Manfaat Dan Prospek Kerja Lulusan Ilmu Teknologi Pangan

prospek kerja lulusan ilmu teknologi pangan
Prospek kerja lulusan teknologi pangan

KakaKiky - Jurusan Teknologi Pangan adalah salah satu jurusan yang saat ini sedang cukup banyak diminati, tak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri. Biasanya di luar negeri jurusan ini disebut dengan Food Technology atau Food Tech. Lantas sebenarnya apa manfaat teknologi pangan? Nah, bagi kamu yang sudah datang ke halaman ini tentunya ingin mengenal lebih jauh tentang jurusan teknologi pangan bukan?

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail tentang pengertian jurusan teknologi pangan, apa manfaatnya, apa saja keahlian yang dibutuhkan, bagaimana prospek kerja lulusan ilmu teknologi pangan, serta rekomendasi universitas dengan jurusan ilmu teknologi pangan.

Apa Itu Jurusan Teknologi Pangan?

apa itu jurusan teknologi pangan

Jurusan teknologi pangan adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang pengolahan makanan yang aman, bergizi, dan sesuai dengan standar higienis. Program studi ini juga mencakup aspek teknologi yang terkait dengan produksi, pengolahan, pemasaran, dan distribusi makanan. Selain itu, jurusan teknologi pangan juga mempelajari tentang pengelolaan kualitas makanan, serta memahami teknologi yang digunakan dalam industri makanan.

Apa Manfaat Teknologi Pangan?

Karena berhubungan langsung dengan kebutuhan primer manusia yaitu makanan, maka teknologi pangan memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengolah makanan dengan cara yang aman dan higienis

Teknologi pangan membantu dalam menjamin keamanan dan kebersihan makanan yang diproses, sehingga makanan yang dihasilkan tidak tercemar oleh bahan-bahan berbahaya seperti patogen atau bahan pengawet yang tidak aman.

2. Meningkatkan kelangsungan hidup makanan

Teknologi pangan membantu dalam meningkatkan umur simpan makanan dengan cara mengurangi kekurangan gizi dan menghindari kerusakan yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti jamur dan bakteri.

3. Meningkatkan nilai gizi makanan

Teknologi pangan membantu dalam meningkatkan nilai gizi makanan dengan cara menambahkan zat-zat gizi yang hilang selama proses pengolahan makanan.

4. Meningkatkan kecepatan produksi makanan

Teknologi pangan membantu dalam meningkatkan kecepatan produksi makanan dengan cara menggunakan mesin-mesin yang efisien dan mempercepat proses produksi makanan.

5. Meningkatkan variasi makanan

Teknologi pangan membantu dalam meningkatkan variasi makanan yang tersedia di pasaran dengan cara menciptakan makanan-makanan baru dan mengolah makanan-makanan tradisional menjadi bentuk yang lebih mudah dikonsumsi.

Pengetahuan Dan Keahlian

Berikut ini adalah beberapa pengetahuan dan keahlian yang akan dimiliki oleh seorang yang menjadi mahasiswa di jurusan teknologi pangan:

  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan untuk berkomunikasi
  • Kemampuan untuk berpikir secara rasional dan sistematis
  • Detil, teliti, dan tekun
  • Inovatif dan kreatif

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Teknologi Pangan

prospek kerja fresh graduate jurusan ilmu teknologi pangan

Setelah mengenal apa itu jurusan teknologi pangan dan manfaatnya, sekarang kita akan membahas prospek kerja teknologi pangan. Lulusan ilmu dan teknologi pangan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri pangan, terutama pada bagian research dan development. Selain itu, prospek kerja untuk lulusan jurusan ini juga terbilang cukup bervariasi.

Umumnya perusahaan membutuhkan lulusan teknologi pangan untuk memperkuat tim yang menjamin mutu dan pengembangan produk. Untuk bidang ini rata-rata gaji awal berada di kisaran Rp 3.000.000 dengan mempertimbangkan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, area tempat untuk bekerja, serta tingkatan yang akan dimasuki.

Berikut adalah beberapa bidang prospek kerja untuk lulusan ilmu teknologi pangan yang bisa kamu jadikan pilihan:

1. Quality Control

Kebanyakan lulusan teknologi pangan yang baru lulus (fresh graduate) akan diterima pada bagian Quality Control (pengendali mutu). Mereka akan ditugaskan untuk memastikan proses pengolahan makanan di pabrik berjalan sesuai dengan standar yang telah ada. Quality control biasanya dilakukan dengan lebih fokus pada pemeriksaan untuk menemukan cacat dan memverifikasi kesalahan di hasil akhir produk. Untuk posisi Quality Control gaji berkisar antara Rp 3,5 juta - Rp 5 juta.

2. Quality Assurance

Quality assurance (QA) adalah suatu proses yang bertujuan untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Quality assurance merupakan bagian dari sistem manajemen mutu (quality management system) yang bertujuan untuk menjamin bahwa produk atau jasa tersebut memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Quality assurance juga merupakan proses yang terus-menerus dilakukan selama produksi atau penyediaan jasa untuk memastikan bahwa kualitas produk atau jasa tersebut selalu terjaga. Quality assurance terdiri dari berbagai macam aktivitas, seperti perencanaan, pengawasan, dan evaluasi, yang dilakukan untuk memastikan bahwa produk atau jasa tersebut memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Untuk posisi Quality Assurance gaji berkisar antara Rp 3,5 juta - Rp 5 juta.

3. Konsultan Pangan Dan Gizi

lulusan teknologi pangan sebagai konsultan gizi

Konsultan pangan dan gizi adalah seorang profesional yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang pangan dan gizi. Mereka bertugas memberikan saran, solusi, dan rekomendasi terkait dengan pangan dan gizi kepada individu, kelompok, atau organisasi. Konsultan pangan dan gizi bertugas memberikan saran tentang menu makanan yang sehat, bergizi, dan sesuai dengan kebutuhan individu, serta memberikan saran tentang cara mengelola pangan dan gizi yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu.

Konsultan pangan dan gizi juga bertugas memberikan saran tentang cara mengelola masalah kesehatan yang terkait dengan pangan dan gizi, seperti obesitas, kekurangan gizi, dan penyakit-penyakit yang terkait dengan pangan dan gizi. Konsultan pangan dan gizi bisa bekerja di berbagai macam instansi, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, perusahaan, dan lembaga-lembaga lain yang berhubungan dengan pangan dan gizi. Untuk posisi konsultan pangan dan gizi gaji yang didapat berkisar antara Rp 4 juta - Rp 10 juta.

4. Pengembangan produk

Pengembangan produk merupakan salah satu posisi penting dalam sebuah perusahaan industri makanan dan minuman. Posisi ini terbilang cukup sulit didapatkan karena memegang resep rahasia produk dari suatu perusahaan. Pengembangan produk atau product development adalah posisi yang bertugas untuk mengembangkan sebuah produk baru atau produk yang sudah ada menjadi lebih baik. Posisi tertingi yang bisa dicapai staf bagian ini adalah Chief Technical Officer atau direktur teknik. Untuk posisi product development, gaji yang didapat berkisar antara Rp 5 juta - Rp 10 juta.

5. Berwirausaha pangan

Bagi kamu lulusan ilmu teknologi pangan yang lebih suka berbisnis bisa mencoba untuk membuka usaha ekspor dan impor. Hal ini sangat cocok jika kamu berkeinginan untuk mendirikan suatu perusahaan, menguasai menajemen perusahaan atau mengembangkan usaha yang telah berjalan sebelumnya, kamu bisa berpeluang untuk membuat pabrik sendiri. Misalkan pabrik ekspor frozen food (makanan beku) baik untuk dalam dan luar negeri.

Rekomendasi Universitas Tempat Kuliah Teknologi Pangan

Jika kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa di jurusan ilmu dan teknologi pangan, maka saya akan merekomendasikan salah satu universitas yang menyediakan jurusan tersebut, yaitu IKOPIN University. Di IKOPIN University terdapat dua buah fakultas yaitu fakultas ekonomi dan bisnis, dan fakultas sains dan teknologi.

ikopin university jurusan ilmu dan teknologi pangan

Bagi kamu yang ingin bergabung dalam jurusan teknologi pangan maka kamu harus memilih fakultas sains dan teknologi di IKOPIN University. Dengan fasilitas dan kurikulum yang mumpuni, IKOPIN University memiliki komitmen untuk mencetak kader pembangunan ekonomi kerakyatan yang unggul dan inovatif.

Mengapa Harus Memilih IKOPIN University?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus memilih IKOPIN University sebagai tempat kuliah untuk jurusan teknologi pangan:

  1. Solutif: menciptakan tenaga kerja yang terdidik dan berkompeten di bidangnya
  2. Inklusif: mewujudkan kesetaraan pendidikan bagi seluruh kalangan
  3. Adaptif: mampu menyesuaikan diri agar teteap relevan di tengah arus perubahan
  4. Progresif: Memajukan pendidikan lewat semangat teknososiopreneur

Nah sobat, itulah pembahasan tentang pengertian jurusan teknologi pangan, manfaat, keahlian,  prospek kerja, serta rekomendasi tempat perkuliahan teknologi pangan. Semoga postingan ini dapat membantu kamu menentukan pilihan apakah akan berkuliah di jurusan teknologi pangan atau tidak. Cukup sekian pembahasan kali ini, jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!