Cara Mempercepat Koneksi Indihome Agar Internet Lebih Optimal - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Jumat, 06 November 2020

Cara Mempercepat Koneksi Indihome Agar Internet Lebih Optimal

cara mempercepat wifi
Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome

KakaKiky - Menggunakan jaringan internet menjadi hal yang sangat umum dilakukan saat ini. Tidak hanya untuk bekerja saja, sekarang berbagai hiburan pun bisa diakses dan ini membutuhkan jaringan internet yang baik. Karena kebutuhan yang semakin tinggi, sekarang ini ada banyak provider jaringan internet yang bermunculan. Salah satu yang bisa dibilang menjadi senior dari semuanya adalah Indihome.


Provider yang satu ini sudah sangat dikenal di Indonesia, namun sayangnya salah satu yang membuatnya terkenal adalah kecepatan yang terkadang tidak stabil atau mengalami gangguan. Walau demikian, Indihome memiliki jangkauan yang paling luas karena hampir di setiap daerah bisa tersedia. Untuk itu, banyak orang yang kemudian mencari cara mempercepat koneksi indihome. Ini bisa menjadi solusi agar masalah kecepatan tak perlu menjadi hal yang terlalu merugikan ketika memilih provider jaringan yang satu ini.

 

Kecepatan internet memang selalu diperlukan. Dalam berbagai kesempatan, kecepatan yang mendadak turun atau bahkan koneksi yang tidak stabil akan sangat mengganggu. Dalam hal ini, terkadang jenis paket kecepatan yang dipilih tak sepenuhnya menjadi jaminan. Dalam banyak kesempatan, berlangganan Indihome dengan kecepatan 10 mbps sekalipun umumnya tidak benar-benar menjamin bahwa kecepatan tersebut benar-benar didapatkan.

 

Bahkan, bisa jadi kecepatan yang didapatkan hanya setengahnya saja. Oleh karena itulah, banyak orang yang mencari cara untuk mengatasinya, dan ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Tapi sebelum menggunakan cara ini sebaiknya cek terlebih dahulu barangkali ada pengguna tanpa izin. Anda dapat membaca cara mengetahui pengguna wifi Indihome pada link berikut: https://itkoding.com/mengetahui-pengguna-wifi-indihome/

 

Lalu jika ternyata ada pengguna yang tidak diinginkan, anda dapat block user tersebut. Nah, selanjutnya anda dapat mengoptimalkan kecepatan internet IndiHome dengan cara di bawah ini:

 

Cara Mempercepat Koneksi IndiHome tanpa Upgrade Paket

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat mempercepat koneksi Indihome tanpa harus melakukan upgrade, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Beralih ke Fiber Optic

beralih ke fiber optic
Beralih dari kabel tembaga ke fiber optic

Bagi pengguna atau pelanggan lama dari Indihome, barangkali masih ada yang belum beralih ke fiber optic. Ada banyak alasan yang membuat ini terjadi, mulai dari tidak adanya biaya atau bahkan justru tidak tahu tentang informasi yang ada.

 

Padahal, saat ini pemasangan Indihome sudah selalu menggunakan fiber optic, dan ini memberikan kecepatan yang lebih bagus daripada kabel tembaga yang digunakan sebelumnya. Karena itulah, cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek dan segera beralih bila ternyata jaringan masih menggunakan kabel tembaga.

 

2. Menggunakan kabel dibandingkan WiFi

menggunakan kabel daripada wifi
Gunakan kabel LAN

Tips yang kedua ini sangat berguna khususnya yang menggunakan komputer atau laptop yang dilengkapi konektor yang menghubungkan ke kabel jaringan internet. Tak dapat dipungkiri, kecepatan yang diberikan bisa sangat berbeda ketika menggunakan WiFi dan kabel.

 

Dengan memanfaatkan kabel, jaringan menjadi lebih stabil dan kecepatan menjadi lebih tinggi. Hal ini normal terjadi karena kecepatan yang diberikan oleh jaringan nirkabel sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari modem hingga proses penerimaan jaringan tersebut di perangkat yang digunakan.

 

3. Menggunakan SG TCP Optimizer

gunakan sg tcp
Gunakan SGP TCP Optimizer

Lalu, cara mempercepat koneksi indihome selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan bernama SG TCP Optimizer. Aplikasi ini berguna untuk mengoptimalkan kecepatan internet yang ada dengan cara melakukan pengubahan di pengaturan komputer, khuususnya di bagian TCP atau Transmission Control Protocol.

 

Dalam hal ini, pengguna tidak harus tahu tentang cara pengubahan dan pengaturan TCP ini. Semua akan dikerjakan oleh aplikasi ini, dan yang diperlukan hanyalah mengunduh dan membuka aplikasi. Setelah aplikasi aktif dan muncul di layar, pengguna cukup memilih pilihan “Optimal” yang ada di bagian bawah tampilan aplikasi ini dan kemudian beri tanda checklist atau centang pada “Modify All Network Adapters”, lalu pilih “Apply Changes” untuk menyelesaikan prosesnya.

 

Setelah itu, nantinya pengguna cukup memilih OK atau Yes di beberapa kotak dialog yang muncul setelahnya. Pada umumnya, ini mampu mempercepat jaringan internet walau nantinya hasilnya bisa berbeda-beda antara satu perangkat dan perangkat komputer lainnya.

 

4. Mematikan dan restart modem

Modem menjadi perangkat penting dalam penggunaan internet. Ini juga yang bertanggungjawab dalam mengatur dan kemudian menyebarkan jaringan internet. Namun, layaknya teknologi pada umumnya, error atau gangguan sering terjadi. Selain itu, modem biasanya digunakan tanpa berhenti dan panas sering terjadi.

 

Dalam hal ini, kondisi tersebut bisa menjadi alasan mengapa kecepatan internet menjadi turun dan tidak stabil. Oleh karena itu, solusi termudahnya adalah sesekali mematikan modem atau restart modem tersebut. Pada umumnya, cara mempercepat koneksi indihome ini berjalan baik dan memberikan hasil yang cukup bagus walau terkesan sangat sederhana.

 

5. Mengganti DNS

DNS ternyata bisa juga menjadi cara untuk meningkatkan jaringan internet. Ini tidak hanya bisa dilakukan pada komputer dan laptop, tapi juga bisa digunakan pada gawai seperti smartphone dan tablet.

 

Dalam hal ini, DNS gratis yang bisa digunakan dan bisa efektif meningkatkan kecepatan adalah DNS Cloudflare yaitu 1.1.1.1.1 dan juga DNS dari Google, yaitu 8.8.8.8.8. Pengubahan DNS ini akan membuat jaringan internet menjadi lebih stabil dan nantinya akan berefek pada kecepatan yang didapatkan. Bagi pengguna perangkat Android, ada beberapa aplikasi yang dipasang, dan salah satunya adalah aplikasi 1.1.1.1.1 yang merupakan layanan resmi dari Cloudflare.

 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jaringan internet bagi pengguna provider Indihome. Sebenarnya, ini tidak hanya berlaku untuk Indihome saja, tapi pengguna jaringan lain pun bisa memanfaatkan cara-cara tersebut untuk mencoba meningkatkan jaringan yang ada. Selain itu, sebenarnya VPN juga bisa digunakan. Selain untuk mengatasi situs yang diblokir, VPN juga mampu mencarikan server dengan jaringan yang lebih stabil. Dengan cara mempercepat koneksi indihome, tentu masalah bisa teratasi.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done