Pengertian Dan Cara Membuat Ikatan Kaki Tiga [+Video]

cara membuat ikatan kaki tiga untuk menara pandang
Cara membuat ikatan kaki tiga

KakaKiky - Menguasai pembuatan ikatan kaki tiga (tripod lashing) merupakan salah satu teknik kepramukaan dalam bidang tali temali yang mendasar dan wajib dipelajari oleh anggota Gerakan Pramuka. Sama halnya dengan ikatan palang, ikatan silang, dan ikatan canggah, ikatan kaki tiga juga sering digunakan dalam kegiatan tali temali di Pramuka.

Apa itu ikatan kaki tiga?

Bagi kamu yang suka membuat konten atau berfoto pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tripod. Tripod sendiri merupakan salah satu ikatan yang ada di dalam Gerakan Pramuka.

Ikatan kaki tiga atau tripod lashing adalah ikatan yang digunakan untuk menggabungkan tiga buah kayu atau tongkat dengan posisi yang saling tegak lurus dan membentuk kaki tiga. Ikatan ini biasanya digunakan untuk membuat menara pandang.

Cara membuat ikatan kaki tiga

Untuk membuat ikatan kaki tiga adalah suatu perkara yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun, bagi kamu yang belum menguasainya, berikut adalah cara termudah untuk membuat ikatan kaki tiga yang bisa kamu praktekkan.

cara membuat ikatan kaki tiga untuk menara pandang
Langkah-langkah membuat ikatan kaki tiga

  1. Susun tiga buah tongkat secara sejajar
  2. Buatlah simpul pangkal pada salah satu tongkat (boleh kiri atau kanan)
  3. Belitkan tali hingga membentuk anyaman pada ketiga tongkat
  4. Belitkanlah tali secara menyilang mengikat anyaman antara tongkat pertama dan tongkat kedua.
  5. Lakukan juga hal yang serupa pada tongkat kedua dan ketiga
  6. Buat simpul anyam di tongkat terluar yang berbeda tongkat dengan simpul anyam pertama.

Video cara membuat ikatan kaki tiga

Jika kamu sulit memahami cara membuat ikatan kaki tiga berdasarkan langkah-langkah di atas, kamu bisa menonton video di bawah ini, dijamin membuat ikatan kaki tiga akan kamu kuasai dengan mudah.

Nah sobat, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian ikatan kaki tiga, fungsi dan kegunaan ikatan kaki tiga, serta video cara membuat ikatan kaki tiga. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!