Sejarah dan Twibbon HUT KOWAL Ke-61 Tahun 2023

pasang twibbon hut kowal ke-61 tahun 2023

KakaKiky - Setiap tanggal 5 Januari diperingati sebagai Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL), sebuah bagian penting dari TNI AL. KOWAL, sebagaimana dijelaskan dalam situs resmi TNI, adalah pasukan prajurit wanita yang berdedikasi tinggi, tanggap, berjiwa sapta marga, tahan mengatasi berbagai permasalahan, dan mudah beradaptasi. Namun, di balik keberhasilan dan dedikasi KOWAL saat ini, terdapat sejarah panjang yang melibatkan komitmen kuat, perjuangan, dan evolusi organisasional.

Sejarah Terbentuknya Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL)

Sejarah pembentukan KOWAL dimulai pada awal tahun 1960-an ketika pembangunan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) membutuhkan kehadiran tenaga wanita dalam kedinasan Angkatan Laut. Keberadaan KOWAL tidak hanya dipicu oleh kebutuhan akan efisiensi di beberapa bidang tertentu yang dianggap lebih cocok untuk kaum wanita, tetapi juga sebagai bentuk pengakuan terhadap hak, kewajiban, dan kehormatan wanita Indonesia untuk berkontribusi dalam dunia kemiliteran.

1. Pencetus ide pembentukan KOWAL

Ide pembentukan KOWAL pertama kali dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso, tokoh yang sangat dihormati dalam ALRI. Ide ini kemudian diterima dengan baik oleh Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata, yang melanjutkan dengan merumuskan rencana dan langkah-langkah implementasinya. Pada 26 Juni 1962, Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Laut Nomor 5401.24 resmi mengamanatkan pembentukan KOWAL. Hal ini tidak hanya menjadi tonggak sejarah bagi keberadaan KOWAL tetapi juga menandakan pencapaian hak penuh bagi wanita Indonesia untuk bergabung dalam kemiliteran.

2. Tugas utama KOWAL

Dalam perjalanannya, KOWAL bukan hanya sebuah entitas militer biasa. Tugas pokok awal KOWAL adalah ikut serta dalam pertahanan negara, memanfaatkan keahlian dan kemahiran anggotanya sesuai dengan kodrat dan sifat-sifat kewanitaan. Namun, evolusi terus berlanjut, dan KOWAL kemudian diberi fungsi tambahan, yaitu mengabdikan diri pada TNI Angkatan Laut dalam tugas-tugas tertentu yang lebih cocok dan efisien dilakukan oleh tenaga wanita. Selain itu, KOWAL memiliki tanggung jawab untuk memelihara dan menjalin hubungan dengan masyarakat, khususnya organisasi-organisasi wanita, guna menjaga dan mengembangkan sifat-sifat kewanitaan dalam kehidupan militer.

3. 12 Perwira pertama KOWAL

Pada awal pembentukannya, KOWAL merekrut calon anggotanya untuk mengikuti pendidikan kemiliteran. Dari proses rekrutmen tersebut, dihasilkanlah 12 Perwira KOWAL pertama, di antaranya adalah:

  1. Kapten dr. Pinarti
  2. Kapten dr. Chrictina Logiani Semiartin
  3. Kapten dr. Siti Dahlia
  4. Letnan Syamsiar, S.H.
  5. Letnan Suryati Rasdan, S.H.
  6. Letnan An Go Lian Lie, S.H.
  7. Letnan Dra. Ide Rope Darina Tampubolon
  8. Letnan Elly Hanifah, S.H.
  9. Letnan Dra. Louise Elisabeth Coldenhoff
  10. Letnan Dra. Wayan Widja
  11. Letnan Sri Wiyati. S.H.
  12. Letnan Dra. Suprapti

KASAL Laksamana Muda RE Martadinata memainkan peran penting dalam pelantikan generasi KOWAL pertama pada 5 Januari 1963, yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi KOWAL.

4. Tujuan Utama Dibentuknya Kowal

Hingga saat ini, KOWAL tetap setia pada tujuan awalnya. Pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Laut Nomor 5401.24, memberikan hak, kewajiban, dan kehormatan kepada wanita Indonesia untuk mengabdikan diri dalam bidang kemiliteran. Seiring berjalannya waktu, KOWAL terus berkembang, menunjukkan bahwa peran dan kontribusi wanita dalam kemiliteran tidak hanya relevan tetapi juga sangat berarti dalam mencapai efisiensi dan kesempurnaan hasil organisasi TNI Angkatan Laut.

Twibbon HUT KOWAL Ke-61 Tanpa Watermark

Pada tanggal 5 januari 2024 ini KOWAL akan memperingati hari ulang tahunnya yang ke-61. Dalam rangka ikut menyemarakkan, saya telah membuat satu buah desain twibbon HUT KOWAL Ke-61 yang bisa kamu pasang secara langsung tanpa adanya watermark, dan tentunya gratis!

twibbon hari kowal ke-61 tanpa watermark

Silahkan klik tombol pasang twibbon di atas untuk langsung menggunakan twibbon Hari KOWAL ke-61 eksklusif dari KakaKiky.

Baca juga pembahasan menarik lainnya tentang: Arti logo KOWAL

Kesimpulan

Hari KOWAL diperingati setiap tanggal 5 januari, dengan semangat dan dedikasi, KOWAL bukan hanya menjadi bagian penting dari TNI AL, tetapi juga menjadi simbol kesetaraan dan keberagaman di dalamnya. Pada setiap peringatan Hari KOWAL, kita tidak hanya merayakan sejarah dan prestasi KOWAL tetapi juga mengakui peran penting wanita Indonesia dalam membangun dan mempertahankan kedaulatan negara. Selamat Hari KOWAL! Semoga semangat dan dedikasi para prajurit wanita terus membara, mewarnai masa depan kemiliteran Indonesia.

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Twibbon HUT KOWAL Ke-61 Tahun 2023"