Saleh, Shaleh, Atau Sholeh Mana Kata Yang Benar? - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Senin, 16 Maret 2020

Saleh, Shaleh, Atau Sholeh Mana Kata Yang Benar?

Mana kata yang benar, Saleh atau Sholeh?
KakaKiky - Manakah penggunaan kata yang baku dan benar, Saleh, Shaleh, atau Sholeh? Jika kalian mengalami kebingungan tentang bagaimana cara menuliskan kata tersebut dengan baik dan benar, tenang saja! Pada kesempatan kali ini iky akan membahas cara penulisannya yang benar.

Saleh, Shaleh, Atau Sholeh, Mana Yang Benar?
Penulisan kata yang benar dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ‘Saleh’, bukan Shaleh, Sholeh, dan lain sebagainya. Penulisan yang baku dan tepat adalah Saleh.

Arti kata Saleh menurut KBBI
Arti kata Saleh berdasarkan KBBI
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘Saleh’ diartikan sebagai:
  • Taat dan sungguh-sungguh menjalankan ibadah
  • Suci dan beriman
Dari kajian etimologis, kata Saleh berasal dari bahasa Arab yaitu ‘Shalih’ yang artinya adalah terhindar dari keburukan atau kerusakan. Kata Shalih ini juga sering disandingkan dengan kata ‘Amal’ yang menjadi kata ‘Amal Shalih’ yang artinya adalah perubatan yang sifatnya tak merusak.

Kata Shalih juga telah diserap ke dalam Bahasa Indonesia dan bentuk bakunya disesuaikan dengan EYD sehingga menjadi kata Saleh.

Nah sobat, sekarang kamu sudah tahu kan kalau penulisan yang benar itu adalah Saleh bukan Shaleh, Sholeh dan lain sebagainya. Semoga postingan singkat ini bisa bermanfaat buat kalian ya! Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kalian agar mereka juga tidak ikutan salah dalam menuliskan kata. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

13 komentar

  1. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat hihi
    Sekarang jadi tahu, kalau kata yang baku dan benar itu adalah Saleh x-)

    BalasHapus
  2. Horeee berarti saya sudah betul. Selama ini suka dikomplain karena nulis saleh bukan shalelh, sholeh atau shalih. Tapi udah sesuai EYD donk, padahal aku juga belum negecek. Haha, dasar malas. Btw, untuk bahasa sehari-hari sih gak masalah pakek shalih, atau shaleh, sholeh. Kalau bahasa tulis aja yang biasanya lebih saklek.

    BalasHapus
  3. Noted nih, berarti Saleh ya, seperti nama orang jadinya ya.
    Makasih udah jelasin ini ya Kak.

    BalasHapus
  4. Ternyata penulisan yang benar itu Saleh ya. Sempat mengira jadi soleh.

    Terima kasih informasinya ya Kaka Kiky.

    BalasHapus
  5. Jadi penulisan yg tepat yaitu saleh ya. Saya masih banyak menjumpai penulisan yg keliru di media sosial, misalnya.
    Trimakasih ya atas informasinya

    BalasHapus
  6. Kebiasaan orang Indo kalau menulis suka lupa buat crosscheck ke sumbernya. Jadi malah makin kacau dan berkembang jadi makin salah dan banyak versi ya.

    BalasHapus
  7. Waah berarti selama ini aku salah. Biasanya nulisnya sholeh. Ternyata saleh ya yang bener. Tengkyuu infonya nih

    BalasHapus
  8. Noted, selama ini masih suka melihat penulisan yang tidak tepat dari kata saleh. Terima kasih sharingnya, Kak

    BalasHapus
  9. Sering nih pada nanyain mana yang bener soal tulisan ini, pastinya langsung googling deh, eh udah dapat biasanya langsung lupa lagi. Ternyata di artikel ini juga ada pembahasannya, izin save yaa...

    BalasHapus
  10. Siiip. Makasih penjelasannya. Jadi kalau nulis jangan salah lagi yah. Saya kira selama ini shaleh sih nulisnya. Soalnya dibaca soleh, kali yaa...

    BalasHapus
  11. Ahhh senengnya belajar kata baru yang benar dalam bahasa Indonesia. Terkadang sebagai penulis kita kesulitan mencari kata yang benar dan padanan katanya. seru nih belajar lagi

    BalasHapus
  12. Selama ini salah dong penggunaan kata-nya, sip terimakasih atas informasinya Kak. Mesti rajin-rajin baca kamus EYD sekarang

    BalasHapus
  13. Sekarang jadi tahu apa perbedaan saleh, soleh dan sholeh.

    Tapi kalau kata saleh untuk perempuan dan laki-laki, apa sama ya kak?

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done