Cara Mudah Menghafal Sandi Morse Dengan Metode Alphabet

KakaKiky - Samuel Finley Breese Morse (1791-1872) adalah seorang seniman yang telah menciptakan Sandi Morse. Sandi Morse itu sendiri ditemukannya pada tahun 1835, akan tetapi pada tahun 1851 dalam sebuah konferensi internasional barulah sandi morse ini dapat diterima dan dipergunakan diseluruh dunia.

Menurut Wikipedia, Sandi Morse itu adalah suatu sistem representasi huruf, angka, tanda baca, dan sinyal dengan menggunakan kode berupa titik dan garis yang telah disusun mewakili karakter tertentu, yang telah disepakati penggunaannya di seluruh dunia.

Nah untuk menghafal sandi morse itu bukan hal yang mudah ya sobat pramuka, diperlukan ketekunan dan keseriusan untuk menghafal sandi ini. Karena sandi ini sangat susah untuk dihafal mati, lalu bagaimana cara mudahnya untuk menghafal sandi morse tersebut? Nah kakak-kakak baru-baru ini iky menemukan sebuah metode baru untuk menghafal sandi morse (yang iky temukan hanya sebuah foto, bukan iky penemu metodenya ya, jangan salah paham hahahaha). Berikut cara mudahnya :




Macam Cara penggunaan Sandi Morse

Dalam penerapannya morse dapat dilakukan dengan beberapa cara, berikut adalah caranya:
·        Dengan menggunakan suara atau bunyi, misalkan dengan peluit, terompet dan sebagainya.
·        Dengan menggunakan sinar, misalkan dengan senter, lampu, api, lilin, dan sebagainya.
·        Dengan menggunakan gerak, misalkan dengan bendera, asap, lambaian tangan, kedipan mata dan sebagainya.
·        Dengan menggunakan denyut listrik, misalkan dengan menggunakan kabel pada telegraph.

Nah Kakak kakak bagaimana? Mudah tidak? Atau malah jadi tambah ruyem? Hahaha kalau itu sih tergantung kepada diri kakak kakak lah, menggunakan metode yang mana yang lebih mudah. Tapi kalau menurut iky sih metode baru ini lebih mudah untuk dipelajari, semoga metode ini dapat bermanfaat untuk kakak kakak ya! Aamiin. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke sobat sobat Pramuka lainnya, biar pada gak ketinggalan sama metode baru ini. Sekian wassalamu’alaikum, Salam Pramuka!

10 komentar untuk "Cara Mudah Menghafal Sandi Morse Dengan Metode Alphabet"

Comment Author Avatar
Bagus nih artikel untuk pengetahuan bagi pembina pramuka.
Comment Author Avatar
Siap kak! terimakasih sudah berkunjung... jangan lupa untuk langsung di aplikasikan ke adik adik pramukanya :) :D
Comment Author Avatar
Dulu pernah belajar disekolah tapi gg bisa2, semoga tips ini bisa buat ane memahami kode morse.. Karena hanya orang2 yang pintar yang memahami kode seperti ini.. Thanks untuk cara singkat menghafal kode morse..
Comment Author Avatar
Aamiin... semoga jadi semakin mudah yaa dalam menghafal kode morsenya hehehe :D
Comment Author Avatar
Caranya simple dan mudah dipahami ya, thx
Comment Author Avatar
sama-sama kak, terimakasih telah berkunjung
Comment Author Avatar
terima kasih atas pengetahuannya nih mas rizki, bakal saya kasih liat ni artikel nanti pada ponakan saya, sangat bermanfaat nih
Comment Author Avatar
Waj terima kasih kak sudah mengingatkan kembali kenagan saat belajar pramuka di SD. Saat itu hapal banget sandi2 dan tali temali sekarang dah lupa hehe