Rekomendasi CCTV Yang Bisa Dipantau Dengan Smartphone

rekomendasi cctv yang bisa dipantau lewat smartphone
Sumber: https://www.pexels.com/photo/a-white-cctv-7364948/

Banyak orang memasang kamera CCTV di rumah dengan tujuan pengawasan keamanan atau pencegahan terjadinya aksi kejahatan. Lantas bagaimana cara melakukan pengawasan, jika Anda sedang berada jauh dari rumah?

Teknologi masa kini semakin canggih hingga mampu menghasilkan bermacam perangkat untuk memudahkan kehidupan manusia. Contohnya saja, AI camera CCTV yang bisa digunakan untuk memantau keadaan rumah, anak, dan pekerja melalui smartphone.

Perkembangan teknologi khususnya di bidang perangkat keamanan berupa kamera CCTV memberi dampak baik yang sangat menguntungkan. Keamanan lingkungan terpantau akurat di setiap area yang menggunakan kamera pengawas.

Jika terjadi tindak kejahatan atau hal-hal yang tidak diinginkan, maka petugas keamanan bisa langsung merespon kejadian dan lebih cepat tiba di lokasi kejadian. Namun begitu, keamanan yang Anda dapatkan ditukar dengan aktivitas privasi yang terpantau oleh sistem keamanan tersebut.

Rekomendasi AI Camera CCTV yang Dapat Dipantau Melalui Smartphone

Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang diaplikasikan ke berbagai perangkat teknologi. Pada perangkat CCTV yang menggunakan teknologi AI, kamera mampu mengenali wajah secara mendetail.

Tidak hanya itu saja, kecerdasan buatan ini juga mampu membedakan jenis kendaraan beserta plat nomornya, menganalisa objek samar dan bergerak, mengumpulkan data jumlah manusia pada kondisi keramaian sekaligus pergerakannya, serta mampu mendeteksi dan menganalisa suhu tubuh manusia.

Lebih jauh lagi, kecerdasan buatan pada kamera pengawas dapat terhubung dengan smartphone agar Anda bisa memantau meski sedang berada jauh dari lokasi kejadian. Berikut ini jenis kamera CCTV yang menggunakan kecerdasan buatan dan dapat dipantau melalui smartphone.

1. IP Camera

Jenis CCTV Internet Protocol (IP) merupakan AI camera pengawas yang umum digunakan di rumah tinggal atau apartemen.

Terdapat dua tipe IP camera, yaitu desentralisasi dengan fitur perekam built-in sehingga tidak membutuhkan pusat NVR (Network Video Recorder) lagi. NVR merupakan perangkat distribusi video melalui jaringan internet.

Tipe kedua adalah IP camera terpusat yang menggunakan pusat NVR untuk merekam kejadian dan manajemen alarm peringatan. Jenis kamera CCTV ini hemat biaya dan menggunakan jaringan internet untuk pengoperasiannya, sehingga sangat mudah untuk dihubungkan dengan smartphone Anda.

2. PTZ Camera

Pan Tilt Zoom (PTZ) Camera berarti kamera bisa bergerak ke kiri dan kanan, atas dan bawah. Fungsi lainnya adalah kemampuan zoom atau memperbesar objek dalam tangkapan gambar beberapa kali lipat.

Pada pemanfaatan kecerdasan buatan, kamera CCTV harus mampu menganalisa wajah manusia dan membedakannya secara mendetail dan jelas. Pastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet dan koneksi dalam keadaan stabil.

3. Wireless Camera

Jenis ini merupakan gabungan teknologi IP camera dengan Wi-Fi atau PTZ camera dengan Wi-Fi. perangkat kamera CCTV ini terdapat pada jenis outdoor maupun indoor.

Anda bisa menghubungkan CCTV dengan teknologi AI camera ke smartphone dengan metode Cloud Access P2P. Langkah pertama, Anda harus mengaktifkan fitur Cloud Access P2P yang terhubung dengan internet sesuai perangkat CCTV yang Anda gunakan.

Selanjutnya masuk ke menu DVR dan memilih opsi “platform access” pada tombol “network”. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi VMS/CMS dari merek CCTV yang digunakan, karena akan diminta kode verifikasi dan konfirmasi untuk masuk ke aplikasi tersebut.

Tunggu beberapa saat sampai status registrasi akan berubah menjadi “online”, umumnya hanya memakan waktu 1 atau 2 menit. Setelahnya Anda bisa masuk ke menu “device management”, masuk ke menu “Add new Device type”, klik “OK” pada pilihan perangkat CCTV yang dimiliki.

Selanjutnya Anda bisa memilih “add Device” dan memasukkan nomor seri DVR. masukkan kode konfirmasi hingga muncul daftar device dengan nomor seri yang telah diisi. Terakhir, Anda harus mengunduh aplikasi CCTV di smartphone dan menambahkan device CCTV yang terdaftar untuk melihat tampilan rekaman CCTV secara langsung melalui smartphone.

Meski cara menghubungkan CCTV ke smartphone cukup rumit, namun artificial intelligence adalah teknologi canggih yang sanggup meminimalisir upaya peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Setelah CCTV dan smartphone terhubung, maka Anda juga dapat mengatur konfigurasi kamera pengawas seperti frekuensi, deteksi gerakan, alarm, dan lainnya pada smartphone. Dengan begitu, pantauan keamanan menjadi lebih mudah dan bisa diakses meski Anda berada jauh dari lokasi.

Hikvision ColorVu CCTV yang Dapat Dipantau Melalui Smartphone

hikvision colorvu cctv yang bisa dipantau lewat hp
Sumber: https://www.pexels.com/photo/a-close-up-shot-of-a-security-camera-7635126/

Kamera pengawas yang canggih dan mutakhir semakin dibutuhkan. Berpadu dengan teknologi kecerdasan AI camera pada CCTV seperti pada Hikvision ColorVu menghasilkan keunggulan produk yang sangat diminati masyarakat saat ini. Bukan hanya kemampuan mendeteksi wajah saja, tetapi juga banyak keunggulan lain yang bisa dimanfaatkan untuk sistem keamanan menyeluruh. Berikut ini keunggulan yang bisa Anda dapatkan:

  • Resolusi hingga 4K dengan kualitas gambar yang cerah, jelas, dan tajam
  • Momen terekam dalam warna sesungguhnya
  • Hasil kamera zoom terbaik yang dirancang dengan aperture besar F1.0
  • Teknologi cerdas dan mutakhir

Teknologi AI camera CCTV yang terhubung dengan smartphone merupakan kebutuhan utama di zaman digital sekarang ini. Kebutuhan ini yang menjadi alasan kuat Hikvision ColorVu layak menjadi kamera pengawas terbaik untuk digunakan pada sistem keamanan di rumah atau kantor.

Anda bisa menghubungkannya dengan mudah ke smartphone untuk memantau keadaan secara langsung. Keamanan dan kenyamanan dalam kendali Anda berkat teknologi kecerdasan buatan yang terus berkembang pesat dan memudahkan kehidupan di zaman digital sekarang ini.

Untuk penjelasan detail terkait produk Hikvision ColorVu, Anda bisa mengeceknya di sini.