Kunci Jawaban Dan Pembahasan Seputar Pandemi Covid-19 - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Jumat, 25 Desember 2020

Kunci Jawaban Dan Pembahasan Seputar Pandemi Covid-19

pertanyaan dan jawaban covid 19
Kunci jawaban dan pembahasan seputar Covid-19

KakaKiky - Berikut ini adalah kunci jawaban dan pembahasan seputar Covid-19 berdasarkan video LIVE Mardigu Wowiek dan Sandiaga Uno: Indonesia Be a Man. Ini merupakan tugas yang dibuat untuk memenuhi keperluan Mata Kuliah Kewirausahaan.


 

Berdasarkan video LIVE di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar!

 

1. Kapan kira-kira COVID-19 berakhir di Indonesia?

Jawab:

Cara kerja dari pandemik adalah pertama big, landai, kemudian slowdown sampai dia cross antara orang-orang yang sembuh dan juga terpapar, lalu akhirnya akan turun. Kalau melihat situasi seperti sekarang ini, menurut Pak Mardigu seharusnya COVID-19 ini pada akhir bulan April sudah bisa selesai, sehingga Mei sudah mulai pada tahap cross dan akhirnya pada bulan Juni akan masuk pada tahap lampu hijau atau selesai.

 

2. Apa saja yang berubah dalam cara berbisnis saat COVID-19 berlangsung?

Jawab:

Berdasarkan video yang telah ditonton, dapat diketahui bahwa ada beberapa hal yang berubah dalam cara berbisnis saat COVID-19 ini berlangsung, diantaranya adalah:

  • Perubahan dalam hal tempat bekerja. Sekarang kita bekerja dari rumah atau dengan istilah ‘work from home’.
  • Perubahan status pekerjaan menjadi reseller jika kita tidak memiliki barang.
  • Bukan dari segi bekerja saja yang online, namun dari segi marketing menjadi online hingga sistem payment (pembayaran) menjadi online.

 

3. Bisnis apa yang paling diuntungkan dan bisnis apa yang paling dirugikan ketika masa pandemi Covid-19? Jelaskan mengapa!

Jawab:

Beberapa bisnis yang paling diuntungkan selama masa pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut:

  • Supplay medis dan jasa-jasa pelayanan medis
  • Makanan pesan-antar
  • Reteiling e-commerce
  • Personal health-care (masker, hand sanitizer. Kunyit, jamu, temulawak, dan jahe merah)
  • ICT (webcam) yang mendukung pekerjaan dari rumah (work from home).

Bisnis-bisnis di atas mengalami keuntungan yang sangat besar karena pada saat pandemi ini berlangsung, memang barang-barang di atas lah yang paling banyak dicari dan dibutuhkan. Seperti pelayanan kesehatan untuk berobat, dan penggunaan masker serta hand sanitizer untuk menghalau diri dari terpaparnya virus covid-19. Selain itu, produk seperti kunyit, jamu, temulawak, dan jahe merah juga banyak dicari karena dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang virus corona. Lalu makanan yang menyediakan jasa layanan pesan antar juga meningkat pesat keuntungannya, karena banyak orang yang tidak bisa keluar rumah untuk membeli makanan. Kemudian penggunaan ICT (webcam) juga meningkat dengan sangat drastis, karena penggunaannya dapat mendukung kita untuk work frome home, baik itu seperti mengadakan rapat dan juga belajar online.

 

Sementara itu, bisnis yang paling dirugikan disini adalah bisnis Travel Haji dan Umrah. Beberapa bulan yang lalu Umrah sudah ditiadakan begitu pula dengan Haji yang tahun ini kemungkinan juga akan ditiadakan. Hal ini tentunya membuat para pengusaha di bidang Travel khususnya Haji dan Umrah mengalami kerugian yang sangat besar. Selain itu beberapa bisnis yang tidak dapat dilakukan secara work from home juga pasti mengalami kerugian yang besar seperti pekerjaan manufacture, ngedrop barang, dan cek mechanical. Perhotelan juga menjadi sepi karena masyarakat diharuskan menetap di rumah.

 

4. Apa itu New Normal? Bagaimana kira-kira perubahan cara berbisnis setelah Covid-19 berakhir nantinya?

Jawab:

Berdasarkan video ini, Pak Sandiaga mengatakan bahwa New Normal itu berarti kita sudah berada pada kehidupan yang baru, di mana kita mustahil untuk dapat kembali pada kehidupan di mana Covid-19 belum terjadi. Kita tidak tahu apakah ke depannya pandemi seperti ini akan terjadi lagi di tahun-tahun ke depannya. Sehingga kita harus menyiapkan rencana bisnis untuk memprediksi kebutuhan kita 3-6 bulan ke depan untuk tidak kembali lagi ke situasi terburuk.

 

Perubahan cara berbisnis setelah Covid 19 diantaraanya adalah kita harus beradaptasi terhadap teknologi. Nantinya bukan hanya jualan yang secara online saja di rumah, namun mulai dari marketing sampai dengan sistem paymentnya pun akan online, dan digital fullfillment. Kemudian konsep bisnis yang dianut berupa ekonomi pancasila dimana ekonomi yang berbasis ekosistem. Ini merupakan pemanfaatan bisnis dengan menggunakan network to network dalam memperluas bisnis. Contohnya seperti melakukan atau mengajak masyarakat dalam kepedulian sosial.

 

Nah sobat, itulah kunci jawaban dan pembahasan lengkap pertanyaan seputar pandemi Covid-19 yang berlangsung di Indonesia. Jawaban-jawaban di atas diambil berdasarkan pernyataan yang diberikan oleh Mardigu Wowiek dan Sandiaga Uno. Semoga dapat bermanfaat, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done