Keunggulan Gobiz Sebagai Kasir Online Untuk Bisnis dan Usaha

Gobiz - Kasir Online Masa Kini
KakaKiky - Di zaman yang sudah sangat modern seperti saat ini, dimana hampir semua alat dan pekerjaan telah berbasis teknologi, membuat hidup umat manusia semakin mudah dalam melakukan dan mengerjakan segala tugas dalam kehidupannya.

Termasuk juga untuk para pelaku bisnis (business man) yang saat ini marak sekali berlomba-lomba untuk membuka usaha dengan ide-ide menarik yang mereka miliki. Tentunya dengan semakin banyaknya orang-orang yang membuka usaha dan bisnis, membuat kebutuhan dalam melakukan transaksi dan manajemen keuangan dengan semudah mungkin juga ikut bertambah besar. Dengan memudahkan sistem transaksi berarti pebisnis juga telah ikut meningkatkan pelayanan yang mereka miliki untuk pelanggannya.

Oleh karena itu pada saat ini juga telah muncul aplikasi kasir online yang siap untuk memudahkan segala macam jenis transaksi dan manjemen keuangan untuk bisnis dan usaha yang kamu miliki. Aplikasi kasir online tersebut adalah Gobiz yang memiliki banyak sekali keunggulan. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Gobiz ini? Yuk baca di bawah selengkapnya!

Apa itu Gobiz?

Pengertian Gobiz
Gobiz adalah aplikasi kasir online (Sistem Point of Sale) untuk mengelola berbagai macam pesanan. Produk ini ditujukan untuk UMKM sampai pemilik franchise untuk memudahkan transaksi pada bisnis atau usaha mereka. Sebelumnya Gobiz hanya mengandalkan Go-pay sebagai alat transaksi, namun kini mesin EDC sudah bisa mendukung pembayaran melalui kartu debit, dan sebentar lagi juga bisa menggunakan kartu kredit.

Tahukah kamu? Gobiz ini juga merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi pembayaran dengan 3 macam jenis, selain itu mesin ini juga mampu untuk mencetak (print) hasil transaksi yang dilakukan. Gobiz adalah bagian dari grup perusahaan GOJEK yang saat ini sudah digunakan lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia dan terus saja bertambah.

Oh iya sobat, sedari tadi kita ada membahas bahwa Gobiz itu merupakan kasir online dengan sistem Point of Sale. Nah, sebenarnya kamu tahu gak sih apa yang dimaksud dengan sistem Point of sale itu? Kalau belum tahu, yuk cek penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Point of Sale / POS System?

Pengertian POS System
Point of Sale atau POS System adalah suatu sistem yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi jual beli, ini merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional/cash register yang biasanya sudah dilengkapi dengan cash drawer. POS System kini sudah banyak digunakan oleh beragam jenis usaha seperti, Point of Sale cafe, Pos system restoran, Pos system coffee shop dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin memulai bisnis atau usaha, baik itu usaha kuliner maupun usaha ritel lainnya yang membutuhkan transaksi jual beli secara rutin, sangat penting bagi kamu untuk menggunakan POS System seperti Gobiz. Cloud Based POS System Gobiz akan sangat membantu kamu dalam mengoperasikan bisnis atau usaha kamu sehari-hari terutama dalam transaksi jual beli dan manajemen keuangan.

Fungsi dan Manfaat Gobiz sebagai mesin kasir online (Point of Sale)

Fungsi dan Manfaat Gobiz
Gobiz merupakan sebuah mesin kasir online yang memiliki begitu banyak fitur dan keunggulan. Berikut ini adalah keunggulan-keunggulan dari mesin Gobiz POS Sytem yang harus kamu ketahui:
  • Mencatat data transaksi jual beli yang dilakukan secara lengkap dan memprosesnya menjadi laporan yang mudah untuk dianalisa. Tentunya buat kamu yang memiliki restoran dan ingin menganalisa data transaksi yang telah dilakukan dengan mudah, maka kamu sangat direkomendasikan untuk memiliki Pos system restoran seperti ini.
  • Sudah terintegrasi dengan sistem stok barang (inventory), sehingga mengantisipasi kekurangan bahan baku dan ketersediaan produk. Jika kamu merupakan seseorang yang sering lupa akan inventory dari usaha yang kamu miliki, baik itu cafe maupun coffe shop misalkan, maka dengan mengubahnya menjadi Point of sale cafe atau Pos system coffee shop menjadi pilihan untuk mengatasi permasalahn tersebut.
  • Dapat memberikan laporan penjualan usaha dan bisnismu secara langsung (online), jadi kamu juga tidak perlu ribet lagi untuk membuat laporan penjualan.
  • Kamu bisa melakukan segala macam bentuk perubahan dengan cepat, misalkan seperti mengubah data harga menu.
  • Kamu tidak perlu lagi repot-repot menulis di kertas kwintansi sebagai bukti pembayaran, karena Gobiz akan mencetak struk pembelian pelanggan dengan cepat.
  • Proses transaksi kamu akan lebih cepat, karena Gobiz akan mengkalkulasi secara otomatis jumlah transaksi dan kembaliannya.
  • Gobiz bisa menerima pembayaran kamu dalam bentuk Go-Pay, kartu debit, dan sebentar lagi juga bisa menggunakan kartu kredit.
  • Dengan Cloud Based POS System membuat ia bisa dikolaborasikan dengan berbagai sistem seperti sistem akuntansi, sistem manajemen pembelian, sistem manajemen inventaris , dan masih banyak lagi. Tentunya Cloud Based POS System ini akan semakin menyederhanakan operasi usaha dan bisnis yang kamu miliki.
Pengalaman menggunakan Gobiz
Berdasarkan pengalaman pribadi, menggunakan Gobiz ini memang sangat membantu baik itu dari sisi si kasir maupun saya sebagai pelanggan. Saya merasa terlayani dengan baik, karena proses pembayarannya yang sangat cepat dan anti ribet. Struk transaksinya juga langsung terprint tanpa harus menulis di bon/nota lagi. Si kasir juga tidak perlu repot lagi menghitung berapa kembalian yang harus diberikan, karena mesin Gobiz akan secara otomatis mengkalkulasi kembalian yang harus diberikan.

Nah sobat, setelah mengenal apa itu Gobiz dan System Point of Sale apakah kamu akan tetap berada pada pihak sistem kasir yang konvensional? Ayo buruan beralih ke Gobiz, dan rasakan berbagai keuntungan dan keunggulan yang akan kamu dapatkan nantinya. 

Jika ingin bisnis dan usaha yang kamu miliki berkembang, kamu juga harus ikut mengembangkan sistem pelayanan yang ada, salah satunya adalah beralih dari sistem kasir konvensional menuju sistem kasir online (System Point of Sale).  Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya! Wassalamu’alaikum and Be Prepared!