Keahlian Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Penulis Dan Blogger


KakaKiky - Baru baru ini sangatlah digalakkan sebuah Semboyan Kwarnas Gerakan Pramuka dalam Kepemimpinan Kak Adhyaksa Dault. Semboyan tersebut berbunyi “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita”.

Dari semboyan tersebut dapat kita ambil maknanya bahwa setiap Pramuka harus mampu menjadi  pemimpin redaksi, sekaligus wartawan bagi akun media sosialnya masing masing, dan Pramuka pun harus memiliki kemampuan untuk memberitakan kegiatan Pramuka, Produk Lokal, pemuda berprestasi, pariwisata, kuliner, budaya, potensi potensi di daerah, dan lain lain di media sosial.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan semboyan yang ada diatas itu tadi. Salah satunya adalah menjadi seorang blogger seperti iky. Dengan menjadi seorang blogger kita bebas untuk menulis hal hal dan kegiatan kegiatan positif termasuk tentang kepramukaan.

Nah disini iky akan menjelaskan tentang keahlian keahlian dasar yang harus kakak miliki untuk menjadi penulis blogger yang sukses dan terkenal. Sebelum itu iky akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih itu blogger?

Blogger adalah sebuah layanan publikasi artikel hasil karya kita yang diciptakan oleh Pyra Labs dan telah diakuisisi oleh google pada tahun 2003. Secara umum blog yang dihost oleh google berada dibawah subdomain blogspot.com

Sekarang mari kita bahas tentang keahlian dasar untuk menjadi blogger sukses dan terkenal.

Menurut yang dilansir oleh website Masdennes.com ada 6 keahlian dasar yang harus dimiliki oleh seorang blogger agar sukses dan terkenal yaitu :


1| MENYIMAK

Menurut masdennes menyimak itu sangatlah berbeda hanya dengan sekedar mendegarkan dan memperhatikan, bagi kalian yang baru menjadi seorang blogger, sangatlah disarankan untuk menyimak artikel artikel dari orang lain (blogger lain yang sudah sukses). Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan ide agar kita bisa menulis sesuatu yang lebih bermanfaat.


2| MERINGKAS

Teknik yang kedua adalah dengan meringkas. Seorang penulis yang baik adalah penulis yang artikel dan bacaannya mudah dipahami oleh orang lain, nah untuk itu teknik ini sangatlah dibutuhkan agar pembaca bisa mengambil kesimpulan yang dibutuhkan.

Selain itu kakak juga harus memperhatikan Judul tulisan, tanda baca, perataan text, dan juga list apabila diperlukan, namun jangan sampai membuang point utama dari artikel tersebut.


3| CODING

Maksud dari website masdennes disini bukanlah coding yang menuntut kita harus pandai menguasai segala jenis pemograman seperti html, javascript, css, php, sql dan lain lain.

Coding disini hanya menuntut kamu mengetahui letak suatu kode agar kamu dapat memodifikasinya, karena setiap template pasti memiliki menu dan widget lain yang haruslah disesuaikan oleh penggunanya.


4| KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

Mungkin bagi seorang anggota pramuka ini adalah hal tidak terlalu sulit. Berkomunikasi ataupun berinteraksi itu adalah hal yang sangat penting. Kamu harus bisa mengajak para pembaca tulisan atau aritkel kamu untuk berkomentar di blog kamu. Didunia blogger, para pembaca adalah raja jadi kakak harus mementingkan kepentingan dari pembaca daripada kepentingan diri sendiri.


5| KREATIF

Nah, kalau yang ini sudah pasti setiap anak Pramuka memilikinya. Tahukah kakak kakak kalau orang kreatif itu lebih diminati daripada orang yang pintar? Oleh karena itu jadilah orang yang kreatif!


6| SEO

Dan menurut masdennes yang terakhir adalah SEO. Mungkin ini adalah tahap yang paling sulit. Jika kakak kakak sudah menguasai kelima keahlian yang ada diatas, maka kakak kakak harus mengetahui apa itu SEO, SEO sendiri ditunjukan kepada pembaca dan mesin pencarian. Hal ini dapat dikatakan SEO Friendly. Jika kakak kakak ingin belajar tentang cara membuat artikel yang SEO Friendly kakak kakak bisa mencarinya di google, sangat banyak sekali artikel yang membahas tentang masalah SEO.

Jika semua keahlian dasar diatas sudah kamu miliki, maka kamu juga harus mengetahui tentang kesalahan kesalahan yang patut dihindari oleh seorang blogger pemula, apa saja itu? Kamu bisa membaca selengkapnya dengan cara 👉 KLIK DISINI 👈

Nah itulah keahlian keahlian dasar yang harus kakak kakak miliki untuk menjadi seorang penulis blogger yang sukses. Jika kakak kakak kesulitan iky masih punya cara yang lebih mudah lagi, untuk mewujudkan keinginan kakak menjadi seorang penulis artikel Pramuka. Kakak kakak bisa mengunjungi situs Pramukapos.com disitu kakak bisa menulis berbagai hal tentang Pramuka, akan tetapi kakak kakak harus mendaftar terlebih dahulu.


Oke cukup sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat ya kak! untuk kakak kakak yang masih bingung bisa bertanya di kolom komentar yang sudah iky sediakan dibawah, cukup sekian Salam Pramuka!