Jenis-Jenis Pertemuan dan Kegiatan Pramuka - Materi Pramuka

jenis jenis pertemuan dan kegiatan pramuka

KakaKiky - Seperti halnya organisasi yang lain, dalam organisasi Gerakan Pramuka juga memiliki banyak sekali macam jenis pertemuan-pertemuan Pramuka. Dalam kegiatan pertemuan tersebut para anggota Gerakan Pramuka berkumpul untuk mengikuti kegiatan sesuai dengan Prinsip dasar kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK).

Jenis-Jenis Pertemuan Atau Kegiatan Pramuka

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang berbagai macam pertemuan dan kegiatan dalam organisasi Gerakan Pramuka. Mungkin beberapa diantaranya sudah pernah kamu ikuti. Pertemuan Pramuka sendiri terdiri atas berbagai macam kegiatan, ada kegiatan yang melibatkan semua anggota Gerakan Pramuka dan adapula pertemuan khusus hanya untuk golongan-golongan Pramuka tertentu. Jenis-jenis pertemuan Pramuka ini dapat dibedakan berdasarkan:

  1. Pertemuan untuk semua golongan Pramuka
  2. Pertemuan khusus untuk Pramuka Siaga
  3. Pertemuan khusus untuk Pramuka Penggalang
  4. Pertemuan khusus untuk Pramuka Penegak serta Pandega
  5. Pertemuan khusus untuk Pramuka Dewasa

Pertemuan atau Kegiatan untuk Semua Golongan Pramuka

1. JOTA (Jamboree on The Air)

contoh kegiatan untuk semua golongan pramuka
Pict From Instagram - @srira09

JOTA adalah pertemuan Pramuka melalui udara, artinya pertemuan Pramuka ini berbasis radio dimana dalam kegiatan ini ada kerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Setiap anggota Pramuka dari berbagai golongan dapat berkomunikasi, berdiskusi, bahkan berbagi pengalaman yang pernah mereka lalui hanya dengan memanfaatkan teknologi radio amatir. Pertemuan ini merupakan kegiatan yang diadakan secara tahunan serta berlangsung dalam skala Nasional, Regional, bahkan Internasional.

2. JOTI (Jamboree on The Internet)

JOTI dilaksanakan bersamaan dengna pelaksanaan JOTA. Jika JOTA menggunakan radio amatir berbeda halnya dengan JOTI. JOTI menggunakan media chating seperti media sosial facebook, skype, dan lain sebagainya. Sama seperti JOTA, JOTI merupkan kegiatan tahunan serta berlangsung dalam skala nasional, regional, dan internasional.

Pertemuan atau Kegiatan Khusus Pramuka Siaga

1. Pesta Siaga

pertemuan khusus pramuka siaga

Pesta siaga adalah pertemuan Pramuka Siaga dalam bentuk perkemahan besar selama satu hari (tanpa menginap). Pada pertemuan tersebut banyak terdapat kegiatan-kegiatan seperti permainan bersama, pameran siaga, pasar siaga, darmawisata, pentas seni budaya, karnaval, dan lain-lain. Pesta siaga itu sendiri bisa dilaksanakan pada tingkat desa, kwartir ranting, kwartir cabang, korwil (beberapa kwartir cabang yang berdekatan), serta kwartir daerah.

Pertemuan atau Kegiatan Khusus Pramuka Penggalang

daftar pertemuan dan kegiatan pramuka penggalang

1. Jambore

Siapa yang tidak tahu jambore, hampir semua anak Pramuka pasti tahu mengenai jambore. Jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Kegiatan dalam jambore ini tidak bersifat perlombaan melainkan bersifat rekreatif, riang gembira, serta penuh dengan rasa persaudaraan. Jambore dilaksanakan secara berjenjang berdasarkan ruang lingkup penyelenggaraannya, yaitu Jambore Ranting (Jamran), Jambore Cabang (Jamcab), Jambore Daerah (Jamda), Jambore Nasional (Jamnas), serta Jambore Regional dan Jambore Dunia.

2. Lomba Tingkat (LT)

Lomba Tingkat (LT) adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan beregu ataupun perorangan atas nama regu yang mempertandingkan sejumlah keterampilan.  Lomba tingkat juga dilaksanakan dalam bentuk perkemahan, namun berbeda dengan jambore karena jambore bersifat rekreatif sedangkan Lomba Tingkat bersifat perlombaan. Lomba tingkat terdiri atas beberapa tingkatan diantaranya adalah:

  • LT I (Gugus Depan)
  • LT II (Kwartir Ranting)
  • LT III (Kwartir Cabang)
  • LT IV (Kwartir Daerah)
  • LT V (Kwartir Nasional)

3. Forum Penggalang

Forum Penggalang merupakan pertemuan Pramuka Penggalang untuk mengkaji suatu permasalahan dan merumuskan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut secara bersama-sama.

4. Dian Pinru (Gladian Pemimpin Regu)

Gladian Pemimpin Regu (Dian Pinru) merupakan kegiatan Pramuka Penggalan bagi pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru), dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru), yang tujuan dari kegiatannya adalah untuk memberikan edukasi tentang Kepemimpinan. Dianpinru dapat diselenggarakan di tingkat gugus depan, Kwartir Ranting, ataupun Kwartir Cabang.

5. Perkemahan Bakti (PB)

Perkemahan Bakti adalah kegiatan Pramuka Penggalang dalam rangka bakti kepada masyarakat yang biasanya terwujud dalam peran serta dalam kegiatan pembangunan.

6. Perkemahan

Banyak pula jenis dan macam dari kegiatan Perkemahan yang dilakukan, untuk lebih jelasnya baca artikel berikut : Jenis-jenis Perkemahan dalam Gerakan Pramuka

7. Penjelajahan

Penjelajahan adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang berbentuk menjelajahi suatu tempat, dalam rangka mengaplikasikan ilmu tentang survival, maping, kompas, dan medan.

Pertemuan atau Kegiatan Pramuka khusus Penegak dan Pandega

apa saja kegiatan pramuka penegak dan pandega

1. Raimuna

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk Perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Contoh dari Raimuna yaitu, Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, serta Raimuna Nasional.

2. Perkemahan Wirakarya (PW)

Perkemahan Wirakarya adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berbentuk perkemahan besar, dalam rangka untuk mengadakan integrasi dengan masyarakat serta ikut dalam kegiatan pembangunan masyarakat.

3. Gladian Pemimpin Satuan (Dianpinsat)

Dianpinsat adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega untuk para Pemimpin Sangga Utama (Pradana), Pemimpin Sangga (Pinsa), dan Wakil Pemimpin Sangga (Wapinsa). Tujuan dari Dianpinsat ini sama dengan Dianpinru yaitu untuk memberikan edukasi tentang kepemimpinan. Dianpinsat dapat diselenggarakan di tingkat gugus depan, kwartir ranting dan kwartir cabang.

4. Peran Saka (Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka)

Peran Saka adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota dari Satuan Karya Pramuka (SAKA). Pertemuan ini berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Peran SAKA itu sendiri diikuti minimal oleh dua Satuan Karya Pramuka, misalkan Saka Wirakartika dan Saka Bhayangkara.

5. Musppanitera

Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera atau biasa disingkat dengan Musppanitera adalah sebuah kegiatan pertemuan Pramuka penegak dan pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja serta akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya.

6. Ulang Janji

Ulang Janji adalah upacara pengucapan ulang janji Tri Satya bagi Pramuka Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa yang dilaksanakan pada malam tanggal 14 Agustus dalam rangka memperingati Hari Pramuka.

Pertemuan atau Kegiatan Khusus Pramuka Dewasa

contoh kegiatan untuk pramuka dewasa

1. Karang Pamitran

Karang Pamitran adalah pertemuan bagi para pembina Pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan serta kepemimpinannya. Karang Pamitran juga menjadi sebuah wadah bagi para Pembina Pramuka untuk saling bersilaturahmi serta berbagi pengalaman.

2. Kursus Pembina Pramuka

Kursus Pembina Pramuka itu terbagi atas dua tingkatan yaitu, Kursus Pembina Pramuka mahir Dasar (KMD) serta Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).

3. Kursus Pelatih Pembina Pramuka

Kursus ini terbagi atas 2 tingkatan juga diantaranya adalah, Kursus Pelatih Pembina Pramuka Dasar (KPD) dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Lanjutan (KPL). Selain itu ada pula kegiatan yang hampir sama yaitu Ulang Janji.

4. Musyawarah

Ada beberapa musyawarah diantaranya adalah, Musyawarah Gugusdepan (Mugus), Musyawarag Ranting (Musran), Musyawarah Cabang (Muscab), Musyawarah Daerah (Musda) dan Musyawarah Nasional (Munas).

Nah sobat, itulah berbagai macam Kegiatan Pertemuan dalam Organisasi Gerakan Pramuka. Bagaimana dengan kamu yang sudah membaca artikel ini? Apakah kamu sudah pernah mengikuti kegiatan-kegiatan di atas? Kalau sudah pernah jangan lupa untuk komentar di bawah ya! Cukup sekian dulu artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kepramukaan yang kamu miliki. Salam Pramuka and Be Prepared!

12 komentar untuk "Jenis-Jenis Pertemuan dan Kegiatan Pramuka - Materi Pramuka"

Comment Author Avatar
Setiap pertemuan pasti ada makna dan tujuannya masing masing ... nama pertemuan membedakan mana yg sekira nya diikuti dan tidak.. Pertemuan juga disesuaikan dengan tingkatannya..
Comment Author Avatar
Wah, lengkap banget penjelasannya kak
Artikel ini aq share ke anakku ya
Kebetulan dia lagi rajin rajinnya ikut kegiatan pramuka
Comment Author Avatar
Silahkan kak, semoga bisa menambah ilmu dan wawasan si adik tentang Pramuka
Comment Author Avatar
Salam anak Pramuka, xixixi.. Aku malah lupa² inget ada kegiatan JOTI. Tapi paling ditunggu sih perkemahannya ya. Perjusami, persami, di sekolah atau di area perkemahan. Seru ya ampun.
Comment Author Avatar
Perkemahan memang kegiatan paling seru dan dinanti nanti oleh anak Pramuka kak hihihi.
Comment Author Avatar
Seru banget yaa..sebagai anak Pramuka dan aktivitas positifnya.
Jadi sedari dini sudah dikenalkan dengan yang namanya kerjasama, berinteraksi dengan alam dan membina kekompakan.
Comment Author Avatar
iyaa benar kak, semua materi dan kegiatan di Pramuka memang positif dan membentuk karakter menjadi lebih baik.
Comment Author Avatar
Aku anak pramuka banget. Apalagi kalau sampai ke Jambore nasional. Rasanya itu moment paling spesial. Banyak pelajaran berharga yang aku pelajari dari pramuka.
Comment Author Avatar
Waahh keren banget kak kalau sudah pernah sampai ke Jambore Nasional, memang banyak banget pengalaman yang bisa didapatkan dari event nasional tersebut.
Comment Author Avatar
Wuaaa jadi teringat zaman aekolah dahulu, paling seneng kalo waktunya latihan pramuka..
Comment Author Avatar
Pramuka emang seru banget ya kak, apalagi kalau ada kegiatan kemahnya hihihi paling ditunggu-tunggu tuh.