Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Catat! Cara Menaklukkan Jalan Menanjak Dengan Mobil Manual

cara mengatasi jalan menanjak dengan mobil manual
Cara Menaklukkan Jalan Menanjak Dengan Mobil Manual

Jalanan menanjak adalah salah satu medan yang sulit saat menyetir, terutama mobil Anda adalah mobil dengan transmisi manual. Akan lebih mudah mengemudikan mobil dengan bodi ringkas seperti mobil city car atau mobil hatchback manual. Tapi jika mobil Anda mobil MPV atau SUV yang lebih besar, tentu jika tidak terbiasa Anda akan gugup. Butuh skill untuk memainkan pedal kopling, gas dan rem yang terampil. Bagi mereka yang belum terbiasa tentunya akan kesulitan. Karenanya kerap Anda menemui pengendara yang saat melewati jalanan tanjakan malah tiba-tiba mundur.

Hal ini tentu berbahaya karena takutnya kendaraan lain tidak berada di posisi jarak aman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pemilik mobil transmisi manual harus sering berlatih untuk menaklukkan jalanan menanjak. Bagaimana caranya? Simak tips di bawah ini!

1. Gunakan gigi rendah

Cara paling mudah menaklukkan jalanan menanjak adalah dengan menggunakan gigi rendah yaitu gigi satu atau dua. Hindari terlalu banyak melakukan posisi setengah kopling saat menanjak. Sebab tak hanya bisa membuat kopling cepat aus, pada kondisi yang fatal kopling juga bisa cepat jebol jika terlalu sering diinjak. Cukup gunakan gigi dua di tanjakan yang rendah dan gunakan gigi satu pada tanjakan curam sambil mengatur gas sesuai kebutuhan.

2. Gunakan rem kaki

Trik yang satu ini butuh latihan agar Anda sudah terbiasa. Biasanya cara ini bisa Anda lakukan ketika terjebak macet di jalanan menanjak yang cukup landai. Anda bisa memainkan kopling dan pedal rem sesuai dengan putaran mesin. Cukup injak pedal rem lalu pindahkan ke posisi gigi netral. Saat mobil berjalan, lepaskan rem pelan-pelan sambil melepas kaki dari kopling. Mobil akan bergerak maju dengan perlahan.

3. Pakai rem tangan

Selain menggunakan gigi rendah dan juga memainkan rem kaki, cara berikutnya untuk mengendarai mobil transmisi manual di tanjakan adalah dengan dengan memainkan rem tangan. Saat berada di tanjakan curam, tarik tuas rem tangan agar mobil tidak mundur. Ketika mobil berjalan, lepas rem tangan seperti biasa sambil menginjak pedal gas agar mobil bisa bergerak maju.

4. Lihat kemiringan tanjakan yang dilalui

Selain teknik yang bisa Anda praktekkan langsung, salah satu cara untuk bisa mahir melibas jalanan menanjak adalah dengan memperhatikan tingkat kemiringan tanjakan. Dengan begini, Anda akan jadi hafal dengan perkiraan gigi berapa yang bisa digunakan. Saat Anda tidak yakin dengan gigi yang digunakan, Anda bisa memindahkannya ke posisi gigi terendah. Sehingga mobil tetap bertenaga untuk melewati jalanan curam tersebut tanpa mati mendadak atau bergerak mundur.

5. Gunakan Kopling dan Pedal Rem

Cara berikutnya jika Anda ingin berhenti di tanjakan tanpa mundur adalah dengan menginjak kopling dan rem sekaligus. Jadi, mobil secara otomatis akan berhenti dalam keadaan mesin masih menyala. Untuk melakukan trik ini, pastikan Anda menggunakan gigi satu. Untuk bergerak maju Anda bisa menginjak pedal kopling ketika kaki kanan masih menginjak gas hingga pada posisi 2.000 RPM. Angkat kaki kiri perlahan dan biarkan pada posisi setengah kopling. Sebaliknya, jika Anda ingin berhenti atau menjaga jarak dengan mobil di depan cukup tinggal pindahkan pijakan pada pedal rem tanpa melepas pijakan pada kopling.

Selain cara-cara di atas, untuk mahir berkendara di jalan menanjak butuh jam terbang dan terbiasa memainkan ketiga pedal di bawah kemudi. Karenanya sering-seringlah berlatih. Namun, seperti yang disebutkan di atas bahwa sering berkendara di medan menanjak bisa memicu kendala seperti kopling yang aus atau rem yang terlalu panas jika Anda tak pandai merawat mobil Suzuki Anda. Karenanya pastikan Anda selalu melakukan pemeriksaan menyeluruh di bengkel resmi Suzuki, tujuannya tentu agar seluruh komponen yang memudahkan Anda berkendara di segala medan tetap prima. Booking jadwal servis Anda di https://www.suzuki.co.id/services/marine.

Posting Komentar untuk "Wajib Catat! Cara Menaklukkan Jalan Menanjak Dengan Mobil Manual"