Sayang Anak, Ini 7 Tips Membuat Ruang Belajar yang Nyaman

cara membuat ruang belajar jadi lebih nyaman
Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/ti4kGLkGgmU

KakaKiky - Setiap anak berhak untuk belajar di tempat yang mendukung. Jadi, anak bisa menyerap ilmu dengan lebih baik. Kamu pun bisa mewujudkan hal tersebut dengan membuat ruang belajar yang nyaman bersama KTA atau kredit tanpa agunan.

Dalam membuat ruang belajar tersebut, kamu bisa mempertimbangkan berbagai tips agar anak bisa belajar dengan tenang di ruang tersebut. Berikut ulasan selengkapnya:

Tips Membuat Ruang Belajar Nyaman dengan Kredit tanpa Agunan

Mengutip buku Strategi Belajar Inovatif, Muhammad Minan Chusni, dkk (2021: 8), belajar adalah kegiatan berupa interaksi individu dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan tingkah laku.

Perubahan tingkah laku ini hanya bisa diperoleh jika anak dapat menyerap ilmu dengan baik. Itulah mengapa ruang belajar yang mendukung proses tersebut diperlukan. Berikut tips membuatnya:

1. Memisah Ruang Belajar dengan Ruang Lainnya

Banyak orang tua meletakkan meja belajar di kamar tidur anak. Namun sebenarnya hal ini berdampak negatif karena anak akan cenderung malas dan memilih untuk rebahan di atas tempat tidur.

Selain itu, ada juga orang tua yang menyatukan ruang belajar dan tempat bermain. Hal ini juga beresiko membuat anak lebih memilih untuk bermain daripada belajar.

Itulah kenapa hal yang perlu kamu lakukan untuk pertama kali adalah memisah ruang belajar dengan ruang lainnya. Carilah kamar kosong atau bangun dinding pemisah untuk membuat ruangan tersebut.

Selain itu jika anak mempunyai ruang belajar yang terpisah, maka ia memiliki mindset untuk siap belajar setiap memasukinya. Namun usahakan juga agar ruangan tersebut tak terlalu bising sehingga tidak mengganggu konsentrasi anak.

2. Atur Pencahayaan

Pencahayaan merupakan hal yang penting di ruang belajar anak. Cahaya yang dimaksud di sini bukan hanya lampu saja, namun juga cahaya Matahari. Jadi, anak bisa memperoleh cahaya alami saat belajar di siang hari.

Maka dari itu, aturlah agar ruang belajar anak memiliki jendela yang cukup sehingga di siang hari, ruang belajar tersebut bisa terlihat terang tanpa lampu. Sediakan juga blind curtain agar anak bisa menutupnya jika terlalu panas.

Selain itu, tentu kamu harus menyediakan lampu dengan sinar yang memadai untuk membantu anak belajar di malam hari. Kamu bisa memilih lampu ruangan dan lampu belajar agar anak memperoleh pencahayaan yang cukup.

3. Atur Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara juga penting untuk membuat ruang belajar yang nyaman. Oleh sebab itu, buatlah ventilasi dan jendela yang bisa dibuka agar udara segar bisa keluar masuk ke ruangan.

Memang AC banyak digunakan terutama oleh orang-orang yang tinggal di tempat panas. Namun usahakan sebisa mungkin agar anak tetap mempunyai ruang belajar yang sejuk meskipun tanpa AC untuk meminimalisir penggunaannya. Hal ini juga bisa membantumu untuk lebih hemat listrik.

4. Pilih Desain yang Tepat

Saat ini ada banyak desain ruang belajar yang bisa kamu dapatkan di internet maupun sumber lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua desain cocok untuk ruang belajar dan rumahmu.

Oleh sebab itu, kamu perlu memilih desain mana yang tepat untuk ruang belajar anak. Jika diperlukan, kamu bisa meminta bantuan arsitek profesional untuk mendesainnya.

Jangan lupa juga untuk mendiskusikan desain ini dengan anak. Hal ini disebabkan bagaimanapun juga, dialah yang akan menggunakan ruang tersebut.

5. Pertimbangkan Cat yang Menarik dan Aman

Pemilihan cat juga merupakan hal yang penting saat kamu membuat ruang belajar dengan kredit tanpa agunan. Warna cat yang menarik tentu akan membuat anak semakin semangat untuk belajar.

Selain itu, cobalah untuk mengajak anak agar dia bisa memilih warna cat sesuai seleranya. Namun jangan lupa juga untuk memilih cat yang aman seperti bebas bahan kimia berbahaya.

cat yang menarik dan aman untuk ruang belajar anak
Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/qr4d407hSjo

6. Pilih Dekorasi

Supaya ruang belajar anak bisa semakin nyaman dan tampak lebih menarik, kamu bisa menambah dekorasi di dindingnya. Sesuaikan dengan hal yang disukai anak seperti tokoh pahlawan super dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menambah berbagai tanaman di sudut ruangan. Dengan demikian, ruangan belajar bisa tampak lebih hijau dan asri. Tanaman juga bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas anak.

Namun perhatikan agar tidak menambah terlalu banyak dekorasi. Hal ini hanya akan membuat perhatian anak buyar hingga tidak fokus belajar akibat dekorasi-dekorasi tersebut.

7. Perhatikan Peralatan

Pilih peralatan yang nyaman dan ergonomis bagi anak. Misalnya meja belajar, tempat duduk dan lain sebagainya. Sediakan juga rak buku yang memuat berbagai buku pelajaran hingga buku edukasi bagi anak-anak.

Selain itu, pertimbangkan berbagai peralatan lain sesuai dengan umurnya. Misalnya jika anak sudah duduk di jenjang SMP, maka kamu bisa mulai memberikan komputer atau laptop di ruang belajarnya. Namun jika masih TK, mungkin kamu hanya membutuhkan pensil warna dan crayon saja.

Kamu juga bisa menambah rak penyimpanan yang berisi berbagai peralatan anak. Cukup sediakan satu rak saja agar anak tidak kebingungan saat mencari peralatannya.

Kalau kamu memerlukan tempat tambahan, maka kamu bisa menambah wadah-wadah untuk menyimpan peralatan dan diletakkan di satu titik dekat dengan rak tersebut.

Berbagai tips membuat ruang belajar anak yang nyaman di atas bisa kamu wujudkan dengan menggunakan KTA. Lantas, apa itu kredit tanpa agunan atau KTA?

KTA merupakan kredit yang bisa diajukan tanpa perlu jaminan apapun. Salah satu yang paling recommended adalah digibank KTA. Limit kreditnya sampai Rp 200 juta.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Klik di sini untuk informasi lengkap terkait kredit tanpa agunan digibank KTA.