Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting! Ini Tips memilih Mobil Keluarga Terbaik

cara memilih mobil keluarga terbaik
Tips memilih mobil keluarga terbaik

Anda sedang berencana membeli mobil untuk keluarga? Jika iya, pastikan memilih produknya dengan tepat dan dapatkan yang paling sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda dan salah satunya adalah mobil dari Suzuki.

Dalam hal ini, ada beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya dengan rincian sebagai berikut.

Pertimbangkan Fitur Keamanan

fitur keamanan mobil
Penggunaan Dual SRS airbag

Keamanan adalah pertimbangan penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih mobil untuk keluarga. Fitur keamanan sangat penting untuk menjamin keselamatan saat sedang berkendara. Disini, pastikan mobil yang Anda pilih dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System).

Tidak hanya itu, mobil yang Anda pilih juga harus mempunyai fitur EBD atau Electric Brake-force Distribution, serta fitur BA (Brake Assist). Akan lebih baik juga jika mobil tersebut mempunyai fitur anti guncangan.

Perhitungan Kapasitas Penumpangnya

perhatikan kapasitas penumpang
Perhitungan kapasitas penumpang

Mobil keluarga, tentunya akan digunakan untuk membawa banyak penumpang, jadi jumlah seat atau tempat duduk, sudah pasti menjadi bahan pertimbangan penting dalam memilih mobil. Disini, mobil harus bisa menampung semua anggota keluarga.

Mobil dengan empat kursi misalnya, cocok untuk digunakan pada keluarga dengan yang memiliki anak kurang dari atau maksimal dua. Sedangkan mobil dengan tujuh tempat duduk cocok untuk keluarga yang memiliki lebih dari dua anak. Anda juga harus mempertimbangkan tempat duduk tambahan.

Pastikan Performa Mesin dan Efisiensi Bahan Bakarnya

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah konsumsi bahan bakar. Jangan sampai mobil keluarga yang Anda pilih penggunaan bahan bakarnya boros. Efisiensi penggunaan bahan bakar sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil.

Mobil ini tentunya akan sering Anda gunakan bersama keluarga, jadi jika penggunaan bahan bakar tidak efisien, biaya yang Anda keluarkan tentunya akan semakin bertambah. Terlebih lagi jika keluarga Anda mempunyai mobilitas yang cukup tinggi.

Tentukan Kapasitas Mesin Mobil

Tidak hanya masalah bahan bakar, Anda juga harus memperhatikan mengenai kapasitas mesin mobil. Kapasitas ini biasanya dinyatakan dengan besaran volume silinder piston, seperti 1.000 cc atau 1.300 cc. Jika kapasitasnya semakin besar, tentu tenaga yang dihasilkan juga semakin besar.

Hal ini sangat patut jadi pertimbangan jika mobil yang Anda gunakan sering digunakan pada medan yang cukup sulit. Tentunya medan tersebut juga membutuhkan kapasitas mesin yang cukup besar.

Perhatikan Kenyamanan Tempat Duduk Penumpang

Saat mobil menempuh perjalanan jauh, tentunya kenyamanan penumpang juga harus diperhatikan. Anda harus memperhatikan kenyamanan tempat duduk penumpang dalam membeli mobil, supaya keluarga bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.

Kenyamanan ini bisa ditentukan oleh material tempat duduk yang berkualitas pada mobil serta desainnya. Posisi dan fitur tambahan pada tempat duduk juga bisa menjadi pertimbangan tambahan.

Pertimbangkan Sistem Transmisi

Mobil pada dasarnya mempunyai dua sistem transmisi, yaitu otomatis dan manual. Mobil-mobil matic sudah banyak beredar di Indonesia, dan mobil ini mempunyai kelebihan pengoperasian yang jauh lebih mudah. Sayangnya, mobil ini biaya perawatannya cukup mahal jika dibandingkan mobil manual.

Mobil manual adalah mobil yang perpindahan giginya dilakukan secara manual. Jika Anda membeli mobil manual, pastikan mobil tersebut mempunyai akselerasi yang nyaman serta halus saat perpindahan gigi dilakukan.

Hal tersebut akan membuat penumpang merasa nyaman, dan tidak terganggu dengan guncangan saat perpindahan gigi. Mobil ini memang lebih sulit dioperasikan dibanding dengan mobil matic, namun membutuhkan biaya perawatan yang lebih murah serta proses perawatannya lebih mudah.

Pilih Mobil dengan Desain Elegan

memilih mobil dengan desain elegan
Mobil dengan desain elegan

Desain interior, juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih mobil. Desain ini bisa Anda sesuaikan dengan kriteria yang diinginkan keluarga, untuk meningkatkan kenyamanan. Hal yang bisa Anda pertimbangkan salah satunya adalah luas mobil.

Pilih juga desain tempat duduk, serta interior lainnya yang memberikan kesan elegan. Dengan demikian, mobil keluarga Anda akan terkesan berkelas dan nyaman dikendarai.

Pertimbangkan Ketersediaan Layanan Purna Jual

Layanan purna jual merupakan jasa yang ditawarkan pada konsumen, ketika Anda melakukan transaksi pembelian mobil. Layanan ini akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam menemukan suku cadang yang asli, servis resmi, serta klaim garansi.

Mobil dengan merk tertentu umumnya mempunyai tempat-tempat yang menerima layanan purna jual dan terdapat di berbagai kota.

Layanan ini juga akan memudahkan Anda jika Anda ingin menjual mobil keluarga Anda dengan alasan tertentu. Karena itulah, ketersediaannya perlu dipertimbangkan.

15 komentar untuk "Penting! Ini Tips memilih Mobil Keluarga Terbaik"

  1. Namanya mobil keluarga ya, Kak jadi memang segala hal perlu diperhatikan. Selain performa mobilnya, jumlah anggota keluarga juga perlu diperhatikan. Jadi besar kecilnya mobil, sesuai dengan kebutuhan. Biar seru pas jalan-jalannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, kapasitas seatter untuk mobil keluarga itu sangat perlu diperhatikan. Semakin luas kapasitasnya semakin nyaman berpergian bersama keluarga tercinta.

      Hapus
  2. Mobil adalah kebutuhan bukan barang pajangan jadi memang harus memperhatikan banyak hal

    Mau beli mobil tentunya harus diperhatikan budgetnya juga

    BalasHapus
  3. Bener kak, bukan cuma design aja tapi kenyamanan tempat duduk juga penting banget dalam memilih mobil keluarga. Kadang kalau mau pergi rame-rame dan kebagian duduk di belakang, pasti sering ngeluh kalo tempat duduknya ga nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi oleh karena itu kita harus memilih mobil keluarga dengan Seatter penumpang yang luas ^_^

      Hapus
  4. Mobil matic karena lebih mudah dan nyaman dikendarai termasuk incaran beberapa orang sebagai kendaraan pertama. Rasanya cukup berbanding lurus dengan perawatannya yang lebih butuh banyak perhatian dibandingkan mobil manual.

    BalasHapus
  5. Nah, salah satu pertimbangan yang harus dipikirkan untuk mobil keluarga ya itu, kapasitas penumpang. Apalagi kalau keluarga besar, pasti butuhnya SUV, bukan sedan apalagi mobil sport 😜

    BalasHapus
  6. Kadang layanan purna jual ini yang terlupakan. Milihnya asal murah, besar kapasitas nya, udah deh. Padahal penting ya layanan paska nya tadi. Noted banget diingatkan

    BalasHapus
  7. Ada siiih rencana beli mobil, tapi mobil yang bisa dibawa untuk road trip keliling Indonesia gitu Oke deh tak intipin dulu, siapa tau punya rejeki dan berjodoh dengan salah satu mobil keluaran Suzuki ini. Amiin

    BalasHapus
  8. Yang nggak kalah penting, kesesuaian dengan budget juga ya. Kalaupun belinya nyicil, masih bisa bayar cicilan dengan ringan dan bahagia 😀😀

    BalasHapus
  9. ini ERTIGA keluaran terbaru ya Kak? Makin kereen ya, luas juga itu ya dalamnya, jadi lebih banyak yang bisa ikut jalan-jalan nih, interiornya jugaa makin kece ya.

    BalasHapus
  10. kalau untuk keluarga memang harus memilih yang lega dan nyaman untuk bepergian jauh, supaya kalau kemana mana jadi lebih nyaman. Performa mesinnya kece banget ya kak, ini beneran pilihan terbaik

    BalasHapus
  11. Layanan purna jual nih yg penting banget. Suka ditelpon ngingetin kapan harus servis, spare parts juga mudah. Terus kalau mau jual lagi juga gampang sih...Bisa dpt info tuker tambah juga...

    BalasHapus
  12. Bermanfaat banget nih buat yang lagi nyari mobil. Saya sendiri mengincar mobil keluarga, tetapi saat ini masih nyari rumah dulu, mudah-mudahan tahun ini bisa punya rumah sendiri. Amin

    BalasHapus

Berlangganan via Email