Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tandu Darurat: Pengertian, Manfaat, Dan Cara Membuat

cara membuat tandu darurat pramuka
Tandu Darurat Pramuka (Dragbar)

KakaKiky - Nama lain dari tandu Pramuka adalah dragbar atau usungan dan menjadi salah satu materi dari teknik kepramukaan bidang P3K yang wajib untuk dikuasai oleh seorang anggota Pramuka. Tandu, dragbar, atau usungan ini akan sangat dibutuhkan oleh anggota Pramuka, mengapa demikian? Kita akan membahas hal tersebut selengkapnya di bawah ini!

Apa itu tandu Pramuka?

Tandu adalah sebuah alat transportasi jarak dekat yang terbuat dari tongkat dan tali dengan menggunakan manusia sebagai tenaga penggeraknya. Tandu berbentuk kotak dan dipikul oleh dua orang serta dapat mengangkut satu orang penumpang.

Apa manfaat dari Tandu?

Tandu digunakan untuk memudahkan dalam mengevakuasi korban dengan lebih aman dan nyaman dari tempat kejadian ke tempat perawatan atau unit kesehatan. Hal inilah yang menjadikan teknik kepramukaan dalam membuat tandu itu sangat penting dan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu scouting skill yang satu ini sering dijadikan mata perlombaan dalam event Gerakan Pramuka.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat tandu darurat

Umumnya tandu dibuat dengan menggunakan tali dan tongkat, namun jika dalam keadaan darurat maka seorang Anggota Pramuka harus tahu memanfaatkan bahan yang tersedia di alam untuk menggantikan tali dan tongkat, misalkan dengan menggunakan akar pohon yang kuat sebagai pengganti tali dan batang kayu sebagai pengganti tongkat.

Pada umumnya, berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah tandu atau dragbar darurat:

  1. Tongkat Pramuka 2 buah, digunakan sebagai alat untuk menopang dan induk utama tandu. Tongkat yang digunakan seharusnya memiliki panjang 225 cm, namun jika tongkat yang tersedia kurang dari ukuran tersebut (misalkan 160 cm) maka boleh saja digunakan dengan syarat harus tetap memperhatikan kondisi dan luka korban.
  2. Dua buah tongkat pendek dengan ukuran 60 cm yang digunakan sebagai tempat sandaran kepala dan kaki korban.
  3. Tali pramuka secukupnya
  4. Mitella (kain segitiga yang terbuat dari kain blacu dengan panjang sisi 75 cm).

Cara membuat tandu darurat atau dragbar Pramuka

cara buat tandu darurat pramuka menggunakan kayu dan tali
Cara membuat tandu darurat

Berikut ini adalah cara untuk membuat tandu darurat Pramuka yang wajib kamu kuasai untuk menolong korban dengan lebih aman dan nyaman:

  1. Rebahkan dan sejajarkan dua tongkat Pramuka dengan jarak kurang lebih 50 cm, dan ini akan digunakan sebagai induk dragbar.
  2. Tambahkan ikatan palang pada ujung kiri dan ujung kanan induk dragbar dengan jarak dari masing-masing ujung sekitar 25 cm.
  3. Ikatlah keempat pertemuan induk dragbar dengan anak dragbar dengan menggunakan ikatan palang.
  4. Jika keempat ikatan palang sudah selesai dibuat, sisa ikatan palang tersebut dari salah satu sisi saling ditautkan antara yang atas dan bawah di tengah-tengah.
  5. Tali dari arah atas ditarik kembali ke atas, demikian juga dengan tali yang sebaliknya.
  6. Buatlah simpul jangkar pada masing-masing tongkat induk dari tandu darurat.
  7. Ulangi langkah 5 dan 6 dengan jarak simpul masing-masing antara 20-25 cm.
  8. Setelah membuat 5 kali simpul jangkar, maka diakhiri dengan simpul pangkal di samping ikatan palang bagian sebelah kanan.
  9. Lingkarkan tali yang tersisa di bawah tongkat anak dragbar atau tandu , kemudian ikat tali yang tersisa dari bawah dan atas dengan simpul mati.

Video Cara Membuat Tandu Darurat

Nah sobat, tentunya jika hanya membaca langkah-langkah di atas kamu akan merasakan kesulitan. Namun, jika kamu menonton video cara membuat tandu di bawah ini maka akan sangat mudah untuk dilakukan. Berikut video tutorialnya:

Tips Tambahan Dalam Pembuatan Tandu Darurat

  1. Jika kamu memiliki mitella (kain segitiga yang terbuat dari kain blacu dengan panjang sisi 75 cm) dapat digunakan sebagai alas kepala korban yang dapat memberikan rasa nyaman kepada korban. Caranya bisa dengan dililitkan melingkar antara dua induk dragbar.
  2. Jika kamu mengevakuasi korban dengan melalui medan yang sulit, maka korban bisa dililitkan dengan tali atau perbang gulung ke dragbar. Hal ini untuk mengantisipasi agar korban tidak terjatuh dari tandu darurat.

Nah sobat, itulah materi pramuka tentang tandu darurat atau dragbar, mulai dari pengertian tandu darurat, manfaat, serta tata cara membuatnya. Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang kepramukaan. Cukup sekian Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Tandu Darurat: Pengertian, Manfaat, Dan Cara Membuat"