Inilah 10 Manfaat Mengikuti Organisasi PRAMUKA | Dengan PRAMUKA Aku Bisa!

Inilah 10 Manfaat Mengikuti Organisasi PRAMUKA
Manfaat Mengikuti Organisasi Pramuka
KakaKiky - Assalamu’alaikum, Salam Pramuka!!! Hai kakak kakak pecinta Pramuka, jumpa lagi nih sama kak iky, hari ini kak iky mau ngebahas tentang “Apa aja sih manfaat dari ikut Pramuka?”. Hmmmm pasti banyak lah! Apalagi kalau buat dapetin cewek cantik :D hehehehehe.

Eeeiiittsssss tapi tujuan utama dari ikut Pramuka bukan untuk mendapatkan cewek cantik ya! Ga varokah ntar itu ilmunya hehehehe :D

Nah sobat mungkin nih diantara kamu kamu semua pasti ada yang benci sama Pramuka malahan benciiiiiiii bangeeettttsssszzzz sama Pramuka. Tapi asal kalian tau ya Pramuka itu punya buuuaaannyaakkk banget manfaat buat kamu terutama buat masa depan kamu.

Oke deh kakak kakak, iky gamau ngoceh lebih lama lagi, mari langsung kita kupas habis manfaat manfaat dari mengikuti kegiatan Pramuka. Cekidot

1| Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Ya! Sesuai dengan dasa dharma pertama “Taqwa kepada Tuhan YME” dengan mengamalkan dasa dharma pertama ini dengan sungguh sungguh, iky yakin kakak kakak semua akan menjadi orang yang bertaqwa kepada Tuhan.

2| Kemandirian
Nah sobat pramuka mungkin nih ya kalau ditanyain tentang “Mengapa kamu ikut Pramuka” Pasti banyak yang jawab “Supaya bisa mandiri kak!”. Yap benar! Salah satu tujuan kegiatan pramuka memang untuk membentuk kemandirian pada peserta didik. Contohnya ketika kamu mengikuti kegiatan perkemahan (hmmm yang belum ikut kemah kamu ga asik :D), nah di beberapa perkemahan mungkin akan dilarang pemakaian handphone, laptop, bahkan listrik sekalipun! Terus kamu harus bisa masak masak sendiri, cuci baju sendiri, makan makan sendiri tidur pun sendiri (eh kok malah nyanyi). Eeiitsssss makan gabole sendiri ya, dan tidurpun kayaknya selalu bareng bareng hehehehe.

3| Kamu akan menjadi penemu yang hebat!
Okey di Pramuka itu kita juga diajarkan supaya menjadi manusia yang kreatif, bisa menciptakan segala macam sesuatu dari barang bekas dan sudah tidak terpakai, dengan kata lain kamu akan menjadi seorang penemu yang hebat! Contohnya seperti kak iky nih, kakak pernah membuat sebuah mahakarya nih (waarrbyaaazah) yaitu “Wajan Bolic”, meskipun cara buatnya masih lihat dari internet Alhamdulillah kakak bisa nyabet juara I TTG (Teknologi Tepat Guna) di Rover Week Aceh Utara tahun 2015 (prok prok prok, prok prok prok)

Hmmm nanti mungkin kakak akan bagikan cara membuat wajan bolic, kalau kamu mau cari di google juga bisa kok :D hehehehe. Nah selain wajan bolic kamu juga bisa menghasilkan karya karya yang warrbyaazah lainnya!

4| Kebersamaan
 Ini nih yang paling kental di pramuka, bahkan lebih kental dari susu frasion flag gold! Yaitu “Kebersamaan”. Di pramuka kita diajarkan untuk memiliki rasa kebersamaan yang tinggi atau juga sering disebut  “Jiwa Korsa”. kita tidur sama sama, makan sama sama, mandi sama sama, beol sama sama, cebok sama sama (iiihhh kak iky jorok), bahkan disiksa pun bersama sama. Maka dari itu rasa persaudaraan dan kesetiakawanan di pramuka itu sangat erat, tidak pandang agama, ras, suku, dan bangsa!

Oleh karena itu jika kamu mengikuti Pramuka, pasti kamu akan memiliki rasa kebersamaan yang tinggi.

5| Menghilangkan Sikap Egois
Dengan hidup bersama sama, tidur ditenda bersama sama, makan sama sama, hal itu pasti secara langsung maupun tidak langsung akan menghilangkan rasa atau sikap egois yang kamu miliki, percaya atau tidak itulah kenyataannya!

6| Menjadi Seorang Pemimpim
Yap! Jika kamu mengikuti pramuka maka kamu juga akan dilatih menjadi seorang yang berjiwa leadership (kepemimpinan). Karena jiwa kepemimpinan itu sangat diperlukan apalagi buat laki-laki yang nanti di masa depan akan menjadi seorang suami (hehehe), pasti dia akan mampu untuk memimpin dan membina keluarganya! Jangan jadi seperti anak yang dicubit dikit langsung lapor polisi! Itumah bukan pemimpin tapi banci.

7| Menjadi orang yang disiplin
Di dalam pramuka kamu harus disiplin! Jika tidak maka kamu akan mendapatkan hukuman, yang paling utama adalah disiplin waktu, kamu harus tau kapan waktu tidur, kapan waktu makan, kapan waktu bermain, dan kapan waktu untuk belajar.

Nah sobat disiplin ini merupakan salah satu manfaat pramuka yang cukup penting loh, karena dengan disiplin kamu akan menjadi orang yang sukses dan berhasil, insyaallah.

8| Cinta Terhadap Alam
Kita hidup mandiri. Kita akan dituntut untuk dapat menghargai alam. Dalam Pramuka, kita lebih sering melakukannya di luar lapangan. Kita juga dituntut untuk menjaga alam sehingga menumbuhkan rasa cinta kepada alam.

9| Pandai Bertahan Hidup Di Alam Bebas (SURVIVAL)
Sobat Pramuka pasti tau dong dengan yang satu ini? Yap Survival, seorang anggota pramuka itu harus dan wajib bisa survival, agar dapat bertahan hidup di alam bebas pada saat keadaan genting.

10| Pandai Beradaptasi
Pramuka memiliki cara beradaptasi yang baik dengan berbagai komponen dan golongan masyarakat. Dengan pendidikan yang ada, pramuka akan menjadi orang-orang yang disenangi di mana saja, bahkan menjadi orang dengan kehadiran yang ditunggu untuk perubahan. Keren kan sobat!

Nah itu dia tadi berbagai macam manfaat bila kamu mengikuti organisasi Pramuka. Jangan lupa like comment dan share ya ke teman teman kamu biar makin banyak yang ikut Pramuka! Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua Aamiin.

9 komentar untuk "Inilah 10 Manfaat Mengikuti Organisasi PRAMUKA | Dengan PRAMUKA Aku Bisa!"

Comment Author Avatar
apa daya gw yang terakhir ikut pramuka waktu smp kelas 2 hihi
Comment Author Avatar
pernah ikut organisasi ini tapi ngga bertahan lama, gara gara masalah waktu
Comment Author Avatar
waahh justru kak ikut Pramuka biar kita bisa belajar disiplin.. terus bisa handle waktu deh b-(
Comment Author Avatar
Sudah lama gak bimbing pramuka setelah terahir LP3 di gontor dulu.
Comment Author Avatar
wwwaaahhhh anak Pramuka Gontor ya kak? :O :-d (h)
Comment Author Avatar
Apa faedah ikut Pramuka?
Dan karena Pramuka jdi buat saya khawatir karena selalu pulang malam.
Maaf saya memang tidak suka sama Pramuka
Comment Author Avatar
Apa maanfat Pramuka?
Apakah kegiatan Pramuka harus sampai malam?
Gara"Pramuka gebetan saya setiap kegiatan Pramuka selalu pulang malam,apa faedahnya??