Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Contoh Model Pionering Jembatan

apa itu pionering jembatan
Contoh model pionering jembatan

KakaKiky – Setelah sebelumnya Kiky membagikan tentang model pionering menara pandang, pada kesempatan kali ini Kiky akan membagikan kumpulan contoh model pionering jembatan. Berbagai contoh model jembatan ini bisa kamu jadikan sebagai contoh atau inspirasi dalam membuat pionering jembatan.

Sebelum masuk ke bagian contoh model jembatan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pionering jembatan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu pionering jembatan?

Pionering diambil dari kata pionir yang artinya penganjur, pelopor, dan pembuka jalan (menurut KBBI). Dalam Kepramukaan sendiri pionering merupakan salah satu keterampilan dalam pembuatan bangunan-bangunan darurat dengan menggunakan bahan yang seadanya.

Contoh alat dan bangunan yang dapat dibangun menggunakan pionering adalah tiang bendera, gapura, pintu gerbang, menara pandang, jembatan dan sebagainya.

Pionering jembatan adalah sebuah jenis bangunan yang terbuat dari susunan tongkat pramuka atau kayu yang diikat dan disimpul sehingga membentuk sebuah jembatan yang digunakan untuk memudahkan anggota Pramuka dala menyeberangi sungai, rawa, dan sebagainya.

Oleh karena jembatan dibuat dengan ikatan dan simpul, kamu harus benar-benar menguasai ilmu atau materi tentang tali temali untuk dapat membuatnya.

Contoh model pionering jembatan

Berikut ini adalah beberapa contoh model pionering jembatan seperti jembatan kaki delapan, jembatan derek, jembatan tarik, jembatan tali, jembatan monyet, dan jembatan suspensi.

1. Jembatan kaki delapan

contoh model pionering jembatan kaki delapan

2. Jembatan derek

contoh model pionering jembatan derek

3. Jembatan tarik

contoh model pionering jembatan tarik

4. Jembatan tali

contoh model pionering jembatan tali

5. Jembatan monyet

contoh model pionering jembatan monyet

6. Jembatan suspensi

contoh model pionering jembatan suspensi

Hal yang harus diperhatikan ketika membuat pionering jembatan

Pembuatan pionering jembatan diperlukan adanya persiapan yang matang. Terlebih jika kamu membuat jembatan dengan ukuran yang sebenarnya di mana keamanan baik bagi pembuat, pemakai, dan orang lain disekitar dapat terjaga dengan baik.

Pemilihan ikatan dan simpul pada pionering ini harus dilakukan dengan tepat. Jika salah memilih ikatan dan simpul maka pionering yang dibangun tidak akan kokoh dan dapat membahayakan keselamatan orang yang menggunakannya.

Terkadang dalam Kepramukaan, baik latihan maupun lomba, peserta didik tidak dituntut untuk membuat pioneering yang sebenarnya namun pionering yang ukurannya lebih kecil atau biasa disebut sebagai maket pionering.

Walaupun bukan pionering dalam bentuk asli, dalam pembuatannya juga diperlukan ketelitian yang tinggi sehingga hasilnya bisa sama seperti pionering yang asli.

Kesimpulan

Kesimpulan dari postingan ini yaitu, dalam membuat pionering jembatan kamu harus benar-benar menguasai ikatan dan simpul yang digunakan. Contoh-contoh di atas hanya sebagai inspirasi saja, oleh karena itu sebagai anggota Pramuka kamu harus lebih kreatif lagi dan membuat model-model pionering jembatan lainnya yang lebih menarik.

Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar. Wassalamu’alaikum and Be Prepared

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Contoh Model Pionering Jembatan"