Pengertian dan Cara Membuat Simpul Jangkar [+Video]

Cara Membuat Simpul Jangkar (Cow Hitch)
KakaKiky - Membuat simpul jangkar (Cow Hitch) merupakan salah satu teknik kepramukaan dalam bidang tali temali yang mendasar. Sama halnya dengan simpul hidup, simpul mati, simpul pangkal, simpul anyam dan simpul lainnya, simpul jangkar juga sering digunakan dalam kegiatan tali temali di Pramuka. Nah pada kesempatan kali ini iky akan mencoba untuk membahas tentang pengertian dan bagaimana cara membuat simpul jangkar dengan baik dan benar.

Pengertian Simpul Jangkar

Apa yang dimaksud dengan simpul jangkar? Simpul jangkar adalah sebuah simpul yang digunakan untuk menautkan tali pada benda lain dengan cepat, mengikat jangkar, dan membuat usungan darurat atau tandu bersama dengan simpul pangkal dan ikatan palang. Dalam bahasa Inggris simpul jangkar lebih dikenal dengan sebutan Cow Hitch.

Cara Membuat Simpul jangkar

Cara membuat simpul jangkar
Untuk membuat sebuah simpul jangkar sebenarnya tidak sulit, asalkan kita mengerti tata caranya pasti kita dengan mudah bisa membuatnya. Berikut adalah tata cara membuat simpul jangkar (Cow Hitch):
  1. Lingkarkanlah ujung tali pada benda yang ingin disimpul dari sebelah bawah benda.
  2. Lintaskan ujung tali di belakang badan tali
  3. Lingkarkan ujung tali sekali lagi pada bendak yang disimpul dari sebelah atas benda
  4. Selanjutnya, selipkan ujung tali sehingga sama dan sejajar dengan badan tali
  5. Tarik kedua ujung tali sehingga simpul tersebut mengencang

Video Cara Membuat Simpul Jangkar

Apakah tutorial membuat simpul jangkar dengan teks di atas terlalu sulit untuk dipahami? Tenang saja kak, karena iky juga sudah menyediakan sebuah video cara membuat simpul jangkar dengan mudah. Berikut video selengkapnya:


Nah sobat, itulah cara pengertian dari simpul jangkar (Cow Hitch) dan cara membuatnya lengkap dengan video tutorial. Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua yang sedang belajar tali temali dalam Pramuka. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!