Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


KakaKiky - Kram, siapa yang tidak pernah merasakannya? Iky yakin kakak kakak semua sudah pernah merasakan yang namanya Kram. Otot kaki kita tiba tiba terasa seperti mengeras, ketika kita semakin bergerak maka akan semakin sakit rasanya, dan terkadang walaupun Kramnya sudah hilang rasa sakit yang ditimbulkan masih saja terasa.


Sebenarnya apa sih itu Kram? Apa saja yang menyebabkan Kram? Lalu bagaimana cara menanggannya dan memberikan pertolongan pertama kepada orang yang terserah Kram? Mari kita bahas bersama sama!

Kram itu adalah kontraksi dari otot otot yang memendek ataupun kontraksi sekumpulan otot yang terjadi secara mendadak dan dalam waktu yang singkat serta menyebabkan otot kita tidak dapat digerakkan untuk sementara waktu. Akan tetapi tahukah kakak kakak kalau Kram juga bisa terjadi dalam hitungan detik, menit, bahkan sampai berjam jam. Kaki, tangan, dan perut adalah daerah yang rawan terkena Kram.

Apa yang menyebabkan Kram?
·        Kurangnya aliran darah ke otot
·        Bisa terjadi karena suhu lingkungan yang dingin
·        Kurangnya pemanasan sewaktu akan berolahraga
·        Karena letih (penggunaan otot secara berlebihan)
·        Bisa juga karena kita berolahraga dalam cuaca yang panas
·        Dehidrasi (kekurangan cairan / minum air putih) dan elektrolit (terutama kekurangan kalium dan natrium)
·        Bisa disebabkan juga karena kekurangan Magnesium
·        Kram juga bisa disebabkan karena sirkulasi darah pada tubuh kita kurang baik.

Berikut ini adalah pertolongan pertama yang bisa kakak kakak berikan kepada penderita Kram :
1.  Jika terjadi pada kaki, bantulah dia untuk berdiri. Topang berat badannya dengan menggunakan kaki bagian depan, dan pijaklah kakinya.
2.  Jika terjadi pada betis, luruskan terlebih dahulu lutut, lalu tekan kaki dengan kuat ke atas ke arah tulang kering, dan pijat oto ototnya.
3.  Jika terjadi pada paha, luruskanlah lutut dan angkat kakinya, tekan lutut dan pijak otot kuat-kuat.

Sumber : Akun Instagram @gerakanpramuka

(MSA/TSP, Majalah Pramuka Edisi 03/2015)

Leave A Reply
  1. wahh kalau aku paling keram cuma beberapa detik aja, tapi ga kebayang kalau sampai hitungan jam, ngilu banget .

    ReplyDelete
  2. hahahaha iya kak :D yang menitan aja gatahan apalagi sampai berjam jam gitu :D

    ReplyDelete
  3. Mantap gan...
    Bagus infonya, byar tw cara penanganan saat kram

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap! terimakasih juga atas kunjungannya... :)

      Delete
  4. Pas banget nih saya sering main futsal kadang2 suka keram, bisa dicoba nih tipsnya makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kak... selamat mencoba.. semoga ampuh tips untuk mengatasi kram nya... :)

      Delete
  5. saya pernah waktu tdur, tiba tiba kaki saya kram, itu kenapa ya gan :')

    ReplyDelete
  6. wah ternyata gitu toh akibat nya, saya main futsal tanpa pemanasan kadang suka kram kaki nya

    ReplyDelete

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)