Infografik Atau Infografis Mana Kata Yang Benar?

mana yang benar infografis atau infografik
Mana yang benar infografik atau infografis?

KakaKiky - Kalau kamu mengunjungi postingan blog yang satu ini, pasti saat ini kamu sedang dibingungkan oleh penggunaan kata infografik atau infografis. Memang jika dilihat sekilas kedua kata ini hampir sama, namun pada kenyataannya kedua kata tersebut memiliki arti dan penggunaan yang berbeda. Mau tahu lebih lanjut penggunaan kata mana yang benar antara infografik atau infografis? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Infografik atau infografis, mana yang benar?

Sebelum kita memutuskan manakah penggunaan kata yang paling tepat antara infografik atau infografis, mari kita bedah asal katanya terlebih dahulu. Kata yang menjadi pembahasan kita ini berasal dari bahasa Inggris, yaitu infographic dari kata information dan graphic.

Berdasarkan Oxford Dictionaries, infographic didefinisikan sebagai representasi visual atas informasi ataupun data, misalkan dalam bentuk bagan atau diagram. Selanjutnya ayo kita artikan kata Grafik dan Grafis menurut KBBI untuk mendapatkan persamaan dengan kata infographic.

Berdasarkan KBBI Grafik berarti sebagai lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya), sedangkan Grafis berarti sebagai sesuatu yang bersifat graf, huruf, dilambangkan dengan huruf, bersifat matematika, dan sebagainya dalam wujud titik-titik.

Dari pengertian tersebut sudah tampak dengan sangat jelas bahwa yang memiliki pengertian yang sama dengan Infographic dalam bahasa inggris adalah kata ‘Grafik’. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa penggunaan kata yang paling tepat adalah ‘Infografik’ bukan ‘Infografis’.


Penulisan yang benar dalam KBBI

Jika melihat KBBI, memang kita tidak akan menemukan arti baik itu dari kata infografik maupun infografis. Namun, berdasarkan penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa yang memiliki makna paling tepat dengan arti kata asalnya adalah kata ‘Infografik’.

Begitu pula jika kita melihat pada wikipedia, kata yang ada adalah Infografik yang berarti sebagai representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Namun jika kita mencoba mencari arti kata infografis kita tidak akan menemukannya.

Nah, sekarang sudah jelaskan penulisan kata yang benar itu adalah ‘Infografik’ bukan ‘Infografis’. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang penggunaan kata yang baik dan benar dalam Bahasa Indonesia. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Cukup sekian postingan kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!