Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Ikatan Tali Temali Dalam Gerakan Pramuka

macam jenis ikatan tali temali dalam gerakan pramuka
4 Jenis Ikatan Tali Temali

KakaKiky - Di Dalam Gerakan Pramuka terdapat 4 macam jenis ikatan tali temali yang sering dipergunakan saat membuat sebuah pionering. Ikatan menjadi salah satu materi terpenting dalam Gerakan Pramuka karena banyak sekali manfaat yang bisa diterapkan, baik dalam kegiatan pramuka maupun kegiatan sehari-hari.

4 macam jenis ikatan tali temali tersebut diantaranya adalah  ikatan palang, ikatan silang, ikatan canggah, dan ikatan kaki tiga. Pada materi pramuka kali ini kita akan membahas tentang keempat jenis ikatan tali temali tersebut. Berikut pembahasan materi selengkapnya!

Apa Itu Ikatan?

Dalam tali temali yang dimaksud ikatan adalah rangkaian tali dengan susunan tertentu yang digunakan untuk menautkan atau mengikat dua atau lebih benda lain.

Ikatan Palang (Square Lashing)

cara membuat ikatan palang mudah
Cara membuat ikatan palang

Dalam bahasa Inggris ikatan palang dikenal dengan sebutan Square Lashing. Ikatan Palang adalah ikatan yang berfungsi untuk menautkan dua kayu atau tongkat pramuka yang posisinya saling tegak lurus. Ikatan palang biasa digunakan pada pembuatan kerangka tandu. Untuk mengetahui cara membuat ikatan palang kamu bisa membacanya di sini: Cara membuat ikatan palang.

Ikatan Silang (Cross Lashing)

cara membuat ikatan silang cross lashing dengan mudah
Cara membuat ikatan silang

Dalam bahasa Inggris ikatan silang dikenal dengan sebutan Cross Lashing. Ikatan silang adalah ikatan yang digunakan untuk menautkan atau mengikat dua buah kayu atau tongkat yang tidak tegak lurus atau 90 derajat. Untuk mengetahui cara membuat ikatan silang, kamu bisa membacanya di sini: Cara membuat ikatan Silang.

Ikatan Canggah

cara membuat ikatan canggah dengan mudah
Cara membuat ikatan canggah

Ikatan canggah adalah sebuah ikatan yang digunakan untuk menyambungkan dua buah kayu atau tongkat secara lurus. Ikatan ini biasanya digunakan untuk membuat tiang bendera dengan sambungan tongkat. Untuk mengetahui cara membuat ikatan canggah, silahkan baca di sini: Cara membuat ikatan canggah.

Ikatan kaki tiga (Tripod Lashing)

cara membuat ikatan kaki tiga atau tripod lashing
Cara membuat ikatan kaki tiga

Bagi kamu yang suka membuat konten atau berfoto pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tripod. Tripod sendiri merupakan salah satu ikatan yang ada di dalam Gerakan Pramuka. Ikatan kaki tiga atau tripod lashing adalah ikatan yang digunakan untuk menggabungkan tiga buah kayu atau tongkat dengan posisi yang saling tegak lurus dan membentuk kaki tiga. Ikatan ini biasanya digunakan untuk membuat menara pandang. Bagi kamu yang ingin belajar cara membuat ikatan kaki tiga silahkan baca di sini: Cara membuat ikatan kaki tiga.

Nah sobat, itulah pembahasan singkat tentang apa itu ikatan dan macam jenis ikatan tali temali dalam Gerakan Pramuka yang wajib kamu ketahui. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang telah membaca. Jangan lupa share artikel ini ke sahabat pramuka kamu dan tinggalkan jejak berupa komentar. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "4 Jenis Ikatan Tali Temali Dalam Gerakan Pramuka"