Diary 01 | Rover Week Aceh Utara Tahun 2015 - This is My Story! - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

6/12/2016

Diary 01 | Rover Week Aceh Utara Tahun 2015 - This is My Story!


Rover Week Aceh Utara Tahun 2015
This is My Story! Rover Week Aceh Utara Tahun 2015

Hari demi hari kami latihan, walau panas terik matahari kami tak perduli, tujuan kami hanya satu, yaitu gugus depan SMAN 1 Syamtalira Aron harus juara 1 umum di ajang perlombaan Rover week Aceh Utara Tahun 2015. Persiapan demi persiapan pun kami lakukan, agar dapat mengikuti perlombaan dengan maksimal.


          Dan tibalah dimana hari perlombaan itu akan dimulai, tanggal 10 Agustus tahun 2015. Setelah selesai kemas kemas, kami yang berjumlah 10 PA dan 10 PI serta 2 pembina (1 laki laki 1 perempuan), berangkat ke bumi perkemahan PT.PIM Lhokseumawe. Kami berangkat menggunakan bus yang telah disewa oleh pihak sekolah.

Sesampainya di tujuan saya dan kakak Pembina pun melakukan registrasi (Pendaftaran) ulang, lalu kami diberikan nomor kapling. Setelah selesai registrasi kami tidak mau berlama lama lagi kami langsung bersiap siap untuk mendirikan tenda. Siang hari itu sangat lah panas bahkan ada beberapa anggota pramuka cewek yang jatuh pingsan eiiittsss itu bukan anggota kami ya anggota kami kan kuat kuat hehehe..

Walaupun siang itu sangat panas saya dan teman teman tetap bersemangat untuk mendirikan tenda agar sesuai dengan camp standar. Akhirnya tenda pun selesai didirikan, akan tetapi firasat saya mengatakan bahwa tenda yang didirikan tersebut masih sangat kurang dari kata layak teman, mulai dari tenda yang letoi, ikatan yang tidak tepat, dan juga kurang kerapiannya.

Setelah itu kami pun beristirahat sejenak untuk melepas kelelahan. Kemudia tiba-tiba Pembina kami datang dan dia langsung kaget melihat tenda yang begitu buruk kondisinya, tanpa basa basi Pembina kami langsung mengobrak abrik tenda kami teman! Lalu dia pun ngomong kayak gini “Kalian itu sebenarnya kesini mau apa!? Mau main main? Klo mau main main dirumah aja gausah ikut lomba kesini! Coba kalian lihat ini tenda atau kandang ayam? Kek nya masih lebih bagus tenda ayam!” begitu kurang lebih kata kata dari kakak Pembina yang saya ingat… waktu itu saya jadi takut kawan muka kakak itu serem banget hiiiiii…

Dan kami pun akhirnya disuruh berbaris membentuk 1 saf, oh iya teman kami ini kelompok laki laki kalau yang perempuan saya kurang tau waktu itu nasib mereka kaya gimana hehehe…
Setelah membentuk 1 bersaf tiba tiba…… Syiiiuuuutttt Buuuggg!!!! “Aahkkk!!!” tiba tiba teman kami berderu kesakitan dannn bug bug bug kami semua kena tinju dari kakak Pembina. Rasa sakitnya sih gaseberapa dengan rasa malu yang harus ditanggung soalnya disitu juga banyak anak anak pramuka yang lainnya, untung yang liat anak laki laki coba kalau perempuan… mau dikemanain muka kakak yang ganteng ini? Hehehehe…

Lalu kak Pembina pun ngomong lagi “Pokoknya kakak gamau tahu! Tenda harus selesai malam ini juga kalau enggak kalian liat aja nanti!” kemudian kakak itu pun pergi entah kemana. Kami pun berlari kocar kacir untuk membetulkan tenda yang sudah dirubuhkan oleh sang Malaikat Maut!

Tidak lama kemudian tiba tiba turun hujan yang cukup deras, walaupun begitu kami tetap bersemangat untuk membetulkan tenda karena kami kan mau jadi juara umum hehehe. Rasa lelah? Capek? Itu semua tidak ada karena kami melakukannya secara bersama sama.

Akhirnya sekian lama otak sana otik sini jadilah tenda kami seperti istana yang dibangun untuk roro jonggrang! Langsung jadi dalam waktu satu malam… hihihihi. Selepas itu kami pun menyiapkan makan malam, dan pada saat itu jam sudah menunjukkan pukul 11.30 malam, selesai makan malam kami pun beristirahat karena esok upacara pembukaan dan juga perlombaannya akan dimulai.

Malam itu… aku tidur dengan sangat  nyenyak sobat meskipun banyak nyamuk yang mondar mandir isi bensin. Sampai tiba tiba kakak senior membangunkan aku “Kiiii bangun kiiii!!! Cepet woi bangun!!! Tenda ambruk nih!!!” Bentak bentak si kakak senior, dan aku pun bergegas untuk bangun sobat, dan setelah keluar dari tenda aku terkejut melihat keadaan sekeliling, banyak sekali tenda yang ambruk bukan hanya tenda kami saja… hal itu disebabkan oleh tiupan angin yang sangat kencang dan juga hujan yang sangat deras!! Huffftttt apes yaaa waktu siang panasnya minta ampun waktu malem hujan badai… hmmm…

Dan kami pun mengungsi ke posko terdekat, kami pun diarahkan ke tempat yang aman, dan kami pun kembali melanjutkan tidur dan mimpi yang indah..

Keesokan harinya kami kembali dibangunkan senior tapi kali ini bukan karena tenda yang rubuh ya sobat, kali ini kami dibangunkan untuk sholat shubuh berjama’ah, selesai sholat shubuh kami lanjut sarapan dan mengikuti acara pembukaan Rover Week Aceh Utara tahun 2015. Acara ini dibuka oleh bapak bupati aceh utara langsung. Acara ini juga dihadiri oleh kakak kakak dari DKD (Dewan Kerja Daerah) Aceh.

Selesai acara pembukaan, kami pun bergegas mengikuti acara lomba yang sudah dibagi dan ditentukan oleh pembina kami, sesuai dengan skill dan kemampuan yang dimiliki oleh masing masing individu sobat.

Saya sendiri memegang beberapa mata perlombaan sobat seperti Danton di LKBB, Ranking 1, Penjelajahan, TTG (Teknologi Tepat Guna kebetulan kami kemarin buat Wajan Bolic sobat), dan yang terakhir adalah mata perlombaan paling bergengsi yaitu Rover and Ranger (Mata perlombaan ini sama seperti pemilihan miss world ataupun miss indonesia sobat, Cieeee elah sombong bet sih hihihihihi)

Nah lomba demi lomba pun telah kami ikuti sobat dan semua itu kami lakukan dengan sangat baik. Tapi perlombaan yang paling berkesan buat saya ya itu tadi Rover And Ranger, perlombaan yang satu ini bukan sembarang mata lomba sobat, diperlukan mental dan semangat juang yang tinggi disini sobat. Nah lomba ini sendiri terdiri dari 3 buah stage dan hari nya beda beda

Stage 1 (Hari pertama) > Ujian tertulis, nah disini saya datangnya telat 15 menit sobat, eiiitss bukan karena engga disiplin ya tetapi aku telat karena harus jadi danton dulu di lomba lkbb.. nah dalam ujian ini sendiri terdiri dari 15 soal.

Oh iya sobat pramuka, disini saya dapet nomor undian 18 dan secara tidak langsung itu membuat saya jadi baper sobat loh kok bisa? Ya iyalah sobat bayangin aja tanggal jadian saya itu tanggal 18 dan saya putus juga tanggal 18 :(  dan semoga mantan saya enggak baca cerita ini ya sobat hehehe, tapi saya saranin buat sobat semua jangan pacaran dulu deh saya juga sekarang engga pacaran lagi kok, kan dalam agama itu dilarang, hihihihihi.

Nah pada waktu sore harinya langsung di umumin nih siapa aja yang lolos ke stage kedua dan alhamdulillah ternyata kakak yang ganteng cihuy ini lolos. Yeesss!

Stage 2 > Nah di stage 2 ini adalah bagian dari wawancara sobat, jadi disini sobat bakal ditanya tanyain nih sama kakak jurinya, udah kakak jurinya cantik cantik lagi buat baper aja hehehehe

Rover Week Aceh Utara Tahun 2015
Ini waktu kakak di wawancara :D

 nah saya sendiri disini selain ditanya ini ditanya itu saya juga disuruh jadi pewawancara, disuruh jadi pembawa berita disuruh jadi pembawa radio bahkan saya disuruh buat godain kakak juri sampek dia malu malu sendiri tuh kan buat baper lagi.

Rover Week Aceh Utara Tahun 2015
Ini adalah peserta yang lolos stage 2 (wawancara) dan berhak menuju ke final mimin yang paling ujung sebelah kanan tuh hihihihihi :D
Seingat saya waktu itu saya godainnya begini nih.. “kakak? (Sambil colek colek sikit :D ) kakak tau gak perbedaan kakak sama rembulan?”
“Engga dik…”
“Kalau rembulan itu bersinarnya di langit, kalau kakak bersinarnya itu di hati aku.. (Cihuyyyyy strike! Hahahah waktu itu aku geli sendiri sobat!)”
Dan kakak itupun tersipu malu.

Nah sobat selesai semua diwawancarain ( 5 putra dan 5 putri) pengumuman pun langsung dibacakan, dan alhamdulillah saya pun bisa lolos ke babak final! Cihuyyyyyy!
Pada babak final ini kita diberikan 1 orang pasangan kebetulan saya diberikan pasangan yang imut imut gimana gitu, namanya "Halvi" dari SMAN 1 Matangkuli.

Di babak final ini kita disuruh berpidato dan memaparkan visi misi kita sebagai Calon Duta Aceh Utara, sebelum malam final tiba kami latihan dulu cara naik ke atas panggung. Dan cara naiknya itu loh yang bikin gereget sobat disuruh kaya model professional, ya saya nurut saja toh kan mau jadi pemenang? Hihihihi…

Rover Week Aceh Utara Tahun 2015
Babak Final!!!

Dan tibalah saat paling menegangkan dalam hidup saya yaitu berpidato di depan 1100 lebih anak pramuka. Ketika kami naik ke atas panggung saya berlenggak lenggok layaknya model professional begitu juga pasangannya saya halvi.

Setelah peserta pertama selesai memaparkan semua ide idenya tibalah waktunya saya dan pasangan saya, akan tetapi sungguh suatu kejadian yang sangat memalukan that’s so emberasing saya salah mengucapkan kata pembuka saya gerogi banget kira kira begini “yang saya hormati kwa kwa kwaaa kwarcab aceh utara” sontak saya langsung menuai sorakan sorakan yang tak enak didengar dan ini adalah kejadian paling horror dalam hidup saya, sebenarnya saya ingin mengucapkan kwarcab aceh utara tapi dulu saya asalnya dari sumatera utara jadi hampir kebalik waktu ngucapin makanya gagap sobat. Walau begitu saya tetap melanjutkan omongan omongan saya dan selesai!

Selesai pidato kami pun turun dari panggung, waktu itu saya langsung ucapin selamat kepada si Arin orang yang menurut saya pidato nya sangat bagus saya juga pikir kalo dia yang bakalan jadi rover nya dan pasangannya dia juga ga kalah keren kak "Indah" namanya dia siswa dari MAS Al-Muslimun, dan denger denger dia tamatan terbaik untuk tahun ini dari dayah tersebut saya turut bangga.

Hari demi hari pun telah berlalu, rasa lelah letih dan juga kesal semua tercampur aduk, senang bersama susah bersama sakit bersama di gebukkin pembina sama sama itu semua sudah kami rasakan. Dan tibalah hari penutupan sekaligus pembagian piala.

Sederet nama sekolah SMAN 1 Syamtalira Aron di panggil untuk menerima piala piala dari berbagai mata lomba.
Yang saya ingat yaitu:
·       Juara 1 TTG (Teknologi Tepat Guna > buat wajan bolic tadi)

Rover Week Aceh Utara Tahun 2015
TTG (teknologi tepat guna) Wajan Bolic

·       Juara 2 LKBB
·       Juara 1 Packing
·       Juara 1 Masak Daerah
·       Juara 1 Penjelajahan
·       Juara 1 Masak Rimba

Dan masih banyak lagi, saya lupa nih sobat kebanyakan soalnya (cieelah sombong banget hihihihi)
Dan tiba pada pengumuman mata perlombaan yang paling ditunggu tunggu oleh semua orang Pemenang Rover (Putra) Dan Ranger (Putri), saya sudah tidak semangat mendengarnya karena saya kira saya pasti tidak menang karena pidato saya yang kurang bagus

“Mari kita sambut ini dia pemenang Rover boy dan Ranger Girl Aceh Utara Tahun 2015! M. Rizki Riswanda dari SMAN 1 Syamtalira dan Indah Putri Sanura Dari Mas Al-Muslimun” Saya terhenyak terkejut kaget apalah semua jadi satu, saya benar benar tidak percaya kalau saya menjadi Rover boy Aceh Utara!  Saya sangat sangat senang waktu itu.. walaupun kakak juri yang baca salah nyebut nama saya yang seharusnya M. Rizki Riswandi Jadi M. Rizki Riswanda hahahaha….

Rover Week Aceh Utara Tahun 2015
Rover Boy Aceh Utara

Rover Week Aceh Utara Tahun 2015
Ranger Girl Aceh Utara

Selempang Rover Boy pun dipasang oleh Bapak Bupati Aceh utara dan juga KaKwarcab Aceh utara, saya benar benar senang luar biasa… Alhamdulillah!

Tidak sampai disitu Saja tiba akhirnya pengumuman siapakah yang akan menjadi juara umum…
“Juara umum Rover Week Aceh Utara Tahun 2015 yaitu SMAN 1 Syamtalira Aron!” Strikeee!!! Sontak kami pun bersorak sorak gembira hei hei! Dan tidak lupa pula kami untuk sujud syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kami kekuatan dan kemudahan…

Rover Week Aceh Utara Tahun 2015
Juara I Umum "SMAN 1 Syamtalira Aron"

Di akhir acara kami pun berfoto foto bersama sama dan pulang kembali ke pangkalan dengan rasa bangga dan senang luar biasa!


Share with your friends

5 komentar

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done