan tali temali di Pramuka.

Apa itu ikatan palang (square lashing)?

Dalam bahasa Inggris ikatan palang dikenal dengan sebutan Square Lashing. Ikatan Palang adalah ikatan yang berfungsi untuk menautkan dua kayu atau tongkat pramuka yang posisinya saling tegak lurus. Ikatan palang biasa digunakan pada pembuatan kerangka tandu.

Cara membuat ikatan palang (square lashing)

Untuk membuat ikatan palang adalah suatu perkara yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun, bagi kamu yang belum menguasainya, berikut adalah cara termudah untuk membuat ikatan pangkal yang bisa kamu ikuti.

cara membuat ikatan palang menggunakan kayu
Cara membuat ikatan palang

  1. Buat simpul pangkal di salah satu tongkat dan belitkan sisa utas tali yang pendek ke utas tali yang panjang.
  2. Belitkanlah tali sedemikian rupa seperti yang tampak pada gambar nomor 3. Bagian atas, jejerkan lilitan tali yang kedua di sebelah bagian dalam lilitan kedua, begitu pula selanjutnya.
  3. Setelah dililit sekitar empat lilitan (sesuai kebutuhan), gantilah arah putaran tali dan lilitkan di antara dua tongkat.
  4. Akhiri ikatan palang dengan membuat simpul pangkal di tongkat yang berbeda dengan simpul pangkal yang pertama.

Video cara membuat ikatan palang (square lashing)

Jika kamu sulit memahami cara membuat ikatan palang berdasarkan langkah-langkah di atas, kamu bisa menonton video di bawah ini, dijamin membuat ikatan palang akan kamu kuasai dengan mudah.

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian ikatan palang, fungsi dan kegunaan ikatan palang, serta video cara membuat ikatan palang. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!