Pengertian dan Cara Membuat Simpul Tambat [+Video]

Cara membuat simpul tambat
KakaKiky - Simpul tambat merupakan salah satu simpul yang wajib di ketahui oleh setiap anggota Gerakan Pramuka. Walaupun simpul yang satu ini tidak termasuk ke dalam salah satu materi dalam ujian SKU, kalian tetap harus mempelajarinya, karena simpul tambat ini memiliki cukup banyak fungsi dan manfaat. Berikut penjelasan tentang simpul tambat dan cara membuatnya dengan mudah.

Pengertian Simpul Tambat

Apa yang dimaksud dengan simpul tambat? Simpul tambat adalah sebuah simpul yang biasa digunakan untuk memulai suatu ikatan dan menyeret atau menarik sebuah balok. Dalam bahasa Inggris, simpul tambat dikenal dengan nama timber hitch. Simpul ini merupakan simpul yang sangat sederhana dalam tali temali.

Cara Membuat Simpul Tambat

Berikut adalah tata cara membuat simpul tambat yang bisa kamu praktekan dengan mudah:
  • Belitkan tali pada sebuah benda yang henda di simpulkan, misalkan sebuah batang kayu.
  • Putar ujung tali tersebut hingga membentuk sosok (mata tali) pada badan tali.
  • Belitkan lagu ujung tali melingkari badan tali yang nantinya bersentuhan dengan bayang kayu.
  • Belitkan seperti pada langkah ke-3 hingga beberapa kali (kamu bisa menyesuaikan banyaknya lilitan dengan besarnya batang kayu).
  • Tarik badan tali dan dorong sosok (mata tali) hingga erat dengan batang kayu.
  • Selamat kamu berhasil membuat sebuah simpul tambat.

Video Cara Membuat Simpul Tambat

Iya, iky tahu kok kalau memahami tutorial melalui teks itu sedikit lebih rumit daripada melihat langsung tutorialnya berupa video. Oleh karena itu, berikut ini iky sediakan pula tutorial membuat simpul tambat dalam bentuk video:


Nah sobat, bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat sebuah simpul tambat? Jangan lupa ya untuk share postingan ini kepada sobat-sobat Pramukamu yang lainnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kepramukaan kamu. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Cara Membuat Simpul Tambat [+Video]"