Pengertian Dan Contoh Model Pionering Menara Pandang

contoh model pionering menara pandang terbaru
Contoh model pionering menara pandang

KakaKiky - Pada kesempatan kali ini Kiky akan membagikan kumpulan contoh model pionering menara pandang. Berbagai contoh model menara pandang ini bisa kamu jadikan sebagai contoh atau inspirasi dalam membuat menara pandang.

Sebelum masuk ke bagian contoh model menara pandang, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pionering menara pandang. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu pionering menara pandang?

Pionering diambil dari kata pionir yang artinya penganjur, pelopor, dan pembuka jalan (menurut KBBI). Dalam Kepramukaan sendiri pionering merupakan salah satu keterampilan dalam pembuatan bangunan-bangunan darurat dengan menggunakan bahan yang seadanya.

Contoh alat dan bangunan yang dapat dibangun menggunakan pionering adalah tiang bendera, gapura, pintu gerbang, jembatan, menara pandang dan sebagainya.

Pionering menara pandang adalah sebuah jenis bangunan yang terbuat dari susunan tongkat pramuka atau kayu yang diikat dan disimpul yang digunakan untuk melihat atau memantau situasi sekitar lingkungan.

Oleh karena menara pandang dibuat dengan ikatan dan simpul, kamu harus benar-benar menguasai ilmu atau materi tentang tali temali untuk dapat membuatnya.

Contoh model pionering menara pandang

Berikut ini adalah beberapa contoh model pionering menara pandang seperti menara pandang segitia, dua segitiga bersilangan, dua segitiga terbalik, dua kaki, segi empat, segi empat persegi, dan menara pandang segi empat enam kaki.

1. Menara pandang segitiga

contoh model menara pandang segitiga

2. Menara pandang dua segitiga bersilangan

contoh model menara pandang dua segitiga bersilangan

3. Menara pandang dua segitiga terbalik

contoh model menara pandang dua segitiga terbalik

4. Menara pandang dua kaki

contoh model menara pandang dua kaki

5. Menara pandang segiempat segitiga

contoh model pionering menara pandang segiempat segitiga

6. Menara pandang segiempat persegi

contoh model menara pandang segiempat persegi

7. Menara pandang segi empat enam kaki

contol model menara pandang segi empat enam kaki

Hal yang harus diperhatikan ketika membuat pionering menara pandang

Pembuatan pionering menara pandang diperlukan adanya persiapan yang matang. Terlebih jika kamu membuat menara pandang dengan ukuran yang sebenarnya di mana keamanan baik bagi pembuat, pemakai, dan orang lain disekitar dapat terjaga dengan baik.

Pemilihan ikatan dan simpul pada pionering ini harus dilakukan dengan tepat. Jika salah memilih ikatan dan simpul maka pionering yang dibangun tidak akan kokoh dan membahayakan keselamatan orang lain.

Terkadang dalam Kepramukaan, baik latihan maupun lomba, peserta didik tidak dituntut untuk membuat pioneering yang sebenarnya namun pionering yang ukurannya lebih kecil atau biasa disebut sebagai maket pionering.

Walaupun bukan pionering dalam bentuk asli, dalam pembuatannya juga diperlukan ketelitian yang tinggi sehingga hasilnya bisa sama seperti pionering yang asli.

Kesimpulan

Kesimpulan dari postingan ini yaitu, dalam membuat pionering menara pandang kamu harus benar-benar menguasai ikatan dan simpul yang digunakan. Contoh-contoh di atas hanya sebagai inspirasi saja, oleh karena itu sebagai anggota Pramuka kamu harus lebih kreatif lagi dan membuat model-model pionering menara pandang lainnya yang lebih menarik.

Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar. Wassalamu’alaikum and Be Prepared