Cara Memilih Gaya Rambut Yang Cocok Dengan Bentuk Wajah

cara memilih gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah

KakaKiky - Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi pusat perhatian banyak orang. Tak heran kalau rambut sering diibaratkan sebagai mahkota dari seseorang, baik lelaki maupun perempuan. Namun, bagi sebagian orang, memilih gaya rambut yang cocok bisa menjadi sesuatu hal yang membingungkan karena tidak semua model gaya rambut cocok untuk setiap orang. Memilih gaya rambut biasanya harus disesuaikan dengan bentuk wajah agar terlihat cocok dan pas.

Bentuk wajah yang berbeda-beda membutuhkan gaya rambut yang berbeda pula. Sehingga, penting untuk memahami jenis bentuk wajah yang dimiliki sebelum memilih gaya rambut. Terdapat beberapa tips yang bisa membantu para pria memilih gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah, mulai dari rambut pendek hingga rambut panjang. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai tips memilih gaya rambut pria sesuai dengan bentuk wajah, sehingga para pria dapat tampil lebih percaya diri dan menawan.

Tips Memilih Gaya Rambut Berdasarkan Bentuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa gaya rambut yang bisa kamu coba sesuai dengan bentuk wajah kamu, mulai dari gaya rambut pendek pria indo sampai dengan gaya rambut panjang ala oppa-oppa korea.

1. Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah oval

gaya rambut yang cocok untuk wajah oval

Wajah oval adalah bentuk wajah yang dianggap sebagai bentuk wajah ideal karena simetris dan proposional. Wajah oval memiliki garis rahang yang lebih sempit dari garis pipi, dan garis dahi yang lebar, dengan lebar wajah sekitar 1,5 kali tinggi wajah. Beberapa contoh selebriti dengan wajah oval adalah David Beckham, Ryan Gosling, dan George Clooney.

Untuk wajah oval, hampir semua model rambut cocok dan bisa diaplikasikan. Namun, beberapa model rambut yang bisa dipertimbangkan adalah model rambut dengan panjang medium hingga panjang seperti:

  • Mullet/shaggy
  • Quiff Combed
  • Buzz Cut
  • Faux Hawk
  • Pompadour
  • French Crop

Pilihan model rambut yang tepat dapat menonjolkan keindahan bentuk wajah oval, sehingga akan membuat kamu terlihat lebih menarik dan percaya diri.

2. Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah lonjong

Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah lonjong

Wajah lonjong adalah jenis wajah yang mempunyai lebar yang lebih kecil dari panjang, cenderung memiliki garis rahang dan pipi yang tegas, serta dahi yang tinggi dan sempit. Orang dengan wajah lonjong seringkali disebut juga dengan istilah "oblong". Model rambut yang tepat untuk wajah lonjong adalah yang bisa memberikan kesan lebar pada wajah seperti:

  • Crop Cut
  • Buzz Cut
  • Tousled Hair
  • Quiff
  • Rambut Belah Tengah

Pilihan model rambut yang tepat untuk wajah lonjong adalah potongan rambut pendek atau sedang dengan sampingan yang tebal. Model rambut yang terlalu panjang atau rambut yang menutupi dahi justru akan membuat wajah terlihat lebih panjang. Selain itu, memilih rambut yang terlalu cepak juga tidak disarankan karena akan mempertegas garis rahang yang sudah tegas. Pilihan terbaik adalah rambut yang cukup panjang untuk diatur ke samping dengan gaya berantakan agar memberikan kesan lebar pada wajah.

3. Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah bulat

Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah bulat

Wajah bulat memiliki ciri khas dengan panjang dan lebar wajah yang hampir sama. Wajah bulat terlihat lebar pada area pipi dan rahang, sedangkan lebar dahi, pipi dan rahang hampir sama. Gaya rambut yang tepat untuk wajah bulat adalah gaya rambut yang memberikan ilusi memanjangkan wajah dan membuat wajah terlihat lebih tirus. Pria dengan wajah bulat bisa memilih model rambut dengan poni samping atau poni terurai yang menutupi lebar dahi. Gaya rambut pendek dengan potongan samping yang tebal dan penuh pada bagian atas kepala bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa rekomendasi gaya rambut untuk wajah bulat di antaranya adalah:

  • Messy Fringe
  • Messy Quiff
  • Two Blocks
  • Ivy League
  • Faux Hawk

Namun, ada juga gaya rambut yang sebaiknya dihindari oleh pria dengan wajah bulat, seperti gaya rambut yang terlalu pendek di bagian samping dan terlalu tinggi pada bagian atas kepala. Gaya rambut seperti ini akan membuat wajah bulat terlihat semakin bulat dan terlihat lebih besar. Selain itu, gaya rambut bergelombang juga sebaiknya dihindari karena dapat membuat wajah bulat terlihat lebih lebar. Pilihlah gaya rambut yang memiliki volume di bagian atas kepala dan menyamping pada bagian samping untuk memberikan kesan wajah yang lebih tirus.

4. Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah segitiga

Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah segitiga

Wajah segitiga memiliki ciri-ciri wajah yang lebih lebar pada bagian atas, yaitu dahi dan tulang pipi, sedangkan pada bagian bawah, yaitu rahang, lebih sempit. Untuk menyeimbangkan proporsi wajah, pria dengan wajah segitiga terbalik dapat memilih gaya rambut dengan volume pada bagian bawah, seperti rambut pendek dengan tataan samping dan rambut panjang dengan layer pada bagian bawah. Gaya rambut dengan layer dapat membantu memberikan volume pada bagian bawah rambut dan menciptakan kesan lebar pada rahang, sehingga menyeimbangkan proporsi wajah, misalkan seperti:

  • Comb Over
  • Messy Fringe
  • Slick Pompadour

Selain itu, pria dengan wajah segitiga terbalik juga dapat mempertimbangkan gaya rambut dengan poni yang tidak terlalu tebal dan menjauhi gaya rambut dengan garis tengah yang terlalu lebar pada bagian atas. Gaya rambut dengan poni dapat membantu memperkecil kesan lebar pada bagian dahi dan menonjolkan bagian mata, sehingga memperindah tampilan wajah. Sedangkan gaya rambut dengan garis tengah yang terlalu lebar pada bagian atas dapat memberikan kesan wajah yang semakin lebar pada bagian atas, yang tidak sesuai untuk wajah segitiga terbalik.

5. Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah kotak

Gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah kotak

Wajah kotak memiliki lebar pipi, dahi, dan rahang yang hampir sama lebarnya. Wajah kotak dapat dianggap sebagai wajah pria yang paling maskulin karena tampilannya yang garang. Beberapa model rambut yang cocok untuk wajah kotak antara lain:

  • Medium Undercut
  • Classic Side Swept
  • Side Parting
  • Short and Tight
  • Quiff
  • Classic Pompadour

Potongan rambut bergelombang juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi sudut-sudut pada wajah. Potongan rambut dengan poni juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu melembutkan garis rahang yang tegas. Jangan takut untuk meminta saran dari penata rambut yang berpengalaman untuk menentukan potongan rambut terbaik untuk kamu.

Kesimpulan

Dalam memilih gaya rambut, penting untuk memperhatikan bentuk wajah agar terlihat lebih proporsional. Setiap bentuk wajah memiliki model rambut yang sesuai dan dapat meningkatkan penampilan seseorang. Kamu juga bisa melihat berbagai rekomendasi model rambut ala pria indo lainnya melalui kanal berita dan informasi online di Beranda.co.id. Melalui Beranda kamu bisa menemukan berbagai informasi menarik seputar lifestyle, bisnis, tips dan trik, serta informasi bermanfaat lainnya.

Nah, selain mempertimbangkan bentuk wajah, pilihlah gaya rambut yang cocok dengan seleramu dan membuatmu merasa nyaman. Jangan lupa, gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan gaya rambutmu untuk hasil yang optimal. Dengan memilih gaya rambut yang tepat, kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri dan tampil lebih menarik.