Program Beasiswa ASTRA (Kuliah D3) Untuk Pelajar Kelas 12

Program Beasiswa Astra Untuk Pelajar kelas 12
KakaKiky - Politeknik Manufaktur Astra tahun akademik 2018/2019 yang berada di Jakarta Utara, menawarkan Program Beasiswa ASTRA untuk kuliah D3. Polman Astra merupakan institusi pedidikan di bawah naungan PT. Astra Internasional Tbk.

Namun kampus ini tidaklah menyelenggarakan program ikatan dinas, akan tetapi kesempatan ikatan dinas tersebut dilakukan oleh anak perusahaan Grup Astra dan akan diinformasikan lebih lanjut. Lebih dari 60% lulusan Polman Astra diserap oleh industri di Grup Astra.

Bagi kamu yang saat ini menempuh pendidikan di kelas 12 SMA/SMK, tentu ini menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk melanjutkan pendidikanmu ke jenjang yang lebih tinggi.

Beasiswa ASTRA - Kuliah D3 di Polman Astra

1.        Program Beasiswa Prestasi

Beasiswa Prestasi diberikan kepada calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi PMB dan memiliki skor hasil seleksi yang terbaik di masing-masing program studi. Beasiswa yang diberikan berupa:
·           Bebas biaya perkuliahan selama 3 tahun.
·           Uang saku setiap bulannya kepada mahasiswa yang bersangkutan.
Setiap semester, Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap prestasi akademik tiap-tiap penerima beasiswa untuk menentukan apakah peserta masih layak untuk mendapatkan beasiswa.

2.        Program Beasiswa Peduli

Beasiswa Peduli diberikan kepada calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi PMB. Bentuk beasiswa yang diberikan maupun ketentuan-ketentuan terkait pemberian beasiswa sama dengan beasiswa prestasi yang ada di atas.

Daftar Pilihan Program Studi

Ada beberapa pilihan program studi yang dapat kamu pilih, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.     Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi
2.     Teknik Produksi dan Proses Manufaktur
3.     Manajemen Informatika
4.     Mesin Otomotif (Peminatan Kendaraan Ringan dan Peminatan Alat Berat)
5.     Mekatronika
6.     Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung
Karena Polman Astra sudah terakreditasi oleh BAN-PT, maka lulusan Polman Astra nantinya juga bisa melanjutkan pendidikannya ke universitas manapun, baik itu negeri maupun swasta, baik itu universitas yang ada di dalam negeri maupun luar negeri.

Persyaratan Program Beasiswa

Berikut adalah berbagai persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mengikuti Program Beasiswa ASTRA:
1.     Merupakan Warga Negara Republik Indonesia.
2.     Usia maksimal 19 tahun.
3.     Merupakan lulusan SMA/SMK tahun 2020, bisa dari berbagai jurusan (artinya peserta yang akan mendaftar saat ini sedang menempuh pendidikan di kelas 12).
4.     Sehat jasmani dan rohani. Tidak memiliki penyakit yang terkait dengan paru-paru, hati dan jantung serta tidak buta warna.
a)    Untuk program studi Mesin Otomotif (peminatan kendaraan ringan), peserta tidak memiliki masalah dengan indra pendengaran.
b)    Untuk program studi Mesin Otomotif (peminatan alat berat), peserta tidak memiliki masalah dengan indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimal 160 Cm.
5.     Nilai untuk mata pelajaran Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris adalah minimal 75 atau B pada semester I-IV (kelas X dan XI).
6.     Tidak sedang menerima atau akan menerima beasiswa dari pihak lain.

Dokumen yang dibutuhkan

Untuk mengikuti program beasiswa ini, kamu juga harus melengkapi beberapa berkas ataupun dokumen yang ada di bawah ini:
1.     Fotocopy akta kelahiran.
2.     Fotocopy kartu keluarga.
3.     Bukti penghasilan orangtua berupa slip gaji (surat keterangan penghasilan) ATAU surat keterangan tidak mampu yang bisa didapatkan dari pejabat yang berwenang (harus dibawa saat seleksi wawancara).
4.     Mengupload pas foto berwarna (bentuk portrait berpakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500 Kb.
5.     Dokumen rekening listrik bulan terakhir (harus dibawa pada saat seleksi wawancara).
6.     Dokumen surat keterangan aktif siswa tahun ajaran 2019/2020 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah (surat diterbitkan pada bulan Februari 2020 dan dibawa pada saat seleksi wawancara).

Tata Cara Pendaftaran

Untuk proses pendaftaran Program Beasiswa Astra, hanya dapat dilakukan secara ONLINE pada link website berikut ini: http://pmb.polman.astra.ac.id. Pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan pada tanggal 21 Januari 2020, dilanjutkan dengan tes tertulis antara tanggal 25 Januari 2020 - 8 Februari 2020. Pengumuman tes tertulis akan dilakukan pada tanggal 11 Februari 2020.

DEADLINE

Batas waktu pendaftaran adalah sampai dengan 15 JANUARI 2020.

Proses Seleksi Program Beasiswa

Ada beberapa tahapan seleksi yang harus dihadapi oleh para peserta, diantaranya adalah:
1.     Seleksi administratif
2.     Tes tertulis
3.     Wawancara
4.     Tes kesehatan

PENTING!!!

Polman ASTRA tidak memungut biaya apapun dalam proses seleksi PMB Program Beasiswa.

Kontak Penyelenggara

Segala macam pertanyaan tentang Program Beasiswa Astra, dapat ditanyakan melalui kontak berikut:
Sekretariat Polman Astra: 0813 8429 6901
Hotline: 0813 8429 6901
Alamat Kampus:
Komplek PT ASTRA International, Tbk
Gedung B, Jl. Gaya Motor Raya No. 8,
Sunter II – Jakarta Utara 14330

Nah sobat, itulah informasi mengenai program beasiswa ASTRA untuk pelajar kelas 12. Tunggu apalagi, ayo siapkan administrasi kamu dan ikuti serangkaian proses pendaftarannya, jangan sia-siakan kesempatan beasiswa ini. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari beasiswa di tahun 2019 dan 2020. Jangan lupa untuk share postingan ini ya, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!