Game Rantai Nama - Game Agar Saling Mengenal dan Lebih Kompak - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

12/26/2018

Game Rantai Nama - Game Agar Saling Mengenal dan Lebih Kompak

Pict From Instagram @siti_suriniyulnengsih23

KakaKiky - Kekompakan itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya kekompakan segala hal yang akan kita lakukan akan terasa menjadi lebih mudah dan ringan. Namun, untuk mendapatkan sebuah kekompakan bukanlah suatu hal yang mudah, karena untuk mendapatkannya kita harus lebih saling kenal-mengenal terlebih dahulu.

Yang menjadi masalahnya adalah, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk memulai sebuah perkenalan, oleh karenanya pada postingan kali ini iky akan membagikan sebuah game sederhana agar para pesertanya dapat saling kenal mengenal dengan mudah. Game sederhana ini juga akan melatih kita dalam hal mengingat dan juga fokus, tidak dibutuhkannya alat ataupun bahan merupakan nilai tambah dari game sederhana ini sehingga sangat mudah untuk dilakukan.

Game sederhana ini sering disebut sebagai Game Rantai Nama. Game ini sering digunakan pada saat kegiatan Pramuka, outbond, perkemahan, dan lain-lain. Berikut ini adalah peraturan dan cara main game rantai nama :
1.   Kita diharuskan untuk membentuk sebuah lingkaran.
2.   Untuk memulainya atau sebagai orang pertama bisa dipilih secara acak, namun biasanya ketua kelompok lah yang menjadi orang pertama.
3.   Orang pertama akan memperkenalkan dirinya (bisa pula dikreasikan dengan menambah beberapa hal seperti asal, umur, dan cita cita sehingga game menjadi lebih seru namun tingkat kesulitannya juga akan bertambah) Misalkan, “perkenalkan nama saya Rizki”.
4.   Orang kedua merupakan orang yang di sebelah kanannya orang pertama, tugasnya adalah mengulangi apa yang dikatakan oleh orang yang pertama kemudian memperkenalkan dirinya. Misalkan, “Perkenalkan nama saya Rizki, Risma”.
5.   Kemudian orang ketiga yang berada di sebelah kanan orang kedua akan mengulangi apa yang dikatakan oleh orang pertama dan orang kedua, kemudian memperkenalkan dirinya. Misalkan, “Perkenalkan nama saya Rizki, Risma, Riswandi”.
6.   Kemudian terus dilanjutkan hingga kembali kepada orang yang pertama
7.   Bagi peserta yang telah salah menyebutkan nama temannya bisa diberikan hukuman sesuai dengan kesepakatan bersama.

Note : Apabila jumlah pemain sangatlah banyak (lebih dari 50 orang), disarankan agar ketika ada pemain yang salah dalam menyebutkan nama orang lain, maka perkenalan namanya hanya akan diulangi dari orang yang salah tersebut, dengan kata lain orang yang salah menyebutkan nama itu menjadi orang pertama.

Nah, itulah game rantai nama yang biasanya digunakan untuk mengakrabkan sebuah kelompok yang anggotanya belum saling kenal mengenal satu sama lain. Semoga dengan adanya game ini kalian jadi lebih mengenal satu sama lainnya ya! Dan tentu saja memunculkan yang namanya kekompakan. Baiklah, cukup sampai disini dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat!

Share with your friends

14 komentar

  1. Wah setelah baca artikel ini ternyata saya baru tau ada games melatih kekompakan sambil mengenal teman yang satu dengan yang lainnya, games yang unik, menarik dan sangat jarang diketahui oleh banyak kalangan (termasuk saya sendiri).

    Cara bermain nya pun bisa dibilang sangat mudah dipahami dan diterapkan ya, tapi kayanya semakin banyak kata-kata perkenalan kita ternyata makin susah juga untuk menghapal teman yang lain euy

    BalasHapus
  2. @imanTV hehehe iyaaa kak iman, game yang satu ini memang mantul untuk dicoba, apalagi buat mereka-mereka yang gak pede buat saling kenalan :D hehehehe

    BalasHapus
  3. jadi jiwa sosialnya makin tumbuh ya kak, keren makin suka pramuka #jejakbiru

    BalasHapus
  4. Kasian orang yang terakhir ya.
    Oiya, permainan ini enaknya brp menit biar gak bosenin?

    BalasHapus
  5. @HendryAdriansyah Hehehehe iyaaa bang :D setidaknya lakukan sampai satu putaran penuh saja bang :D agar game rantai nama ini berjalan dengan seru

    BalasHapus
  6. Emmm ini permainan jaman saya masih sd dulu nih pas pramuka biasanya ada permainan kaya gini, jadi inget masa2 kecil hehe nice info mas

    BalasHapus
  7. @ImanSho terimakasih kak sudah berkunjung ke blog KakaKiky 👍🏻💕

    BalasHapus
  8. Gimana ya jika para pemainnya dari berbagai negara.. Ada yg indonesia, malaysia, vietnam, thailand, china, arab, jerman, perancis, canada..dll

    Ketika peserta pertama berkata "perkenalkan, nama saya Uvuvwevuvuvwuveuwev"

    Peserta kedua : @#$%&-

    :v

    BalasHapus
  9. @BagusSurochman wkwkwkwkwkwk :D :V dan yang pstinya ini bakalan jadi game yang hard banget kak :D sekaligus juga kocak :"v

    BalasHapus
  10. Game ini cocok di segala usia, sepertinya bisa juga diterapkan saat family gathering, keakraban keluarga akan semakin terjaga. Apalagi setelah kedatangan keluarga baru (just married).

    BalasHapus
  11. Game rantai nama ini nampaknya nampaknya bagus juga diterapkan dalam mengajar. Utamanya saat introduction, pertemuan pertama kelas.

    Terima kasih infonya, mas Rizki. Game rantai namanya saya jadilan bahan mengajar nanti .. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak rasyid, semoga pertemuan kelasnya bisa berjalan dengan lancar yaa.. aamiin

      Hapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done