Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Soal FInal LAB Jaringan Komputer

kunci jawaban final lab jaringan komputer
Pembahasan Soal Jaringan Komputer

KakaKiky - Pada kesempatan kali ini, kakakiky akan membahas tentang soal-soal Final LAB Jaringan Komputer. Pembahasan meliputi LAN, MAN, WAN, Kelas IP, UDP TCP, serta Topologi jaringan. Berikut ini adalah pembahasan selengkapnya.

 

KUNCI JAWABAN FINAL LAB JARINGAN KOMPUTER

 

1. Jelaskan apa itu LAN, MAN, WAN beserta fungsinya

Jawab:

1) LAN (Local Area Network)

Local Area Network (LAN) adalah koneksi perangkat seperti ( komputer, printer, storage dan sebagainya )yang berada di satu kolasi misalnya gedung,perkantoran dan lain-lain menjadi satu kesatuan jaringan. fungsi atau kegunaan dari LAN yaitu supaya perangkat-perangkat tersebut bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya terutama untuk sharing. contohnya di sebuah kantor terdapat 8 PC dan 1 printer kemudian untuk bisa berkomunikasi di pasanglah semacam sambungan LAN agar bisa melakukan sharing antar beberapa komputer, sehingga dapat bekerja secara efesien.

2) MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network adalah sebuah jenis jaringan komputer yang jangkauannya lebih luas dan juga lebih canggih dibandingkan dengan jaringan komputer LAN. Jenis jaringan komputer ini digunakan untuk dapat menghubungkan jaringan komputer yang ada dari satu kota ke kota lainnya. MAN berfungsi untuk menghubungkan komputer-komputer yang menjangkau antar wilayah dalam satu provinsi sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain.

3) WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya. LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN dan jaringan MAN. Oleh karena itu jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sangat luas antar negara bahkan benua.

 

2. Sebutkan dan jelaskan apa saja kabel LAN dan kategorinya serta atributnya!

Jawab:

Kabel LAN terdiri dari 4 buah jenis, yaitu:

1) Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel “Unshielded twisted pair” (UTP) digunakan untuk LAN dan sistem telepon. Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menyediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45.

Kategori Kabel UTP

Terdapat 5 kategori (level) untuk kabel UTP. Kategori ini mendukung sinyal suara berkecepatan rendah (low-speed voice) dan sinyal LAN berkecepatan tinggi. Kategori 5 UTP direkomendasikan sebagai kategori minimum untuk instalasi LAN dan cocok untuk topologi star. Tabel berikut menunjukkan masing-masing kategori:

2) Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel STP merupakan salah satu media transmisi yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan  yang berbasis lokal atau biasa disebut LAN (Local Area Network). Sesuai namanya Shielded Twisted Pair berarti kabel pasangan berpilin atau terbelit dengan pelindung. Hampirsama dengan kabel UTP tapi kabel STP mempunyai selubung lagi yang menyelubungike 4 lilitan kabel di dalamnya. Fungsi lilitan dan kulit penyelubung ini adalah sebagaieleminasi terhadap induksi dan kebocoran. biasanya di gunakan untuk outdoor ( diluar outdoor) karena bagian bagian tengah nya terdapat serat kawat yang berfungsi melindungi kabel agar tidak mudah putus.

Kategori kabel STP:

3) Kabel Coaxial

Kabel Coaxial adalah jenis kabel yang memiliki dua buah penghantar konduktor berupa kabel solid terbuat dari tembaga sebagai inti, kemudian dilapisi sekat isolator dan dililit kembali oleh penghantar berupa kabel serabut yang terbuat dari tembaga atau alumunium sebagai penghantar bagian luar. Kabel coaxial atau kabel koaksial terbungkus oleh isolator elastis yang terbuat dari plastik tahan air. dan biasa digunakan untuk antena televisi, antena pemancar radio, dan juga kabel jaringan LAN.

Kategori Kabel Coaxial:

4) Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik adalah teknologi kabel terbaru. Terbuat dari glas optik. Di tengah-tengah kabel terdapat filamen glas, yang disebut “core”, dan di kelilingi lapisan “cladding”, “buffer coating”, material penguat, dan pelindung luar.Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Transmitter yang banyak digunakan adalah LED atau Laser.

Kategori Kabel Fiber Optik:


3. Sebutkan kelas-kelas IP!

Jawab:


4. Berapa host, subnet, range, network, dan broadcast dari 192.168.11/24 sampai /32, beserta rumusnya!

Jawab:

Rumus IP Addressnya adalah:

Host = 2n - 2 Subnet = 2n

Range = Nilai yang ada antara Network dan Broadcast Network = IP Address AND Netmask

Broadcast = IP Address OR (~) Netmask

Berikut adalah tabel IP Address beserta hostnya:


5. Jelaskan apa itu UDP dan TCP

Jawab:

  • TCP (Transmission Control Protocol) adalah salah satu jenis protokol yang  memungkinkan sekumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu jaringan. Sedangkan UDP (User Datagram Protocol) adalah salah satu protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal (unreliable), tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
  • UDP (User Datagram Protocol) adalah transport layer yang tidak handal (unreliable), connectionless dan merupakan kebalikan dari transport layer TCP. Dengan menggunakan UDP, setiap aplikasi socket dapat mengirimkan paket – paket yang berupa datagram. Istilah datagram diperuntukkan terhadap paket dengan koneksi yang tidak handal ( unreliable service ). Koneksi yang handal selalu memberikan keterangan apabila pengiriman data gagal, sedangkan koneksi yang tidak handal tidak akan mengirimkan keterangan meski pengiriman data gagal.

 

6. Jelaskan apa itu topolgi dan fungsinya

Jawab:

Topologi Jaringan adalah sebuah metode, skema, ataupun cara yang digunakan agar dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bisa dengan menggunakan kabel ataupun nirkabel (tanpa kabel). Topologi jaringan komputer berfungsi untuk mengetahui bagaimana masing - masing komputer atau host dalam jaringan komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

 

Itulah Pembahasan tentang kunci jawaban soal Final LAB Jaringan Komputer. Semoga pembahasan soal-soal di atas dapat bermanfaat bagi teman-teman semua yang membaca. Cukup sekain postingan kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal FInal LAB Jaringan Komputer"