Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Dispepsia Saat Berpuasa Dan Menyambut Hari Kemenangan Bersama New Enzyplex

cara mengobati dispepsia
Cegah dispepsia bersama New Enzyplex

KakaKiky - Melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap umat Islam yang beriman. Tujuan dari berpuasa itu sendiri adalah untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan saat berpuasa dan menyambut hari kemenangan. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengapa umat Islam wajib berpuasa?

Alasan mengapa umat Islam wajib berpuasa adalah merujuk kepada sejumlah dalil yang terdapat dalam Al-Qur’an, hadis, serta ijmak para ulama. Dengan begitu perintah untuk melaksanakan ibadah puasa ini sangatlah kuat karena dilandasi oleh 3 sumber utama hukum dalam Islam.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa umat Islam wajib untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan:

mengapa umat islam wajib berpuasa
Alasan mengapa puasa Ramadhan itu wajib

  • Puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam, kalau tidak dikerjakan maka tidak sempurna rukun Islam kita.
  • Merupakan bentuk dari ketakwaan kita terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  • Tidak ada satu pun ulama yang menyangkal kewajiban untuk berpuasa di bulan Ramadhan
  • Berpuasa dapat melatih diri untuk lebih bersabar dan memiliki rasa empati
  • Sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti obesitas, kolesterol, dan penyakit jantung.

Meskipun berpuasa itu memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, namun sayangnya ada beberapa orang yang mengidap penyakit gangguan pencernaan seperti gejala Dispepsia yang sangat menggangu, sehingga cukup terganggu untuk dapat melaksanakan ibadah Puasa.

Apa itu gangguan pencernaan Dispepsia?

apa itu dispepsia
Apa itu Dispepsia?

Dispepsia adalah sekumpulan gejala yang diartikan sebagai rasa sakit dan tidak nyaman di perut seperti perut terasa penuh, kembung, dan nyeri ulu hati. Namun, perlu kamu ketahui bahwa Dispepsia ini bukanlah suatu penyakit melainkan hanya gejala dari penyakit atau gangguan pencernaan.

Sindrom Dispepsia merupakan gejala yang muncul bersamaan dan umumnya adalah suatu tanda dari adanya penyakit tertentu. Masyarakat awam biasanya lebih mengenal gangguan ini sebagai sakit maag.

Gejala yang ditimbulkan Dispepsia

Beberapa gejala yang biasanya ditimbulkan oleh Dispepsia ini adalah sakit perut pada bagian atas, perut terasa kembung, nyeri pada bagian ulu hati, mual-mual, muntah, dan banyak bersendawa. Selain itu sindrom ini juga menimbulkan keluhan-keluhan sebagai berikut:

  • Cepat merasa kekenyangan ketika makan
  • Tidak bisa makan dalam porsi yang banyak
  • Perut terasa kembung walaupun makan dalam porsi normal
  • Kerongkongan dan lambung terasa perih dan panas seperti terbakar
  • Sering buang angin

Dispepsia ini merupakan gangguan pencernaan yang sangat menjengkelkan, terutama bagi umat Islam yang harus melakukan ibadah puasa. Sahur dan berpuasa menjadi kurang nikmat dan nyaman karena adanya gangguan Dispepsia ini. Oleh karena itu kamu harus mengetahui kiat-kiat untuk mengatasi atau mengobati Sindrom Dispepsia.

Cara mengobati Sindrom Dispepsia agar perut nyaman saat menyambut hari kemenangan

Pada bulan suci Ramadhan biasanya makanan yang kita makan cenderung sembarangan dan kurang sehat karena mengikuti hawa nafsu. Pola makan yang tidak sehat akan membuat kita mudah terkena Dispepsia sehingga ketika menjalankan ibadah puasa menjadi tidak nyaman. Jika terus dibiarkan, maka di hari kemenangan pun kita tetap akan merasakan ketidaknyamanan pencernaan karena Dispepsia.

Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi, karena kita ingin bisa menikmati makanan yang lezat ketika berkumpul bersama keluarga di hari kemenangan, oleh karena itu diperlukan adanya pengobatan untuk Dispepsia ini.

cara mengobati sindrom dispepsia
Cara mengobati Dispepsia

Pengobatan Dispepsia akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan dari gejalanya, jika kamu merasa mengalami gangguan Dispepsia ini, alangkah baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Biasanya untuk mengatasi Dispepsia, sebagai langkah awal dokter akan menyarankan kamu untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan cara sebagai berikut:

1. Menjalani pola makan yang sehat

Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur merupakan salah satu sumber dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Cobalah untuk mengunyah makanan sedikit demi sedikit sehingga teksturnya menjadi halus sebelum kamu menelannya.

Di bulan suci Ramadhan ini, kamu harus menghindari makanan yang berlemak dan pedas, serta minuman bersoda dan kafein terutama saat sahur. Makanan yang berlemak dan pedas umumnya akan membuat kita menjadi cepat lesu dan lelah. Cobalah untuk menggabungkan berbagai kelompok makanan utama seperti buah dan sayuran.

2. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Berat badan berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena Dispepsia. Usahakan untuk menjaga pola makan dan olahraga secara teratur untuk menjaga berat badan tetap ideal. Olahraga di bulan suci Ramadhan bisa kamu lakukan 30 sampai 60 menit sebelum atau sesudah berbuka puasa.

3. Tingkatkan Ibadah agar tidak stres

Beribadah dengan sepenuh hati dapat meningkatkan ketentraman jiwa seseorang. Jiwa yang tentram tentunya akan mengurangi stres pada diri seseorang. Jika kita mengalami stres bisa memicu munculnya gejala sindro dispepsia, sehingga sangat penting untuk menjaga diri agar tetap terelaksasi dengan melakukan ibadah seperti membaca Al-Qur’an serta berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

4. Jangan langsung tidur setelah makan

Kebiasaan yang sering dilakukan terutama pada bulan puasa adalah setelah sahur dan berbuka biasanya orang akan berbaring karena merasa kekenyangan dan kelelahan. Tentu ini merupakan sikap yang harus kamu ubah dan tidak boleh dibiasakan. Berbaring setelah makan dapat menimbulkan gejala sindrom dispepsia. Oleh karena itu kamu harus menunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan sahur dan berbuka sebelum berbaring atau tidur.

5. Mengkonsumsi suplemen enzim untuk pencernaan

Selain mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, Dispepsia juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti suplemen enzim untuk pencernaan. Banyak sekali penelitian medis yang membuktikan bahwa konsumsi suplemen enzim dapat mengatasi gangguan saluran pencernaan bagian atas yang ditandai dengan gejala seperti sakit perut, kembung, cepat kenyang, mual-mual, sakit ulu hati, dan bersendawa.

Sambut hari kemenangan jadi lebih nyaman dengan New Enzyplex

cara penggunaan new enzyplex
New Enzyplex

Suplemen enzim terbaik untuk mengatasi Dispepsia adalah suplemen New Enzyplex Indonesia yang merupakan obat dengan kandungan amylase, protease, deoxycholid acid, dimethylpolisiloxane, Vitamin B1, B2, B6, niacinamide, dan calcium panthothenate.

New Enzyplex akan membantu proses pencernaan di tubuh kamu dan mengatasi berbagai macam gejala yang ditimbulkan oleh sindrom Dispepsia seperti yang Kiky sebutkan di atas. Dengan mengkonsumsi New Enzyplex perut kamu akan terasa nyaman di hari kemenangan, dan berkumpul bersama keluarga pun terasa jadi lebih menyenangkan. Untuk aturan pemakaian New Enzyplex yaitu dikonsumsi 1-2 tablet per hari sesudah makan.

Jangan remehkan Dispepsia

Dengan penanganan yang tepat, Dispepsia biasanya bisa diringankan. Namun, kamu tidak boleh menganggap remeh sindrom yang satu ini. Kamu wajib mewaspadai jika Dispepsia muncul bersamaan dengan keluhan lain seperti muntah darah, BAB berwarna hitam, sulit menelan makanan, dan berat badan turun secara drastis tanpa sebab yang jelas.

Jika keluhan-keluhan ini muncul kamu wajib untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang serius karena ini adalah tanda bahwa Dispepsia yang terjadi disebabkan oleh kondisi medis yang serius.

Oke sobat, cukup sekian pembahasan tentang bagaimana cara menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan saat berpuasa dan menyambut hari kemenangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang merasa lelah dengan gejala penyakit Dispepsia. Semoga kita selalu diberikan kesehatan sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari kemenangan dengan lebih nyaman dan menyenangkan. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Artikel ini diikutsertakan dalam Enzyplex Writing Competition bersama Indonesian Food Blogger. Follow akun instagram @idfoodblogger dan @enzyplex.indonesia

36 komentar untuk "Cegah Dispepsia Saat Berpuasa Dan Menyambut Hari Kemenangan Bersama New Enzyplex"

  1. Urusan pencernaan terutama di lambung kayaknya di alami banyak orang ya. Termasuk saya dan suami. Apalagi kalo udah mengkonsumsi makanan yang emang bisa bikin perut begah dan GERD kambuh. Perlu banget nih kami mengkonsumsi enzyplex kalo gejala mulai kambuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa benar sekali kak, gangguan pencernaan memang sangat mengganggu apalagi kalau mau menjalankan ibadah puasa. Semoga kakak dan suami cepat diberikan kesembuhan Aamiin.

      Hapus
  2. Banyak banget ya manfaat dari New Enzyplex ini

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya gejala yang ditimbulkan oleh sindrom dispepsia ini. Untungnya ada New Enzyplex yang bisa bantu buat meredakan semua gejala tersebut.

    BalasHapus
  4. kebetulans aya ada sakit lambung kak, meski kambuhnya sesekali saja tapi ini bisa jadi referensi untuk pencegahan atau pengobatan saat kambuh niy

    BalasHapus
  5. aku cocok sih ama New Enzyplex soalnya ada GERD, jadi makan makanan yang berlemak dan pedas selama berpuasa dan bukber bareng terbilang aman sih ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa benar kak, tapi jangan lupa juga untuk konsultasi ke dokter ya agar diberikan penangganan yang lebih tepat.

      Hapus
  6. Emg harus waspada dgn prnyakit maag ini. Kadang kita sepele itu kayak penyakit biasa. Padahal teman2ku juga meninggal krn maag ini. Mgkn tepatnya pas kena gerd kali yak. Pas udh kena maag akut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Innalillahi wa innailaihi raji'un, sangat disayangkan ya kak. Semoga bisa jadi pembelajaran bagi kita untuk tidak menyepelekan penyakit.

      Hapus
  7. Aku sedia Enxzyplex juga dong. Soalnya lambung dan lidahku sering nggak kompak. Lidah pengen merasakan makan enak, eh...lambung nggak bisa nerima.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, memang keseringan begitu ya kak. Lidah dan mulut pengen ngunyah terus tapi lambungnya udah gatahan lagi.

      Hapus
  8. hari raya emng identik dengan makanan yg banyak yaa, apalagi kalau orang Indonesia suka makan pedas. Nah untungnya ada New Enzyplex yang bisa menetralisir masalah perut

    BalasHapus
  9. Beberapa tahun belakangan ini, emakku emang rada bermasalah sama urusan pencernaannya saat puasa. Mungkin dispepsia ya namanya. Emakku bilange sih maagh. Mungkin kudu kasih new enzyplex kali ya.

    BalasHapus
  10. Biar enzim pada lambung bisa bekerja dengan baik, diperlukan ya dukungan dengan enzyplex ini sehingga mengatasi masalah perut

    BalasHapus
  11. Kalau pencernaan kita terganggu, rasanya sangat menyedihkan. Apalagi saat bulan Ramadhan atau lebaran tiba dimana kita seringkali kalap melihat makanan tanpa memperhatikan apakah makanan terdebut sehat atau tidak. Perlu banget nih nyetok New Enzyplex di rumah supaya pencernaan kita sehat dan terhindar dari masalah dispepsia yang membuat kita tidak nyaman.

    BalasHapus
  12. Betul banget Kak. Kalau berbuka cepat2 biasanya jadi kembung dan begah. Perut gak.enak banget rasanya. Kudu sedia Enzyplex ya biar aman walau berbuka dengan nasi padang heheheh.

    BalasHapus
  13. Membaca ini membuat saya memiliki pengetahuan baru tentang dispepsia, gerd, dan maag ini soalnya selama ini saya rasa masalah pencernaan itu ya cuma maag saja, ternyata ada beberapa macam jenisnya. Sepertinya minum suplemen untuk menambah enzim kayak gini lebih aman dibandingkan obat yang semisal hanya berfungsi mengurangi rasa sakit tapi tidak mengobati sumber sakitnya

    BalasHapus
  14. Ternyata memang lebih baik mencegah daripada mengobati yaa. Aku beberapa tahun terakhir sangat menjaga pola makan sii biar hidup lebih berenergi. Tapi untung aja ada solusinya yaitu enzyplex ini yaaa.

    BalasHapus
  15. bener sih, jangan pernah meremehkan kalau lambung ada masalah gitu, soalnya kalau udah parah penangananya lebih ruwet, harus ke rumah sakit. jadi enzyplex bisa banget jadi teman utk merawat lambung kita nih

    BalasHapus
  16. Wah aku sering nih kak pas habis makan suka merasa gak nyaman perut, padahal makan juga nggak banyak. Mungkin bisa ya diatasi dengan minum New Enzyplex. Makasih ya infonya...jadi ngeh nih ttg gangguan pencernaan ternyata beragam.

    BalasHapus
  17. Anak saya punya dispepsia dan lagi terapi termasuk nggak boleh makan terlambat..

    BalasHapus
  18. Penting banget untuk mencegah dispepsia saat puasa ya kak
    Biar bisa optimal sambut hari kemenangan
    Makanya harus selalu sedia New Enzyplek ini

    BalasHapus
  19. Allah itu sangat memahami kebutuhan umat Nya. Saat muncul gangguan dispepsia, alhamdulillah ternyata hadir enzyplex yang bisa menjadi solusinya ya

    BalasHapus
  20. Bener deh kesehatan gabisa Diremehkan begitu aja meskipun blm penyakit ya maksudnya gejala pun gabole diremehkan. Aku pun jg pakai new enzyplex inii

    BalasHapus
  21. Ternyata sering buang angin salah satu gejala dispepsia juga ya.. Sepertinya aku harus nyetok di rumah nih..

    BalasHapus
  22. Selain karena telat makan, makan makanan yang pedes-pedes emang bisa jadi mengganggu sistem pencernaan juga ya kak. Dengan adanya Enzyplex jadi nggak perlu khawatir lagi ya

    BalasHapus
  23. Bener banget kalo kena dispepsia saat puasa tuh ga enak sekali rasanya. Kudu benerin pola makan dan tentunya konsumsi enzyplex

    BalasHapus
  24. Hello, Muhammadeu...
    Salam kenal, sesama penyuka Kpop dan Kdrama, mari kita berkolaborasi.

    Sambil menikmati mie kimchi yanag rasanya rada spicy, kalau kena dispepsia mendadak, jadi gak menyenangkan yaah.. Kudu diatasi menggunakan New Enzyplex nih.. Udah cara yang paling bijak dan aman.

    BalasHapus
  25. Harus banget nih sedia Enzyplex di rumah. Soalnya aku termasuk yang punya masalah sama lambung.

    BalasHapus
  26. Menolong banget ya sehingga bisa dicegah sebelum terjadi dan makin parah di lambung
    Enzyplex juga mudah diperoleh di minimarket atai apotek
    Aman wes...

    BalasHapus
  27. Bulan Ramadan memang kadang kita mengalami masalah perut ya karena perubahan pola makan. Kayaknya perlu juga nih di rumah sedia enzyplex biar bisa mengatasi gejala maag ini

    BalasHapus
  28. Kalau aku bukan dispepsia sih kak, tapi GERD. Pas puasa kemarin aku juga banyak yang terpaksa bolong karena GERD kambuh hiks. Kayaknya bakal mulai konsumsi suplemen New Enzyplex ini deh biar bisa beraktifitas dengan tenang di berbagai event tanpa cemas lambung ngambek

    BalasHapus