Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Praktikum Basis Data Tentang Proses Self Join, Union dan Union All, Serta Having

Laporan Praktikum Basis Data

KakaKiky - Pada kesempatan kali ini, kakakiky akan membahas tentang Laporan Praktikum Basis Data dengan judul Proses Self Join, penggunaan subquery, Union dan Union All, serta Having. Berikut ini adalah bagian pembahasan lengkap tentang bagaimana melakukan Proses Self Join, penggunaan subquery, Union dan Union All, serta Having dalam Basis Data.

1. PENGGUNAAN SELF JOIN

Self Join adalah salah satu proses join yang digunakan untuk join suatu tabel dengan dirinya sendiri seperti halnya proses join untuk 2 tabel. Untuk melakukan proses SELF JOIN ini, salah satu tabel harus diberikan nama lain (alias). Berikut adalah proses Self Join untuk menampilkan nama-nama pasien yang memiliki alamat yang sama.

2. PENGGUNAAN SUBQUERY

Subquery adalah query yang digunakan untuk mengembalikan data-data yang akan digunakan oleh query utama sebagai suatu kondisi untuk membatasi data yang ingin kita cari. SUBQUERY sendiri dapat digunakan pada beberapa statement seperti SELECT, UPDATE, DELETE, dan INSERT dengan cara menggunakan operator seperti =, , , >=, <=, IN, BETWEEN, dan lain sebagainya.

3. UNION DAN UNION ALL

Jika hasil dari sebuah SUBQUERRY belum bisa dipastikan unik, maka subquerry dapat diawali dengan menggunakan union dan union all. UNION akan bernilai benar jika perbandingan bernilai benar untuk sekurang-kurangnya satu saja hasil dari suquerry. ANY dan ALL bekerja pada SUBQUERRY yang akan mengembalikan banyak nilai. Berikut adalah contoh penggunaan UNION.

4. VIEW

VIEW akan menampilkan data yang terbaru atau Up To Date, setiap kali view dipanggil maka view akan diupdate dengan data-data yang baru. View akan sangat berguna jika Query terlalu panjang, sehingga saat ada data yang ingin kita gunakan, kita tinggal memanfaatkan fungsi VIEW. Berikut adalah contoh penggunaan VIEW.

5. HAVING

Terkadang statement WHERE tidak dapat kita gunakan untuk membuat sebuah fungsi agregat, nah disinilah fungsi HAVING diperlukan untuk mengatasi hal tersebut. HAVING sering digunakan bersamaan dengan GROUP BY. Berikut ini adalah contoh penggunaan HAVING.

Itulah Pembahasan laporan Basis Data tentang Proses Self Join, penggunaan subquery, Union dan Union All, serta Having, semoga dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai contoh bagi sobat semua yang sedang berjuang membuat laporan. Cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Laporan Praktikum Basis Data Tentang Proses Self Join, Union dan Union All, Serta Having"