Delapan Arahan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Untuk Menyikapi Aksi Terorisme - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

5/14/2018

Delapan Arahan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Untuk Menyikapi Aksi Terorisme


Stop sebar foto dan video korban terorisme!
KakaKiky - Assalamu’alaikum dan Salam Pramuka! Baru-baru ini tanah air kita tercinta kembali digemparkan dengan berbagai aksi-aksi terorisme. Aksi penebaran teror tersebut tentu saja sangat meresahkan bagi masyarakat. Dari berbagai aksi kejahatan yang telah dilakukan oleh teroris tersebut menimbulkan beberapa korban jiwa dan juga tentunya menyisakan beban trauma yang juga harus diderita oleh para korban yang selamat.

Dalam menyikapi aksi terorisme ini, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault memberikan delapan arahan untuk menghadapi ataupun menyikapi aksi tindak terorisme tersebut. Arahan ini diberikan dengan tujuan agar anggota Gerakan Pramuka dapat menyikapi segala tindak terorisme dengan baik dan benar, serta tidak menambah rasa ketakutan bagi orang lain. Arahan-arahan tersebut diantaranya adalah :
8 Arahan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
1.      Anggota Gerakan Pramuka wajib untuk mendo’akan korban dan keluarganya serta seluruh aparat yang bertugas.
2.      Pramuka mengutuk keras setiap tindakan kekerasan dan sadis, pembunuhan maupun bunuh diri yang semua itu jelas bukan merupakan ajaran agama manapun.
3.      Anggota Gerakan Pramuka tidak menyebarkan foto, video ataupun konten akibat aksi biadab para teroris.
4.      Pramuka jangan pernah menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong (Hoax)
5.      Pramuka wajib mengecek segala informasi yang diterima baik dari internet maupun orang lain dan jangan asal menyebarkan.
6.      Pramuka melapor dan juga berkoordinasi dengan aparat serta tokoh setempat jika menemukan hal-hal yang terlihat mencurigakan
7.      Pramuka cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
8.      Pramuka wajib menjaga keutuhan NKRI dan juga kehormatan Gerakan Pramuka serta menjalankan 10 tugas Pramuka di media sosial


Itulah pesan ataupun arahan yang diberikan langsung oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, semoga arahan-arahan tersebut dapat kita laksanakan dengan baik ya, semoga artikel ini dapat bermanfaat pula untuk kalian yang sudah membacanya, jangan lupa di share ya! Cukup sekian, wassalamu’alaikum dan salam pramuka!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done