Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salihah, Sholeha, Soleha, Atau Solehah Mana Kata Yang Benar?

mana yang benar antara salihah saliha sholeha soleha
Mana kata yang benar, Salihah atau Sholeha?

KakaKiky - Manakah penggunaan kata yang baku dan benar, Salihah, Sholeha, Soleha atau solehah? Jika kalian bingung tentang bagaimana cara menuliskan kata tersebut dengan baik dan benar serta sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, tenang saja! Pada postingan singkat ini Kiky akan membahas cara penulisannya yang benar.

Salihah, Sholeha, Soleha, Atau Solehah, Mana Yang Benar?

Penulisan kata yang benar dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ‘Salihah’, bukan sholeha, soleha, ataupun solehah. Penulisan yang tepat dan baku adalah Salihah.

Arti Kata Salihah Menurut KBBI

arti kata salihah

Berdasarkan Kamus Besar bahasa Indonesia, kata ‘Salihah’ dapat diartikan sebagai:

  • Saleh (Untuk Wanita)
  • Yang taat, yang baik, sungguh-sungguh menjalankan ibadah
  • Suci dan Beriman

Dari kajian etimologis, kata Salihah berasal dari bahasa Arab yaitu ‘Shalihah’ yang artinya adalah orang yang taat dan yang baik. Kata Shalihah ini telah diserap ke dalam Bahasa Indonesia dan bentuk bakunya disesuaikan dengan EYD sehingga menjadi kata Salihah.

Nah sobat, sekarang kamu sudah tahu kan kalau penulisan yang benar itu adalah Salihah bukan sholeha, soleha, ataupun solehah. Semoga postingan singkat ini bisa bermanfaat buat kalian ya! Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kalian agar mereka juga tidak ikutan salah dalam menuliskan kata. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Salihah, Sholeha, Soleha, Atau Solehah Mana Kata Yang Benar?"