Ini Tanggapan Kak Adhyaksa Dault Tentang Foto Pramuka Yang Makan Beralaskan Tanah! - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

3/25/2017

Ini Tanggapan Kak Adhyaksa Dault Tentang Foto Pramuka Yang Makan Beralaskan Tanah!


KakaKiky -
Assalamu’alaikum, Salam Pramuka! Baru baru ini jagat dunia Pramuka dihebohkan oleh dua buah foto. Bagaimana tidak, dua buah foto tersebut menunjukkan sekumpulan anak Pramuka lengkap dengan kacunya sedang makan bersama beralaskan tanah.

Menurut pandangan iky, senior senior yang ada dalam kegiatan tersebut masih kurang sekali ilmunya, baik ilmu keagamaan maupun ilmu kepramukaan. Kalau dipandang dari segi agama, makan seperti itu tidak pantas dan tidak sesuai dengan adab adab makan, makanan seharusnya diletakkan ditempat yang pantas gaboleh digituin, paling tidak kan ya diletakkan lah diatas daun. kalau dari segi Kepramukaan jelas itu melanggar Dasa Dharma yang pertama dan Kedua!

Sontak foto tersebut pun menuai kritikan dan kecaman keras dari berbagai kalangan, bukan hanya dari Pramuka saja. Hal ini sangat disayangkan karena dapat mencemarkan nama baik Pramuka. Untuk itu kak Adhyaksa Dault mengambil langkah cepat dengan menanggapi foto foto tersebut. Berikut ini adalah tanggapan dari kak adhyaksa Dault melalui instagram resminya @adhyaksadault
.
.
Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Pramuka!

Pagi ini (25/03/2017) di grup wa (WhatsApp), saya menerima foto beberapa Pramuka makan bersama di suatu tempat, namun nasinya ditaruh di rumput tanpa alas. Saya cek, foto tersebut sudah menyebar di media sosial, dan mendapatkan kritik keras bahkan kecaman dari anggota Gerakan Pramuka.

Saya tegaskan ini bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka, saya sangat menyayangkan ini. Saya pastikan bahwa pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka. Sebagai informasi, setiap harinya, ada ribuan kegiatan Gerakan Pramuka dilaksanakan di sekolah-sekolah dan alam terbuka di seluruh Indonesia, dan semua kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita.

Saya sudah berkoordinasi dengan Kak Prof. Dr. Suyatno, M.Pd (Kepala Pusdiklatnas Kwarnas Gerakan Pramuka), Kak Prof. Dr. Ir. S Budi Prayitno, M.Sc (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Muda), Kak Dr. Susi Yuliati (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa), dll

Saya minta agar Panitia kegiatan tersebut ditegur dan diberikan pembinaan. Kejadian ini harus dijadikan pelajaran berharga, dan tidak boleh terulang kembali. Kita akan selesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Paling lambat Senin, 27 Maret 2017, masalah ini sudah jelas duduk perkaranya dan selesai.
Sebagai penutup, saya serukan kepada Pramuka dimanapun berada: Ada ribuan foto dan video kegiatan Pramuka di setiap telepon genggam dan labtop anak Pramuka, saya minta posting, upload semua foto dan video tersebut di medsos. Agar dunia tahu bahwa kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita. Jangan sampai karena satu foto makan tanpa alas Gerakan Pramuka tercoreng.

Terima kasih saya haturkan kepada Kakak-Kakak Pramuka dan masyarakat atas masukannya untuk kebaikan dan kemajuan Gerakan Pramuka. Wassalamu’alaikum Wr.Wb. Salam Pramuka. Jakarta, 25 Maret 2017. Hormat saya, Kak Adhyaksa Dault (Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka)

Nah kakak kakak, sudah jelaskan kak Adhyaksa akan segera menyelesaikan masalah ini selambat lambatnya hingga hari Senin 27 Maret 2017. Jadi kakak kakak tidak usah khawatir lagi, karena orang orang yang bersangkutan akan ditindak dan diberikan pembinaan.


Jadi yang perlu kakak kakak lakukan sekarang adalah, jangan mengupload ulang lagi foto buruk tersebut. Sekarang mari kita tunjukkan bahwa Pramuka itu adalah kegiatan yang bermanfaat dengan cara mengupload foto foto makan bersama yang baik dan pantas untuk dicontoh!

Nah, sekian dulu artikel iky kali ini, semoga bermanfaat ya! Assalamu’alaikum dan Salam Pramuka!!!

Loading...

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done