Cara Sinkronisasi Otomatis Komputer Dengan Google Drive Untuk Backup Data - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

2/09/2020

Cara Sinkronisasi Otomatis Komputer Dengan Google Drive Untuk Backup Data

Cara menyimpan file ke Google Drive otomatis
KakaKiky - Pada zaman modern seperti saat ini, kebanyakan orang menyimpan data-data pentingnya dalam media elektronik seperti komputer, laptop, smartphone, flashdisk, harddisk, SSD, dan sebagainya.

Namun pernahkah kamu berfikir jika suatu saat data-data penting yang kamu miliki bisa hilang secara tiba-tiba? Dan lebih sakitnya lagi kamu tidak memiliki salinan apapun terhadap data-data penting tersebut.

Tentu saja kamu tidak ingin hal tersebut terjadi pada dirimu bukan? Oleh karena itulah diperlukan yang namanya Backup data untuk menjaga agar data-data penting yang kita miliki tetap aman.

Pengertian Backup Data

Dalam ilmu teknologi dan informasi, Backup adalah sebuah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip dari data-data yang ada sehingga data tersebut bisa digunakan kembali bila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Tujuan Backup Data

Backup data sebenarnya memiliki dua tujuan penting, yaitu sebagai berikut:
1.    Mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik itu hilang karena mengalami kerusakan (corrupt) atau karena terhapus oleh pengguna.
2.    Mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu. Misalkan ketika kamu mengupdate versi windows dan kamu masih kurang nyaman dengan updatenya, maka kamu bisa kembali ke versi sebelumnya melalui pengaturan.

Tempat Backup Data Yang Disarankan

Ada banyak sekali media penyimpanan yang bisa kamu gunakan untuk membackup data penting yang kamu miliki. Misalkan seperti flashdisk, harddisk, SSD, dan bahkan penyimpanan online seperti Google Drive, Drop Box, Mega, dan lain sebagainya.

Nah, disini iky paling menyarankan agar kamu menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan online untuk membackup data-data penting yang kamu miliki.

Kamu juga tidak perlu takut lelah membackup data satu per satu ke google drive. Karena pada postingan ini iky akan membahas bagaimana caranya mensinkronkan penyimpanan di komputer ke google drive secara otomatis.

Cara Sinkronisasi Penyimpanan Komputer Dan Laptop Ke Google Drive

1. Download Google Drive untuk PC atau laptop di link berikut ini: KLIK DISINI
2. Pilih yang Personal ‘Backup and Sync’ lalu klik tombol download berwarna biru.
Klik tombol Download

3. Lalu klik tombol ‘Agree and Download’
Agree and Download

4. Kemudian pilih di folder mana kamu ingin menyimpan aplikasi Backup yang di download tadi dan klik 'Save' (Sebagian perangkat biasanya langsung terdownload secara otomatis ke dalam folder Download).
Pilih Folder untuk save aplikasi

5. Jika sudah selesai di download, buka dan install aplikasi tersebut.
6. Tunggu hingga proses download dan installnya selesai.
Tunggu proses Download

7. Jika muncul tampilan ‘Installation Complete’ klik tombol close.
Klik tombol Close

8. Klik tombol ‘GET STARTED’.
Klik tombol Get Started

9. Kemudian loginlah menggunakan akun Goolge Drive yang kamu miliki.
Login dengan akun Google Drive

10. Kemudian akan muncul tampilan ‘Choose folders from your computer to continuously back up to Google Drive’. Pilih ‘GOT IT’.
Pilih GOT IT

11. Pada bagian ini kamu bisa memilih folder mana saja yang ingin kamu backup dan sinkronkan dengan akun Google Drive. Saran iky pilih dan centang folder yang kamu anggap penting saja. Untuk memilih folder lainnya silahkan klik ‘CHOOSE FOLDER’. Jika sudah klik tombol ‘NEXT’.
Pilih Folder yang ingin di backup

12. Jika muncul tampilan ‘Sync files from my drive to a folder on this computer’ pilih ‘GOT IT’.
Pilih GOT IT

13. Pada bagian ini kamu bisa memilih apakah kamu akan mensinkronkan atau mendownload semua file yang ada di Google Drive ke dalam komputer kamu atau tidak. Jika tidak cukup hilangkan saja centang biru yang ada. Jika sudah, klik tombol ‘START’.
Klik START

14. Sekarang proses Sinkron sedang dilakukan, kamu bisa duduk manis sambil menunggu proses tersebut selesai. Untuk check apakah proses sinkronisasi tersebut berjalan dengan lancar, kamu bisa klik tombol awan yang terletak ada pada menu toolbars di ujung kanan (bila tidak ada cek di tombol panah ke bawah).
Cek proses sinkronisasi

15. Untuk check apakah semua folder, file, dan data yang kamu pilih sebelumnya sudah terbackup, buka google drive melalui komputer atau laptop kamu. Kemudian pilih ‘Komputer’ lalu ‘My Computer’. Jika file kamu sudah terupload maka akan terlihat dalam folder tersebut.
Berhasil dibackup dan disinkronkan

16. Sekarang cobalah untuk membuat sebuah dokumen Word dengan nama file ‘testing sinkron’ lalu save dalam salah satu folder yang kamu pilih pada tutor nomor 11. Misalkan iky memilih untuk save di folder Dokumen Kuliah, kemudian cek di Google Drive pada folder yang sama apakah file tersebut ada atau tidak. Jika ada maka proses sinkronisasi sekarang berjalan dengan sempurna.
Sinkronisasi otomatis berhasil

NOTE: Folder yang sudah tersinkronisasi biasanya ditandai dengan adanya tanda ceklist berwarna hijau seperti pada gambar di bawah ini
Folder dengan Centang Berwarna Hijau
Proses Sinkronisasi dan Backup hanya dapat dilakukan bila kamu memiliki koneksi internet. Jika tidak, maka proses tersebut akan ditunda hingga kamu terhubung ke internet.

Pertanyaan seputar proses instalasi Backup and Sync From Google
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait proses instalasi Backup and Sync From Google beserta jawabannya:

Bagaimana jika tampilan awal Backup and Sync From Google tidak muncul?
Jika tampilan awalnya tidak muncul itu kemungkinan karena komputer atau laptop kamu lambat, sehingga diperlukan waktu yang lebih lama untuk menampilkannya. Namun jika tidak kunjung muncul juga, kamu bisa membukanya dengan cara:
·         Buka pencarian di komputer kamu
·         Lalu cari ‘Backup and Sync From Google’ kemudian klik.
Buka backup and sync from google
·         Tunggu beberapa saat hingga terbuka

Bagaimana cara menambahkan folder baru untuk disinkronkan?
Jika kamu ingin menambahkan folder baru untuk disinkronkan dan di backup datanya, kamu bisa melakukannya dengan cara:
·      Klik tombol awan yang ada di ujung kanan, kemudian klik tombol titik 3 yang ada di ujung kanan atasnya. Kemudian pilih Preferences.
Pilih Preferences
·     Kemudian pilih folder mana saja yang ingin kamu backup dan sinkronkan dengan akun Google Drive. Saran iky pilih dan centang folder yang kamu anggap penting saja. Untuk memilih folder lainnya silahkan klik ‘CHOOSE FOLDER’. Jika sudah klik tombol ‘OKE’.

Nah sobat, itulah cara lengkap sinkronisasi dan backup data ke dalam Google Drive. Jika kamu masih bingung dengan tutorial di atas, silahkan tanyakan di kolom komentar yang ada di bawah, iky akan langsung menjawab dan memberikan solusi. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum and Be Prepared.

Share with your friends

3 komentar

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done